Pidato Pembekalan kepsek/guru pd siswa akan Ujian

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, wash shalatu was salamu 'alaa rasulillah, muhammad ibnu Abdillah, wa 'ala aalihi wa ash-habihi wa man tabi'ahu wa walah, amma ba'du:

Tiada kata-kata yang patut untuk saya kemukakan dalam mengawali pertemuan ini, kecuali ungkapan rasa syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Ilahi Rabbi yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga pada saat ini kita bisa berkumpul disini dalam rangka memperingati pembekalan untuk menghadapi Ujian Akhir Nasional. Solawat dan salam tidak lupa mari kita curahkan pada Nabi Kita Muhammad SAW... beserta keluarganya, Shahabatnya, Pengikutnya hingga pada kita semua,

Anak-anaku yang sangat saya cintai,
Waktu kalian sebentar lagi untuk menentukan sebuah prestasi hasil belajar kalian selama disekolah ini, betapa banyak hal yang harus kamu hadapi terutama beberapa mata pelajaran, semua itu adalah penentuan akhir dari selama kalian belajar. Sekiranya yang mesti kalian fikirkan tak ada yang lain adalah fokus dan terus belajar dan belajar sembari melatih diri untuk selalu berkomitmen meraih cita-cita kalian yang akan menjadi kebanggaan Kami, Orang tua kalian dan kebanggaan Negeri ini.

Sangatlah ironis jika kalian gagal, dan saya sebagai kepala sekolah/guru merasa kecewa bahkan orang tua kalian yang selama ini memberikan support lahir dan bathin agar kalian menjadi siswa yang berprestasi serta berguna bagi Nusa, bangsa, agama, kelaka dikemudian hari, kami sebagai penanggung jawab disekolah merasa kecewa yang mendalam kalau kalian tidak mampu menempuh ujian tersebut, untuk itu buktikan pada diri kalian, pada Kami, pada Orang Tua, Masyarakat, bahwa kalian adalah orang yang benar-benar bisa serta mampu menjadi anak bangsa yang berprestasi dan bersungguh-sungguh ingin menjadi orang yang bermanfaat dan berguna.

Anak-anaku yang saya banggakan.
Proses belajar adalah kewajiban kalian, melakukan sebuah pijakan sesuai dengan apa yang semestinya kalian lakukan yakni sebagai siswa, pelajar yang baik, maka hindarilah hal-hal yang dapat menjadikan diri kalian menjadi rusak, dan menjadi orang-orang yang tidak punya persepsi pandangan tentang cita-cita kalian, ingatlah orang tua kalian yang bekerja siang dan malam tanpa lelah, hanya demi anakknya agar menjadi orang yang baik dan berguna, Ingatlah betapa Tuhan menciptakan kalian sebagai makhluk yang dibekali fikiran, ingatlah para guru yang membimbing kalian disekolah ini, ingatlah cita-cita dan masa depan kalian, apakah kalian masih saja suka bermain-main, membuang-buang waktu, hindarilah pergaulan yang sama sekali tidak bermanfaat bahkan akan membawa kalian menjadi orang yang suram dikemudian hari, dan segala macam bentuk kegiatan yang sia-sia, kewajiban kalian adalah belajar dan belajar.

Tunjukan pada kami,
Tunjukkan pada Orang Tua Kalian.
Tunjukkan pada Masyarakat.
Tunjukkan pada Dunia.
 Kamu semua mampu dan akan menjadi tulang punggung bangsa yang bermanfaat dan akan menjadi pemimpin yang hebat, serta bertanggung jawab,
sebagai generasi penerus bangsa kalian harus membuktikan bahwa kamu adalah seorang yang berilmu berakhlakul karimah dan bisa mengubah dunia.

Siswa/i MTs, SMP, SD, MI, MA, SMK, SMU.... yang sangat saya sayangi..
Setelah menjalani sebuah proses belajar menjadi siswa, dan kalian dinyatakan sebagai alumni, itu semua tidak cukup sampai disitu, bagi kami kalian adalah seperti anak-anak kami sendiri, maka itu bagiakan kami, orang tua dan negara ini, sebagai anak yang baik adalah anak yang berbakti, dengan memberikan nilai hasil yang maksimal serta kalian dapat meraih cita-cita sungguh kami sangat bangga dan sangat senang.

Demikian prakata pidato sambutan saya ini, setidaknya mengingatkan kalian agar bersungguh-sungguh untuk belajar, jangan lupa berdo'alah setia saat, agar jalan yang kalian tempuh dirodhoi Tuhan yang maha Esa, sekian dari saya akhir kata tetap semangat belajar, dan semoga sukses mendapatkan nilai yang terbaik..

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Mungkin Yang Kamu Cari:
     

Post a Comment for "Pidato Pembekalan kepsek/guru pd siswa akan Ujian"