Sunday, 17 June 2018

Contoh pidato tema pentingnya menjaga komunikasi

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Komunikasi merupakan hubungan atau interaksi yang terjalin diantara 2 orang atau lebih untuk membahas hal yang dibicarakan. Menjaga komunikasi tetap baik itu penting agar tidak tidak terjadi salah faham. Oleh sebab itu, agar komunikasi tetap terjaga kita perlu membiasakan diri untuk terbuka dan menerima segala masukan. Berikut ini akan saya sampaikan contoh pidato dengan tema pentingnya menjaga komunikasi.

Contoh pidato ini diajukan untuk semua orang yang ingin menyampaikan pidato pada acara keorganisasian agar semua anggota menjadi solid dan terbuka.

Berikut ini contohnya:

Rekan-rekan seperjuangan, komunikasi adalah modal utama dalam sebuah organisasi. Dengan komunikasi yang lancar, kita dapat terhindar dari rasa curiga dan salah faham. Suatu organisasi tidak akan maju jika anggota di dalamnya memiliki sifat tertutup.

Kita harus yakin, komunikasi dapat menjadikan suatu organisasi bisa berhasil. Oleh sebab itu, kita perlu menjaganya agar komunikasi selalu seperti yang diharapkan.

Untuk menjaga kelangsungan-nya, maka diperlukan adanya komitmen diantara setiap anggota untuk terbuka dalam berbagai permasalahan, khususnya yang menyangkut kepentingan organisasi kita.

Tidak mudah untuk menjaga komunikasi agar selalu lancar, namun upaya dan itikad yang baik dapat menjadi motivasi untuk kita sehingga dapat melakukannya.

Banyak kejadian di luar sana yang berdampak kurang baik tanpa adanya komunikasi yang intens. Berbagai perdebatan hingga saling menjelekkan sudah menjadi "cemilan" setiap hari. Itu semua tiada lain penyebabnya adalah tidak dapat memelihara komunikasi.

Mari kita tingkatkan solidaritas kita, demi mencapai visi misi bersama. Sehingga, organisasi kita ini menjadi wadah yang solid dan kompak.



Mungkin Yang Kamu Cari:

     


EmoticonEmoticon