Cara Mengatasi Sinyal HP Oppo Hilang Tiba-Tiba

Sinyal hp hilang - Bagaimana cara mengatasi hp tidak ada sinyal pada oppo smartphone ? Cara mengatasi hp android tidak ada sinyal merupakan suatu solusi yang sering dicari ketika hp oppo tidak ada layanan jaringan. Masalah sinyal hape android oppo yang error ini cukup beragam, mulai dari sinyal hp yang tiba tiba hilang, jaringan internet tidak muncul maupun sinyal hanya 2g terus. Oleh karena itu kita harus segera memperbaiki sinyal hp sering hilang muncul di ponsel oppo tersebut mengingat petingnya komunikasi melalui jaringan telepon maupun internet sekarang ini.

Tak heran jika banyak pengguna smartphone android khususnya ponsel android oppo yang pusing jika masalah sinyal hp android yang error melanda pada diri mereka. Terkadang kita berpikir jaringan internet maupun jaringan operator yang tidak muncul dikarenakan sim card tidak terbaca di hp android yang kita miliki. Setelah mencari dan mencoba cara memperbaiki sinyal hp sering hilang di ponsel android oppo yang ada, hasil yang kita dapat masih sama saja. Sinyal oppo smartphone malah menjadi hilang total padahal sebelumnya hanya jaringan internetnya saja yang tidak muncul atau sinyal kartu sim hilang timbul.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba berbagi tips untuk menghadapi masalah sinyal hp android yang lemah ataupun hilang total muncul tanda silang. Dengan harapan setelah mencoba tips jaringan internet yang tidak muncul ini masalah seperti kartu sim terbaca namun signal dan jaringan tidak muncul sehingga handphone oppo yang kita miliki tidak dapat untuk telepon maupun sms. Oleh karena itu jika salah satu sim card tidak terdeteksi namun kartu sim satunya terbaca, mari ikuti langkah - langkah dari kami mengenai cara mengatasi sinyal hp oppo yang error secara lengkap di bawah ini.

Penyebab Sinyal Oppo Hilang Tiba-Tiba

Terdapat beberapa faktor penyebab sinyal Oppo hilang secara tiba-tiba/ mendadak, supaya lebih mudah memahaminya admin akan uraikan beberapa faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:
a) Jangkauan Sinyal Daerah itu Tidak Ada
Coba mas bro cek dengan baik, apakah disekitar area tempat mas bro berdiri ada tower sinyal. Jika di daerah tersebut sama sekali tidak ada tower sinyal maka dapat dipastikan bahwa wilayah itu memang minim sinyal sehingga wajar jika sinyal Oppo tiba-tiba hilang.

b) Oppo Mas bro Sedang Error
Apakah Oppo kesayangan mas bro pernah terjatuh? Jika memang pernah maka dapat jadi ponsel mas bro mengalami error sehingga daya tangkap sinyal menjadi berkurang secara drastis. Hal itu disebabkan karena kuningan penangkap sinyal bergesar akibat benturan keras saat terjatuh dari ketinggian.

c) Terjadi Perubahan Pada Menu Pengaturan
Jika mas bro mengatur Oppo saat berada di wilayah perkotaan ke mode sinyal 3G Only atau 4G LTE Only demi mempercepat koneksi internet, maka device mas bro hanya akan menangkap sinyal 3G atau 4G saja sehingga sulit untuk mendeteksi jaringan biasa. Untuk mengubahnya ke semula silahkan pergi ke menu Pengaturan > Jaringan Seluler > Pilih Mode Jaringan “WSDMA/GSM (sambungan otomatis).
Jika diwilayah tempat tinggal mas bro sinyal 4G stabil, mas bro dapat menguncinya agar hemat paket internet dan membuat kecepatan internet semakin kencang. Untuk mengelock jaringan 4G Oppo 

d) Jangkauan Sinyal Putus-Putus
Sinyal Oppo hilang timbul dapat jadi karena jaringan tidak konsisten alias lagi naik-turun. Hal ini disebabkan oleh layanan operator jaringan yang mas bro gunakan sedang gangguan atau ada masalah lain pada program mereka sehingga berdampak pada penyebaran sinyal yang tidak merata di wilayah tersebut.

e) Pengaruh Cuaca Ekstream
Cuaca ekstream juga mempengaruhi kuat atau lemahnya sinyal Oppo mas bro. Jika cuaca sedang hujan lebat disertai angin kencang dan petir maka sangat mempengaruhi penangkapan sinyal pada Oppo. Sebaiknya saat cuaca tidak mendukung hindari menggunakan HP Oppo (matikan HP) demi keamanan mas bro.

f) Kemungkinan Hardware Rusak
Jika Oppo yang mas bro miliki pernah masuk ke dalam air, dapat jadi alat penangkap sinyal di Oppo mas bro rusak karena alat itu tidak kedap air maka ada komponen yang berkarat. Kerusakan pada hardware inilah yang membuat sinyal Oppo silang alias tidak ada sinyal.
Khusus untuk melakukan pengecekan terhadap kerusakan hardware layar LCD pada HP Oppo,

g) Kemungkinan Masalah Software
Mungkin Oppo mas bro pernah update software? Jika iya, beberapa software yang kita update mungkin terdapat bugs yang mempengaruhi kualitas jaringan. Jika sebelum update software Oppo sinyal berada dalam keadaan baik-baik saja namun setelah update justru bermasalah maka sebaiknya lakukan downgrade lagi. Pastikan Oppo mas bro lancar, ketahuilah cara mengatasi Oppo lemot untuk membuat peforma HP mas bro tambah kencang.

h) Adanya Aplikasi Oppo Bermasalah
Sinyal HP Oppo dapat dipengaruhi oleh aplikasi pihak ketiga yang sudah mas bro install. Aplikasi tersebut mungkin membatasi kekuatan sinyal karena beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi pihak ketiga tidak sesuai dengan perangkat yang mas bro gunakan.

i) Terjadi Perbaikan Sinyal Oleh Operator
Operator kemungkinan sedang membenahi sistem atau tower mereka karena ada suatu masalah atau penambahan fitur baru. Untuk memperbaiki atau menambahkan fitur baru tersebut maka demi keamanan, listrik akan dimatikan sementara waktu pada sistem atau tower yang sedang dibenahi.
Penyebab sinyal Oppo lemah atau hilang tiba-tiba di atas hanya beberapa saja, sebenarnya masih masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi. Lalu bagaimana cara mengatasi sinyal Oppo yang hilang tersebut? Baca solusinya di bawah ini sebagai tambahan referensi bagi mas bro.

Inilah 10 Cara Mengatasi Sinyal Oppo Hilang Tiba-Tiba

Saya merangkum dari beberapa kasus mengenai hilangnya sinyal sebuah device pada OS Oppo terutama yang berada di daerah perkotaan dan pedesaan.
 
1) Pakai Mode Pesawat
Cara supaya sinyal Oppo kuat lagi yakni dengan mengaktifkan mode penerbangan. Jika Mode ini hidup maka semua sinyal akan hilang, kemuadian non-aktifkan lagi mode penerbangan untuk membuat sinyal kembali terdeteksi dengan sempurna.
 
2) Matikan Sementara Oppo Mas bro
Cara kedua adalah dengan merefresh sinyal jaringan dengan cara metaikan HP Oppo yang mas bro miliki untuk sementara waktu. Pastikan ponsel tersebut benar-benar mati jika memungkinkan, silahkan mas bro cabut baterai lalu pasang dan hidupkan kembali HP Oppo mas bro.
 
3) Ganti Mode Jaringan di Oppo
Untuk mengubah mode jaringan di Oppo demi mendapatkan sinyal 2G, EDGE, 3G, HSDPA, dan 4G LTE secara otomatis maka silahkan mas bro pergi ke menu Pengaturan > Jaringan Seluler > Pilih Mode Jaringan “WSDMA/GSM (sambungan otomatis”, cara ini sangat efektif untuk mengatasi sinyal Oppo yang lemah dan hilang secara tiba-tiba.
 
4) Cari Area Terjangkau Sinyal
Berdasarkan pengalaman admin Bedahp.com yang tinggal di lokasi Provinsi Lampung, ketika saya masuk ke dalam kamar kartu SIM yang saya gunakan sinyalnya hilang total. Waktu itu saya pikir Oppo saya yang rusak karena tidak biasanya terjadi masalah seperti ini sebelumnya.
Saya kemudian merenung dan terlintas dalam pikiran bagaimana solusi cara mengatasi sinyal HP Oppo hilang tiba-tiba bahkan terkadang hilang total ini? Akhirnya, setelah saya keluar dari kamar saya ternyata sinyal full lagi. Mungkin kamar saya tidak dapat dijangkau oleh sinyal kartu SIM yang saya pakai itu sehingga saat keluar ruangan baru terdeteksi kembali sinyalnya.

5) Cek Keadaan Kartu SIM
Hilangnya sinyal pada Oppo kemungkinan saat mas bro memasang kartu SIM yang belum tepat terkena lempengan kuningan, atau sinyal Oppo hilang setelah jatuh sehingga letak kartu SIM bergeser. Solusi untuk mengatasi sinyal Oppo yang hilang seperti ini yakni dengan mencabut kartu SIM lalu memasangnya kembali.
 
6) Mengganti Kartu SIM Oppo
Coba mas bro ganti kartu SIM Oppo mas bro ke lain operator untuk sementara waktu dengan kartu SIM yang lain untuk memastikan apakah kerusakan itu disebabkan oleh kartu SIM itu atau tidak. Jika sudah mas bro ganti kartu SIM-nya namun hasilnya tetap saja sama maka silahkan ikuti langkah selanjutnya di bawah.
 
7) Reset HP Oppo Mas bro
Jika Oppo mas bro mengalami masalah sinyal hilang karena terkena virus atau akibat penggunaan aplikasi pihak ketiga yang berlebihan, sebaiknya lakukan reset ulang pada Oppo mas bro melalui menu Setting > Pabrikan > Reset. Setelah mas bro melakukan reset ulang, maka Oppo mas bro akan kembali seperti baru lagi. Reset juga bermanfaat sebagai  salah satu cara membuat Oppo tidak lemot alias menjadi lebih ngebut. Namun mas bro harus ingat bahwa sebelum melakukan reset, backup dulu semua data penting yang ada di memori telepon Oppo mas bro karena saat reset semuanya akan hilang.
 
8) Flash HP Oppo Mas bro
Apabila sinyal hilang karena firmware mas bro yang bermasalah akibat update OS terbaru, maka mas bro harus melakukan flash ulang. Cara flash Oppo yakni dengan melakukan unduh terlebih dulu firmware yang sesuai dengan tipe Oppo tersebut yang telah disediakan oleh vendor aslinya. Firmware dapat mas bro dapatkan di website resmi pembuat Oppo itu.
 
9) Ganti Hardware Oppo Mas bro
Jika Oppo mas bro pernah jatuh lalu kemudian sudah mas bro reset dan flash tetapi masih saja tidak ada sinyal, itu berarti hardware pada Oppo mas bro mengalami kerusakan. Solusinya adalah dengan membawa Oppo mas bro ke teknisi device terdekat yang mas bro kenal sehingga mas bro mendapat harga murah ketika mengganti hardware Oppo yang rusak itu.
 
10) Pakai Antena Penguat Sinyal
Solusi paling terakhir yakni menggunakan antena penguat sinyal Oppo yakni sebuah antena eskternal yang diletakkan di atap rumah kemudian dihubungkan dengan kabel yang panjangnya menyesuikan. Kemudian sambungkan ke HP Oppo mas bro menggunakan pigtail. Saya sendiri juga menggunakan cara ini karena saya tinggal di Kampung (Desa Mulyasari daerah Way kanan, Lampung) sehingga sulit sekali terjangkau sinyal. Mas bro dapat membeli antena tersebut di toko-toko online sangat banyak yang menjual, seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan sebagainya.

 
Lihat Yang Anda Cari: 

Post a Comment for "Cara Mengatasi Sinyal HP Oppo Hilang Tiba-Tiba"