Thursday, 14 June 2018

Ceramah mengenai 5 Rukun Islam dengan uraian singkat



Ceramah ini membahas secara singkat dan padat mengenai lima rukun Islam yang wajib dijalankan oleh setiap muslim saat memeluk agama Islam.

Contoh ceramah:

Wahai kaum muslimin dan muslimah yang selalu mengharapkan ridho Allah SWT. Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan sebuah materi tentang rukun Islam.

Dalam bahasa kerennya, rukun islam bisa dianggap sebagai syarat dan ketentuan untuk seseorang yang telah memilih Islam sebagai agama kepercayaannya. Ini mesti kita pegang teguh selama muslim masih bernyawa.

Kita mengetahui bahwa rukun islam itu ada 5, diantaranya yaitu syahadat, shalat, zakat, puasa, dan pergi haji bagi yang mampu.


Mari kita bahas satu persatu dari 5 rukun islam di atas.

Pertama, Syahadat adalah kalimat dalam bahasa arab yang berbunyi Asyhadu anlaa ilaaha illallah, wa Asyhadu anna Muhammadan rasulullah. Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Kedua, Shalat merupakan rukun islam kedua yang wajib dilaksanakan dan tidak boleh ditinggalkan, selama ia masih hidup. Shalat ini memang harga mati untuk muslim, karena jika kita meninggalkannya maka rusak semua amalan baik yang sudah kita kerjakan selama ini. Itu sesuai dengan keterangan yang artinya: Barang siapa yang mendirikan shalat maka ia mendirikan agama, dan barang siapa yang meninggalkannya maka ia sudah merusak agamanya.

Ketiga, Zakat dibedakan menjadi 2 yakni zakat mal dan zakat fitrah. Zakat mal merupakan sebagian harta yang harus dikeluarkan oleh muslim saat hartanya sudah mencapai nisab. Sedangkan zakat fitrah adalah sejumlah uang ataupun beras sebanyak 2,5 kg yang wajib diberikan kepada fakir miskin menjelang idul fitri.

Keempat, Puasa atau saum ramadhan adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan kecuali bagi orang yang sakit, ada dalam perjalanan, wanita yang haid atau nifas, orang tua yang sudah lemah ingatannya, dan sebagainya. Meskipun orang-orang tersebut diberi rukhsah (keringanan), namun puasa ramadhan harus tetap diganti baik dengan qadha (berpuasa di hari yang lain) atau dengan membayar pidzah.

Kelima, pergi haji bagi yang mampu. Rukun islam yang terakhir ini memang hanya diwajibkan bagi orang (muslim) yang memiliki harta lebih. Namun, jika ada orang kurang mampu yang ingin dan berkesempatan pergi haji, maka itu lebih mulia di sisi-Nya.


Semua rukun yang telah dibahas merupakan kewajiban yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Untuk kita muslim yang telah mengetahui ini, sudah jadi kewajiban dalam melaksanakannya.

Semoga materi ceramah ini semakin menambah dan menguatkan keimanan kita kepada Allah SWT dalam rangka berlomba-lomba mendapatkan ridho dari-Nya. Akhir kata wassalamu alaikum.



Mungkin Yang Kamu Cari:

     


EmoticonEmoticon