Sunday, 17 June 2018

Contoh ceramah islami kewajiban manusia di muka bumi

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Contoh ceramah:
Manusia diciptakan ke bumi memiliki kewajiban. Seperti dalam sebuah keterangan dalam al Quran yang artinya:

Sesungguhnya Kami menciptakan Jin dan Manusia hanya untuk beribadah kepada-Ku
Dari keterangan tersebut, sepintas kita sudah mengetahui bahwa tujuan utama manusia adalah untuk beribadah kepada Tuhan (Allah SWT).

Ibadah memiliki makna yang luas. Kita tahu, ibadah secara umum dapat dikategorikan menjadi dua, yakni ibadah yang langsung kepada Tuhan, dan ibadah yang bersifat tidak langsung atau kepada sesama manusia.

Bentuk ibadah langsung kepada sang Pencipta dapat kita lakukan dalam shalat, puasa, dan haji. Adapun ibadah yang dilakukan secara tidak langsung dapat diwujudkan melalui zakat. Meskipun zakat termasuk rukun islam yang masih berhubungan dengan Allah, namun di dalam pelaksanaannya zakat melibatkan kebaikan antara manusia yang satu dengan lainnya.

Bentuk ibadah lainnya yang masih berhubungan dengan sesama manusia yaitu sedekah zariah dan mengamalkan ilmu yang bermanfaat. Dengan bersedekah, banyak faedah yang dapat kita ambil, seperti memperkuat silaturahmi, membantu saudara yang sulit dalam ekonomi, dan menjadikannya amal soleh yang tidak pernah putus, begitu juga dengan mengamalkan ilmu.

Terkadang kita selama ini bingung memikirkan apa sebenarnya tujuan kita hidup. Namun, setelah kita tahu dan "menimba" ilmu secara mendalam ternyata tujuan hidup manusia di bumi ini adalah sebuah kewajiban yang telah digariskan Tuhan yang Maha Esa yakni Allah SWT.

Semoga dengan penyampaian ceramah islami ini kita dapat menambah keimanan dan ketaqwaan untuk selalu menjalankan kewajiban manusia (kita) ketika terlahir di muka bumi ini.



Mungkin Yang Kamu Cari:

     


EmoticonEmoticon