Sunday, 24 June 2018

Cara Memperbaiki Android Bootloop File System Rusak

Mungkin akan lebih ringan masalah errornya jika error atau bootloop yang terjadi bukan karena error atau kesalahan system melainkan kesalahan konfigurasinya saja. Kalau hanya kesalahan konfigurasinya kita tinggal wipe aja melalu recovery atau CWM Recovery pasti akan terselesaikan karena hanya konfigurasinya, Tapi lain ceritanya jika error pada file system itu tidak akan teratasi dengan wipe.
Cara yang paling gampang adalah untuk memperbaiki masalah error ini yaitu install ulang ROM. Masalahnya akan sedikit rumit karena selain aplikasi, sms, contact dan lain-lain akan hilang, cara flashing ROM Android memang sedikit membingungkan bagi kita yang awam. Apalagi jika Device kita adalah lokal seperti Cross,Mito dan lainnya karena sangat sulit mendapatkan firmwarenya.
Nah untuk kerusakan file system dengan cara  wipe tidak akan menyelesaikan masalah error ini.  Tapi akan ada beberapa persoalan yang muncul diantaranya seperti dibawah ini :
  1. Semua data akan hilang seperti kontak, sms, konfigurasi dan aplikasi. 
  2. Android anda akan membengkak karena file system bertambah yang ada didalam ROM.
  3. Prosesnya sangat tidak efisien dikarenakan prinsipnya menumpuk, kesalahan-kesalahan system yang sekarang dengan ROM baru. Jadi bila build.prop nya saja yang bermasalah, dengan menginstall ROM baru maka semuanya kan regenerasi ulang (tidak hanya build.prop)
Kita coba pakai Simple Flashable Restore V1 :
Simpe Flashble Restore V1 adalah flashable zip yang berguna untuk memudahkan restorasi file system.  Cara kerjanya tinggal kita lash saja seperti biasa lewat CWM Recovery dengan instruksi dibawah ini.
Langkah-langkah Menggunakannya :

  1. Sebelumnya anda harus mempersiapkan sebuah file yagn masih fres atau tidak rusak. Bila anda memiliki file backupnya itu kita bisa gunakan. Atau jika costum ROM yang digunakan maka pakailah itu akan lebih mudah, tinggal ambil freamwork-res.apk dari instalan costum ROM tersebut kemudian copy.
  2. Download Simple Flashable Restore V1 (cari di google)
  3. Ekstrak semua isinya (folder META-INF dan system) kedalam kompi lalu buka folder systemnya.
  4. Didalam folder system akan ada bnya folder, selanjuntnya masukan file yagn akan inject sesuai dengan tempatnya. kalau file apliasi di folder app, atau freamwork-res.apk ke folder freamwork sesuaikan saja dengan yang anda.
  5. Sekarang jadikan zip keduanya (META-INF dan system) memakai Winrar atau 7Zip atau aplikasi lainnya.
  6. Terakhir anda eksekusi menggunakan CWM Recovery seperti biasa. DONE
Nah gitu caranya, jadi jangan khawatir bila anda salah mengedit suatu file didalam system. tinggal inject lagi mengunakan Simple Flashable Restore V1 maka semuanya akan kembali aman. Saran saya sebelum anda melakukan editing sebaiknya anda harus mempunyai backupnya dulu. Terima Kasih



Baca Yang Anda Butuhkan:


EmoticonEmoticon