Sunday, 17 June 2018

Contoh Pidato HUT RI Terbaru di Sekolah

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


HUT RI (Hari Ulang Tahun Republik Indonesia) adalah momen bersejarah yang diperingati oleh seluruh Bangsa Indonesia dimanapun berada, termasuk di sekolah. Sebagai bentuk kecintaan terhadap tanah air dan rasa cinta terhadap dunia pendidikan, maka saya akan berbagi contoh pidato HUT RI terbaru untuk disampaikan di sekolah.

Berikut contoh pidatonya:

Salam kemerdekaan ...
Siswa dan siswi yang kami cintai dan kami banggakan. Waktu tidak terasa berputar, sekarang kita sudah tiba lagi pada hari kemerdekaan negara Indonesia. Bertepatan dengan tanggal 17 Agustus, proklamasi kemerdekaan dibacakan sebagai bukti bahwa negara Indonesia telah merdeka. Oleh sebab itu, mari kita rayakan hari kemerdekaan ini dengan penuh suka cita.

Kita tahu, bahwa para pahlawan tidak mudah untuk mendapatkan kemerdekaan ini. Berbagai perjuangan mulai dari mengorbankan harta, pikiran dan raga telah diberikan agar negara ini bisa merdeka seperti sekarang. Dan kini, sebagai bangsa yang merdeka, kita perlu mengenang setiap perjuangan mereka dalam memerdekaan tanah air tercita ini.

Kemerdekaan yang telah diraih mesti kita syukuri. Banyak cara agar kita bisa mensyukuri kemerdekaan ini. Sebagai pelajar, tentu kamu bisa mensyukuri kemerdekaan dengan cara giat belajar dan sungguh-sungguh. Dan untuk Ibu sendiri, bisa mensyukurinya dengan mendidik dan mengajar penuh ketulusan serta tanggung jawab.


Para siswa/siswi yang saya banggakan... Memaknai hakikat dari kemerdekaan adalah hal yang tidak mudah. Memang secara fisik kita telah merdeka, namun kemerdekaan yang sesungguhnya ialah terlepas dari sifat malas. Artinya, kemerdekaan yang sejati adalah ketika kita mampu mengendalikan diri dari segala bentuk kemalasan sehingga dapat memunculkan jiwa semangat dan bela negara.

Sekarang kita dapat merdeka karena semangat yang ada pada jiwa para pahlawan. Coba kita bayangkan, berapa lama kemerdekaan bisa diraih bila dalam perjuangannya para pahlawan kehilangan semangat? Sangat mungkin, kemerdekaan tidak akan pernah terwujud tanpa adanya semangat dan kesungguhan.

Perlu kita renungkan bersama, kemenangan akan terwujud bila ada keinginan dan keseriusan. Begitupun dengan kita yang ingin jadi pemenang dalam segala hal. Jika ingin berprestasi di kelas, tentu harus ada keinginan dan kerja keras. Untuk itu, mari kita maknai HUT RI ini dengan hati yang penuh semangat.

Kita dapat berjuang melanjutkan perjuangan pahlawan berdasarkan peran dan fungsi kita masing-masing. Kamu sekalian tentu dapat berjuang sebagai pelajar. Begitupun saya, akan berjuang menjadi pendidik yang profesional dan loyal terhadap tugas sebagai Guru.

Mulai detik ini, mari kita pertahankan kemerdekaan ini agar tetap utuh. Semoga HUT RI sekarang menjadi awal yang baik untuk melakukan perubahan. Dengan semangat 45, semoga Bangsa Indonesia dapat mengharumkan dan mengangkat nama baik Negara.

Sekian, pidato ini saya akhiri. Merdeka ...



Mungkin Yang Kamu Cari:

     


EmoticonEmoticon