Tuesday, 12 June 2018

Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakaatuh.

Saudara – saudara sebangsa setanah air yang tercinta,Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur terhadap Allah SWT, atas rahmat serta hidayahnya yang telah dicurahkan kepada kita semua, sehingga pagi yang cerahini kita bisa berkumpul dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Mudah – mudahan dalam pertemuan kita pada saat ini senantiasa membawa kebaikan di dunia maupun di akhirat kelak.Hadirin yang berbahagiaHari ini tepatnya tanggal 2 Mei tahun . . . . . . . seluruh bangsa Indonesia memperingati hari Pendidikan Nasional. Dalam memperingati hari bersejarah ini tentunyakita akan ingat tokoh pendidikan Nasional, yaitu Ki Hajar Dewantoro.

Beliau merupakan pelopor pendidikan putra – putri bangsa Indonesia, beliau merupakan pendobrak kebodohan bangsa Indonesia dari zaman kebodohan menuju zaman kepandaian. Saudara – saudara sebangsa, dan setanah air yang dirahmati Allah.Pendidikan bagi bangsa Indonesia mempunyai arti yang sangat penting, karena kemajuan bangsa Indonesia tidak lepas dari pendidikan yang telah dicapai.


Bila masyamaraktnya suatu negara berpendidikan, maka negara pun akan maju, sebaliknya, bila bangsa Indonesia tidak memperhatikan pendidikan, tidak mungkin bangsa Indonesia bisa maju seperti ini. Hadirin yang berbahagia. Dalam hal ini tentunya membawa dampak yang sangat baik,bila pendidikan itu betul – betul diterapkan dalam kehidupan ini. Sehingga tidaklah sama antara orang berilmu dengan orang yang tidak berilmu.


Berkaitan dengan permasalahan tersebut Allah telah menegaskan dalam firmanNya, Saudara – saudara sebangsa setanah air yang dirahmati Allah. Ketahuilah bahwasannya menuntut ilmu bagi seorang muslim merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan, dalam hal ini sebagaimana yang dijelaskan nabi SAW.

Saudara – saudara sebangsa, setanah air yang tercinta. Demikian Pidato Hari Pendidikan Nasional kami secara singkat dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, tanggal 2 mei tahun . . . . . . . .mudah – mudahan pertemuan kita pada pagi hari ini senantiasa mendapat ridla Allah SWT.

Bagi kami kurang lebihnya mohon maaf.

Billahi taufiq wal hidayat.Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakaatuh




Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon