Friday, 1 June 2018

Cara Membedakan Vivo V9 Asli dan Palsu


Jika kamu mengetahui bagaimana cara membedakan Vivo V9 asli dan palsu (KW) maka sudah pasti kamu dapat terhindar dari produk yang bernuansa replika, tiruan, HDC, supercopy, cloning, dan lain sejenisnya. Sebelum membahas lebih lanjut ke permasalahan intinya,  hal yang harus kita ketahui adalah mengapa perangkat pintar full screen ini dijadikan target pemalsuan.



Seperti diketahui, Vivo V9 merupakan perangkat pintar generasi serie "V" yang diproduksi untuk kalangan hight-end sehingga memiliki kamera depan yang tajam, gambar jernih berkat kamera primer 24MP.

Hal tersebut membuat perangkat Vivo V9 laris manis dipasaran terutama di Tanah Air. Banyak dari para konsumen yang mengaku puas dengan kelebihan Vivo V9 ini terutama pada kamera selfienya.

Kesuksesan smartphone layar lebar berasio 19:9 ini membuat Perusahaan asal China tersebut selalu berinovasi terhadap desain perangkat pintar besutannya terutama memperbaiki sektor kamera.

Terbukti dengan updatenya desain dan lensa Vivo series V ini dari generasi V7 ke generasi V9 dengan layar full screen 18:9 dan dibekali kamera utama 16MP + 5MP dibagian belakang.

Berkat spesifikasi yang mempuni yang disinyalir sesuai dengan kebutuhan serta harga yang terjangkau membuat perangkat Vivo V9 dibanjiri oleh pembeli khususnya para Vivo Lovers.

Larisnya penjualan Vivo V9 inilah dikhawatirkan akan muncul smartphone merek serupa yang mencoba menyusup memanfaatkan ketenaran perangkat pintar ini. Mengingat, para pelaku pembuat HP KW itu selalu memproduksi HP tiruan setelah melihat kesuksesan suatu perangkat dipasaran.

Sehingga hadirnya perangkat Vivo V9 palsu sangat memungkinkan di Nusantara. Sebagai konsumen yang cerdas, kita harus bisa melakukan cek keaslian Vivo V9 demi keamanan sebelum membeli.


Berikut ini Peta Ponsel akan bagikan tips agar anda terhindar dari kasus penipuan smartphone replika ini.

1. Tipe Layar
Vivo V9 asli menggunakan tipe layar IPS LCD capacitive touchscreen sehingga dalam keadaan yang terang/ di bawah terik matahari sekalipun layar tetap tampak jelas. Ciri Vivo V9 palsu biasanya menggunakan jenis layar yang harganya lebih murah seperti layar TFT Capasitive sehingga tidak jelas ketika berada di bawah cahaya matahari.

2. Layar Multitouch
Agar layar Super AMOLED tampil berkelas, Vivo V9 telah dibekali 10 jari sentuhan. kamu dapat mencoba Vivo V9 yang akan dibeli jika tidak support sentuhan 10 jari pasti itu KW.

3. Kerapatan Pixel
Vivo V9 yang memiliki layar 6.3 inchi menggunakan resolusi 1080 x 2280 (~400 pixel) dengan rasio 19:9 yang membuat kecerahan dan kejernihan pada layar yang sangat bagus. Pada smartphone Vivo V9 palsu tingkat kejernihan berkurang sehingga kualitas layar tentu akan lebih buram.

4. Sektor Kamera Utama
Ciri Vivo V9 asli membawa kamera belakang berlensa dual16 MP + 5 MP dengan fitur yang lengkap yakni:

f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, dan kemampuan merekam 2160p@30fps, 1080p@30fps.

Saat digunakan untuk melakukan foto dan merekam video, hasilnya bagus apalagi jika berada pada pencahayaan yang natural.

Sementara ciri Vivo V9 palsu akan menunjukkan hasil tangkapan kamera yang kurang jelas, tampak bintik noise karena terjadi pemangkasan dari beberapa fitur yang ada di Vivo V9 asli. Untuk lebih meyakinkan, silahkan anda lihat hasil tangkapan kamera pada Vivo V9 original di Youtube.


5. Sektor Kamera Kedua
Untuk aktifitas selfie, Vivo V9 original dibenamkan kamera berlensa 24MP dengan dukungan  f/2.0, 1/2.8" sensor size, serta kemampuan merekam video HD sehingga sangat nyaman digunakan untuk berselfie ria.

Perbedaan pada Vivo V9 palsu adalah tidak memiliki fitur selengkap kamera Vivo V9 asli. Tujuan pelaku melakukan hal itu adalah untuk mengurangi biaya produksi, sehingga produk tiruan yang mereka buat mampu bersaing dengan produk asli dari segi harga.


6. Sektor RAM dan ROM
Perbandingan antara Vivo V9 asli dan palsu berikutnya dapat dilihat dari kapasitas RAM. Vivo V9 asli menggunakan RAM sbb:

64GB, 4GB RAM

Biasanya jika produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang lebih kecil dari ukuran aslinya. Kemungkinan Vivo V9 palsu memakai RAM 1 GB dan yang paling tinggi biasanya 3 GB saja. Pelaku tentu tidak mau rugi jika hardware disamakan dengan aslinya.

7. Dukungan Memori Eksternal
Vivo V9 support memori eksternal hingga 256 GB. Sementara Vivo V9 palsu berada di bawah itu. Anda dapat mencobanya dengan memasukkan memori sebesar 256 GB jika lemot atau tidak support itu pasti supercopy.

8. Versi OS Android
Vivo V9 asli menggunakan Android 8.1 (Oreo) yang dapat anda update Android 9.0. Produk Vivo V9 palsu akan memakai versi Android yang lebih dulu meluncur seperti Marshmallow, Jelly Bean atau Kitket dan bahkan tidak menyediakan update software.

9. Kualitas Hardware
Fungsi Chipset pada Vivo V9 adalah untuk mengatur kecepatan aliran data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU pada Vivo V9 berfungsi untuk menjalankan grafis dan aplikasi berat lainnya. 

Vivo V9 asli memakai hardware sbb:
Chipset: Snapdragon 626
CPU: Octa-core 2.2 GHz
GPU: Adreno 506

Hardware di atas jika tidak sama dengan Vivo V9 yang ditawarkan pada anda, sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dulu sebelum membeli karena kemungkinan itu KW pasti 90%.

10. Sektor Jaringan
Vivo V9 asli support berbagai jaringan dari 2G, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G LTE dengan kecepatan LTE  Cat4 150/50 Mbps. Smartphone ini juga didukung GPS dan WIFI yang dapat digunakan sebagai Hotspot.

Biasanya, Vivo V9 KW paling banter hanya memakai jaringan 4G Cat 3 saja dan memangkas beberapa keberadaan fitur lain.

11. Support USB OTG
Keberadaan USB OTG juga dapat dijadikan acuan sebagai cara membedakan Vivo V9 asli dan palsu karena Vivo V9 ori menggunakan microUSB 2.0, USB On-The-Go yang membuat proses charger dan transfer file dengan sangat cepat.

Pada Vivo V9 kloning akan sangat malas untuk menyematkan USB OTG yang sama dengan Vivo V9 asli karena mereka harus menghemat pengeluaran.

12. Kecepatan Transfer
Untuk melakukan transfer file dengan cepat, Vivo V9 asli menggunakan koneksi Bluetooth v4.2 didukung A2DP, LE. Ciri Vivo V9 palsu biasanya tidak adanya fitur memakai versi Bluetooth yang lebih rendah.

13. Kelengkapan Sensor
Vivo V9 di support dengan sensor kekinian yang berfungsi dengan baik seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Series Vivo V9 palsu paling hanya mendukung beberapa sensor dari banyak sensor di atas.

14. Melalui IMEI
Cara paling ampuh cek Vivo V9 asli adalah dengan mengetahui IMEI.  Cara cek kode IMEI Vivo V9 cukup dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul kode unik yang hanya dimiliki oleh Vivo V9 anda.

Kemudian cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resmi Vivo.  Apabila kode IMEI Vivo V9 anda tidak terdaftar disana, maka sudah pasti itu bukan barang asli.


15. Pakai Kode Rahasia
Smartphone android asli Vivo memiliki kode rahasia untuk menguji keaslian dan kerusakan perangkatnya termasuk Vivo V9 ini. Dengan membuka menu Dial Phone lalu ketik *#800# maka akan muncul indikator yang dapat anda uji validitasnya untuk memastikan keaslian perangkat yang anda miliki itu original.

Dengan menguji semua kode tersebut, anda juga telah mengecek apakah terjadi kerusakan pada Vivo V9 atau tidak sehingga anda lebih yakin untuk membeli perangkat tersebut. 
 
Lihat Yang Anda Cari: 


EmoticonEmoticon