Pidato Memperingati HUT RI ke- 74 | Pidato hari Kemerdekaan Indonesia Tahun 2019

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Pidato Memperingati HUT RI 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabartakaatuh.
Dengan anugerah Allah Swt, yang telah diberikan kepada kita semua berupa kesehatan jasmani dan rokhani, sehingga pagi yang cerah ini kita sebagai bangsa Indonesia tercinta, baik di kota maupun pelosok tanah air kita bisa memperingati hari yang amat bersejarah, yaitu kemerdekaan.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia.
Pagi hari ini tepatnya tanggal 17 Agustus tahun …. berarti bangsa Indonesia memperingati Indonesia merdeka yang ke ….Hari yang bersejarah, tak pernah dilupakan selalu dikenang, diperingati, k arena mulai tanggal dan bulan tersebut Indonesia lahir, Indonesia bebas dari cengkeraman penjajah yang menindas, menjajah memperkosa hak asasi bangsa Indonesia waktu itu.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia
Ketahuilah bahwasannya kemerdekaan semata-mata anugerah dari Allah Swt, dan juga disertai perjuangan yang mati-matian tak kenal lelah, tak pantang mundur, tak putus asa semuanya demi Indonesia yang tercinta ini. Pada pejuang kita bermandikan darah aikibat serangan dari penjajah angkara murka. Para penjajah bersenjatakan serba lengkap dan modem, tetapi pejuang kita hanya menggunakan senjata tradisional, yakni bambu runcing, Walaupun tidak imbang tentara yang dihadapi pejuang kita, namun semangat berkobar membara pejuang kita terus maju, maju, maju tak selangkahpun mundur beliau bersemboyan lebih baik mati dari pada diinjak-injak penjajah.
 Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia.
Para pahlawan menyingkirkan para penjajah tidaklah ringan. akan tetapi nyawalah menjadi taruhan. Walaupun senjata yang serba terbatas, tetapi berkat pertolongan Allah Swt, disertai semangat yang membara akhimya kemenangan ditangan pahlawan kita, yakni para penjajah menyingkir dari bumi tercinta Indonesia ini

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia
Sebagai bangsa Indonesia hendaknya mengetahui tentang liku-liku perjuangan untuk merebut tanah air Indonesia. Sehingga sebagai generasi penerus tentunya merasa bangga dan menghargai jasa-jasa beliau para pejuang, yang banyak mati di medan perang demi Indonesia yang tercinta. Kita sebagai generasi penerus hendaknya mengungkapkan rasa syukur yang sedalam-dalamnya atas anugerah kemerdekaan Indonesia ini. Isi kemerdekaan ini dengan belajar, dan bekerja yang giat sesuai dengan profesi masing-masing.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang kami hormati.
Kita sekarang hidup ditanah air Indonesia maju ini tentunya harus bangga berterima kasih kepada pemimpin-pemimpin kita atas keberhasilan dalam,pembangunan di segala bidang. Indonesia maju demi kesejahteraan rakyatnya. Keberhasilan pembangunan di Indonesia sudah kita rasakan bersama, sudah merasa, baik di kota maupun di desa-desa. Hal ini haruslah kita sadar, bahwa semuanya bisa terwujud adanya kerja sama yang baik, bersatu, bersemangat antara satu dengan lainnya

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia yang tercinta.
Sebagai generasi muda haruslah mampu mendukung pembangunan ini dengan sepenuhnya, ikut serta turun aktif, serta menjaga dan melestarikan pembangunan yang sudah wujud itu, jangan malah bikin keributan, perusakan, hura-hura yang berakibat mengganggu ketenangan masyarakat, mengganggu ketertiban keamanan, bila hal tersebut sampai terjadi sedemikian itu maka namanya generasi muda yang tidak mau mengisi serta meneruskan kemerdekaan, Indonesia. Itu namanya generasi muda yang tidak berfikir rasional hanya bersenang-senang membuat keributan, bahkanmenentang pemimpin padahal orang Islam harus patuh dan laat kepada Allah, kepada Rasul, dan kepada pemimpin-pemimpin kita.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang tercinta.
Melalui pidato peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke …. saya mengajak terutama kepada pribadi saya dan kepada lapisan generasi muda, mari kita melaksanakan aktifitas yang positif demi kemajuan kita bersama, agar menjadi generasi muda yang handal, kreatif maju demi bangsa Indonesia.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang tercinta.
Dengan kemajuan yang begitu pesat negara Indonesia yang tercinta ini kita harus bangga atas keberhasilan pemimpin-pemimpin kita.
Mari kita berdo’a kepada Allah Swt, mudah-mudahan bangsa Indonesia tetap jaya selamanya, mudah-mudahan pemimpin-pemimpin kita diberi kekuatan untuk memimpin beraneka ragam corak bangsa Indonesia. Mudah-mudahan bangsa Indonesia damai, tentram dari gangguan, baik yang datangnya dari luar-maupun dari dalam.

Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan bila terdapat kata-kata yang kurang berkenan dihati saudara sekalian kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Ihdinash shraathal mustaqiim.

Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.





Mungkin Yang Kamu Cari:
     

Post a Comment for "Pidato Memperingati HUT RI ke- 74 | Pidato hari Kemerdekaan Indonesia Tahun 2019"