Tuesday, 5 June 2018

Cara Mudah Memperbaiki Kartu Memori MicroSD Rusak

Kartu memori MicroSD tiba tiba rusak, tidak terbaca, error, bermasalah, tidak bisa di format. Tentu saja membuat anda panik, apalagi didalam kartu memori tersebut tersimpan Data, Foto atau Video yang sangat penting, tentu saja anda berpikir bagai mana cara memperbaiki kartu memori yang tersimpan berbagai file dan data yang sangat penting agar dapat kembali normal.
Jika anda mengalami kartu memori yang anda miliki tiba tiba rusak seperti tidak terbaca oleh perangkat seperti ponsel, Android, Blackberry dll, hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memperbaiki kartu memori yang rusak yaitu dengan cara dibawah ini.

Penanganan pertama dalam memperbaiki kartu memori tidak terdeteksi atau rusak.

  1. Lepaskan atau keluarkan kartu memori dari ponsel, cara melepaskan kartu memori dari ponsel sebaiknya mengikuti prosedur yang benar atau matikan ponsel sebelum mengeluarkan kartu memori.
  2. Bersihkan kuningan di kartu memori dan bersihkan juga kuningan pada knektor memori di ponsel jika kuningan memori di ponsel dapat di bersihkan. 
  3. Selanjutnya pasang kartu memori di ponsel dan Test apakah memori anda sudah tersedeksi di ponsel.

Jika cara di atas sudah anda lakukan dan kartu memori masih mengalami kerusakan, Cara kedua yang dapat anda lakukan memperbaiki Kartu Memori MicroSD rusak yaitu dengan cara melakukan Format kartu memori, melakukan format kartu memri microSD dapat menghapus semua data pengguna yang tersimpan di kartu memori, cara ini biasanya sering berhasil dalam mengatasi kartu memori yang rusak.
Cara format kartu memori dapat anda lakukan langsung dari ponsel dan menggunakan komputer, cara format kartu memori dari ponsel dapat dilakukan dengan cara masuk ke Menu File Manager > Kartu memori dan pilih Format kartu memori, sedangkan cara format kartu memori dengan komputer silahkan lihat dibawah ini.

Cara Format Kartu memori menggunakan komputer

  • Sambungkan Kartu memori ke komputer menggunakan Card reader
  • Buka My Computer
  • Klik kanan pada Removable Disk Memori yang akan di format dan pilih Format...
  • Klik Start dan konfirmasi dengan klik OK
  • Tunggu proses formating kartu memori sampai dengan selesai. Jika selesai akan ada notifikasi format complete seperti dibawah ini
  • Jika anda berhasil kartu memori yang tadinya rusak sekarang sudah dapat digunakan, tapi data anda akan hilang setelah melakukan format kartu memori.
  • Jika cara diatas sudah anda coba dan kartu memori gagal dalam melakukan format, kemungkinan kartu memori anda sudah tidak dapat digunakan lagi.


Lihat Yang Anda Cari: 


EmoticonEmoticon