Tuesday, 12 June 2018

Trik Pidato Agar Audiens Tercengang/Terbius


Sebuah Podium merupakan adalah salah satu model aplikasi informasi secara resmi, seperti halnya menyampaikan Informasi, kabar, berita, statment dan banyak lagi, dalam konteks ini sangatlah banyak para tokoh yang menggunakan podium sebagai media untuk menyampaikan kehendaknya, baik dalam berpolitik, bisnis, seminar, pelatihan, presentase dan lainnya, semua adalah bentuk dari rangakaian acara yang biasanya bersifat resmi, dalam hal ini banyak diantara kita yang sudah tahu bagaimana agar kita dapat menggunakan secara maksimal panggung podium tersebut. Bahkan kita kerap kali melihat sarana ini di berbagai macam media dan berbagai acara, intinya adalah menyampaikan sebuah informasi oleh seorang informator yang disajikan oleh panitia acara sebagai pembicara.

Bagaimanakah Trik Pidato Agar Audien Tercengang/Terbius oleh para pendengarnya, dan penyimak di lingkungan audien tersebut, bahkan pidato anda menjadi sebuah kabar yang dahsyat oleh semua pemirsanya, apalagi jika bentuk pidato yang anda sampaikan diliput oleh banyak media seperti televisi atau media cetak, sudah tak bisa kita hindari ramainya video yang dapat kita akses dengan mudah seperti dalam siitus youtub, nah beberapa hal yang menjadikan pidato anda sangat disegani dan disenangi oleh penyimaknya (Audien) berikut Trik Pidato Agar Audien Tercengang/Terbius

  1. Berpenampilan yang resmi, menarik, hal ini sangat penting karena yang menonton akan merasakan kesan pertama yang sangat istimewa, 
  2. Memahami materi secara full yang akan disampaikan sesuai dengan tema acara. Memposisikan diri sebelum berpidato bahwa anda sebagai apa, narasumber inti atau sekedar bubuhan.
  3. Berjalan kearah podium/panggung dengan ekspresi yang penuh gairah, tegap, dan penuh kesemangatan, apalagi jika anda adalah seorang pemimpin.
  4. Ucapan pertama seperti salam atau penghormatan kiranya harus diyakinkan semua orang menjawabnya, anda lihat secara fokus wajah audien secara tepat. Hal ini memberikan kesan bahwa apa yang akan anda sampaikan adalah sebuah informasi penting.
  5. Tutur kata yang tegas, memberikan semangat dan sedikit diselipi humor, akan tetapi tetap pada sebuah inti.
  6. Raut muka yang penuh gairah, tidak kusut atau kusam, berusaha untuk tetap tenang dalam situasi, dan rileks, seakan-akan anda seorang profesional.
  7. Tidak bertele-tele dna lugas dalam penyampaian.
  8. Kurangi tekstualitas, membaca, hal ini membuat pendengar kurang terlalu menyimak. bila perlu tanpa teks sama sekali.
  9. Luapkan beberapa kalimat penyemangat kepada Audien, dan beberapa kalimat yang mengandung arti besar seperti bahasa filsafat, sastra, bahasa Intelek, dan istilah-istilah lainnya yang sekiranya audien menganggap bahwa anda memiliki wawasan yang luas.
  10. Tidak terlalu keras dan tidak terburu-buru, hal ini sebagai kontrol.
  11. Memberikan sapaan kepada audien contohnya "Para hadirin, para pemirsa," dengan tambahan kalimat yang menyenangkan seperti "hadirin yang saya hormati/ cintai/banggakan/salutkan/ dan lain sebagainya.
  12. Berusaha untuk meyakinkan audien bahwa apa yang anda sampaikan adalah sebuah informasi akurat dan dari sumber yang terpercaya serta teruji, hal ini sering kali dilalaikan oleh para moderator secara detail dan menyeluruh.
  13. Memahami situasi dan kondisi audien, mungkin cape, lelah, atau tak bergairah atau dalam keadaan tegang, cairkan suasana dengan berbagai macam metode yang sekiranya membuat audien bangkit kembali dan serius mendengarkan isi pidato,
  14. Membuat gebrakan yang bisa menjadikan audien aneh, jika anda seorang politikus atau apapun mungkin banyak orang yang menilai terutama audien yang mendengarkan tentang kapasitas pengetahuan anda, akan tetapi mereka akan heran pabila anda memberikan sebuah informasi, statment yang tidak pernah orang lain menyangkanya.
  15. Hindari demam panggung.
  16. Salam penutup dengan berupa closing statment yang menarik, hal ini bisa dijadikan sebuah rangkuman materi pidato sambutan anda.




Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon