Cara Cek Status Bootloader (UBL) (Locked/Unlocked) Smartphone Android

Berbeda dengan featured phone, smartphone menawarkan beragam fitur canggih yang memudahkan kamu dalam menggunakannya. Bahkan bagi kamu yang suka ngoprek, smartphone memberikan kamu keleluasaan dalam mengkustomisasi isinya. Seperti dalam Android, kita akrab dengan kegiatan Rooting.
Namun, uniknya kegiatan ngoprek pengguna Android ini ada kalanya terganggu masalah keamanan. Pasalnya demi menjamin keamanan smartphone buatannya, vendor sengaja mengunci bootloader.

Apa Itu Bootloader? Kenapa Dikunci?

Setiap smartphone Android pasti memiliki bootloader agar kernel sistem operasi dapat nyala dan berjalan secara normal. Namun karena merupakan sistem operasi terbuka, masing-masing smartphone Android memiliki bootloader yang berbeda. Itu sebabnya custom ROM masing-masing smartphone selalu berbeda.
Pertanyaannya kemudian adalah kenapa bootloader dikunci oleh vendor? Ini bertujuan agar kamu tidak memasang custom ROM yang bukan buatan vendor. Manfaatnya jelas adalah garansi smartphone kamu tetap valid, dan juga terhindar dari bricked.

Cara Mengetahui Status Locked/Unloked Bootloader

Keuntungan memiliki smartphone yang telah unlocked bootloader, kamu bisa dengan leluasa meng-install custom ROM seperti CyanogenMod atau SlimRom. Tapi jika ternyata bootloader kamu terkunci, maka harus meng-unlock bootloader-nya dulu. Bagaimana cara mengetahui status locked atau unlocked bootloader?
cara-cek-status-bootloader-2
  • Matikan smartphone Android kamu, lalu masuk Fastboot. Dalam beberapa smartphone, cara masuk Fastboot adalah dengan menekan tombol Power dan Volume Up bersamaan. Ciri smartphone yang masuk Fastboot Mode adalah ada tulisan Fastboot di layar.
    cara-cek-status-bootloader
  • Jika gagal dengan tombol kombinasi, kamu bisa masuk Fastboot lewat CMD Promp. Caranya: di folder Adb yang kamu ekstrak, tekan Shift + klik kanan mouse dan pilih Open Command Windows Here. Lalu ketikkan adb reboot bootloader
cara-cek-status-bootloader
  • Masih di CMD Promp, untuk mengetahui status bootloader smartphone, kamu cukup ketikkan fastboot oem device-info lalu Enter. Maka akan muncul hasilnya.
    cara-cek-status-bootloader-3
**KETERANGAN**:
(bootloader) Device unlocked: true --> Maka _bootloader_ sudah UNLOCKED
(bootloader) Device unlocked: false --> Maka _bootloader_ masih LOCKED
Jika kamu sudah tau status smartphone Android kamu terkunci atau terbuka bootloader-nya, maka kamu bisa leluasa menentukan sikap jika ingin memasang custom ROM. Pokoknya jangan sekali-kali install custom ROM jika smartphone kamu masih terkunci bootloader-nya dan jika tidak mau terkena bootloop.




Lihat Yang Anda Cari: 

Post a Comment for "Cara Cek Status Bootloader (UBL) (Locked/Unlocked) Smartphone Android "