Teks Contoh Pidato Islami Singkat tentang Ibu

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Saat kita mendengarkan pidato Islami dengan tema tertentu, misalnya tema tentang Ibu, terkadang kita merasa jenuh dengan penyampaian yang kurang memperhatikan waktu. Oleh karena itu, menyampaikan pidato singkat adalah jalan keluar bagi kita untuk menjaga respon pendengar tetap baik. Berdasar pada itu, Pidato ID membagikan teks contoh pidato islami singkat tentang Ibu.

Untuk Anda yang sedang online, dipersilahkan untuk menyimak contoh pidatonya di bawah.

Teks Pembukaan:
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuh...
Segala Puji serta syukur hanyalah milik Allah, Tuhan semesta alam. Hanya kepadanya kita memohon, dan hanya Dia sang Pemberi Pertolongan. Salawat dan salam, semoga tetap tercurahkan kepada Nabi  Muhammad. Tidak lupa kepada keluarganya, sabahatnya, serta semoga sampai kepada kita sebagai pengikutnya.



Isi Pidato:
Di hari Ibu ini, saya akan membacakan sebuah hadits yang berbunyi: Al-jannatu tahta aqdamil ummahat. Artinya: Surga itu ada di bawah telapak kaki Ibu. Ibu adalah wanita yang wajib kita hormati. Dalam sebuah keterangan, ada salah seorang sahabat yang bertanya kepada Nabi Muhammad: Wahai rasulullah, siapakah orang yang wajib kita hormati di dunia ini? Rasul menjawab: Dia adalah Ibu. Sahabat itu bertanya empat kali, di antara empat pertanyaannya, Rasulullah mengatakan Ibu sebanyak tiga kali, dan setelah itu baru Ayah.

Ini pertanda bagi kita, bahwa Ibu merupakan orang yang wajib kita hormati dan kita hargai. Berbicara dengan kata upp saja kita tidak boleh, apalagi bila sampai membuatnya mengeluarkan air mata. Bila kita mampu untuk selalu menjaga perasaan mereka, niscaya kelak kita akan mendapatkan ridho Allah.

Berdasarkan hadits di atas, kita telah mengetahui bahwa jika seorang muslim ingin masuk surga, maka berbaktilah kepada kedua orang tua kita, terutama kepada Ibu. Dan dalam hadits lain juga dikatakan bahwa Ridho Allah ada pada ridho orang tua.

Kedua hadis yang telah kita dengar adalah hadits yang secara tidak langsung menyuruh kita untuk mendapatkan ridho dari orang tua. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berbakti kepada mereka. Hormati dan hargai mereka, karena salah satu kewajiban kita di dunia ini adalah untuk mendapatkan Ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Ridho tersebut bisa kita dapatkan dengan pengabdian yang tulus kepada Ibu dan Ayah, selama itu ada dalam jalan yang benar, sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadits Sahih.

Ayat Al-Quran juga menegaskan bahwa kita harus birrul walidain. Artinya baik terhadap kedua orang tua. Menjaga perkataan agar hati Ibu dan Ayah kita agar senang adalah ibadah. Di samping surga Allah, kita akan mendapatkan kebaikan dari mereka. Dalam kisah Nabi Ibrahim AS, kita tahu bahwa Azar adalah ayahnya. Azar adalah seorang pembuat patung terkenal pada masa kerajaan Namrud. Pada suatu hari, Azar memerintah Nabi Ibrahim Alaihi Salam untuk menjual patung. Walaupun Ibrahim dan Azar adalah 2 sosok yang berbeda, akan tetapi Ibrahim selalu menjaga perasaan Ayahnya itu.

Ini jelas menunjukkan bahwa ajaran Islam mengharuskan kita untuk tepat hormat terhadap orang tua dalam keadaan apapun. Tidak berbicara dengan nada yang tinggi, membuatnya susah, itu semua akan membawa kita dekat menuju Surga. Bagaimanapun perilaku orang tua kita, kita harus tetap berbakti kepada mereka. Berbakti dalam artian terbatas pada hal-hal yang sesuai dengan ketentuan dari Allah dan Rasul-Nya.

Penutup:
Semoga dengan pidato singkat yang saya sampaikan ini dapat menambah ketakwaan kita terhadap Allah Subhanahu Wa Taala, dan sepulangnya dari sini, kita akan lebih menghormati kedua orang tua kita di rumah, terutama Ibu.


Mungkin Yang Kamu Cari:

     

Post a Comment for "Teks Contoh Pidato Islami Singkat tentang Ibu"