Wednesday, 13 June 2018

Pidato Sambutan Hari Sumpah Pemuda | 28 Oktober 2019

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Assalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh..

Kawan-kawanku para pemuda yang saya banggakan..
Sudah saatnya kita bangkit untuk bersama berjuang untuk negeri ini, dimana saat ini banyaknya persoalan yang kita hadapi, terlebih saat ini kita menghadapi sebuah era globalisasi, era kebebasan yang dapat menjadikan kita menjadi seorang pemuda yang kehilangan jati diri, kehilangan semangat Keindonesiaan, rapuh karena perkembangan zaman, dan jauh meninggalkan identitas nasionalisme. Dihari ini yakni 28 Oktober 2019 kita harus mampu mewuudkna sumpah kita sebagai tulang punggung masa depan bangsa kita yang kita cintai ini, sesuai dengan sumpah Pemuda, menghadapi sebuah kebebasan itu adalah unsur kenyataan yang perlu kita waspadai, karena itu untuk menjaga jiwa patriotisme, nasionalisme, juga mempertahankan identitas kita, Bahasa Kita, Tanah Air kita, Tumpah darah kita, karena itu adalah milik kita.

Sebuah refleksi sumpah pemuda, hal ini mesti kita terapkan untuk menghadapi globalisasi, agar kita tidak kehilangan jati diri kita, belum lagi melihat kelemahan bangsa kita tatkala mereka berhadapan dengan orang asing, yang dilhat dari segala sudut pandang kita kalah, akan tetapi dengan adanya sebuah refleksi di hari sumpah pemuda ini marilah kita bersama wujudkan sebuah identitas diri, dan berani serta memiliki mental yang benar-benar siap menghadapi siapapun, tidak takut, lawan, berontak mereka kepada orang-orang yang akan merusak citera bangsa kita. ini adalah sumpah yang tidak hanya diucapkan akan tetapi perlu kita implementasikan kepada jiwa kita, dijadikan sebuah sugesti dalam jiwa yang paling dalam.

Teman Pemuda pemudi seperjuangan yang saya salutkan..
Saat ini banyak penyakit mental yang menggerogoti pemuda, yang selalu menjadikan kita menjadi sosok yang malas, yang tidak memiliki rasa tanggung jawab sebagai bangsa yang bermartabat, banyak hal jika kita fikirkan, hingga kebobrokan nilai dan jiwa semangat juang kita sedikit demi sedikit mulai mengurang, terkikis dan rapuh, mari kita wujudkan sebuah negeri yang memiliki karakter, dengan belajar, bekerja, berjuang, dan bangkit, songsong masa depan dengan segala perjuangan kita semua, dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ini, mari jayakan Indonesia.

Sekian Pidato dari saya, akhir kata saya ucapkan.. S e  m a n g a t....!!! junjung tinggi Tanah Air kita, Bahasa Kita, Tumpah darah kita, salam sumpah pemuda....!!!!






Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon