5 Cara Cek VGA Laptop Dengan Mudah

Cara Cek VGA Laptop – VGA adalah perangkat yang sangat penting dalam pengoperasian komputer, baik itu komputer desktop, laptop maupun notebook. Bahkan spesifikasi VGA pun menjadi pertimbangan yang utama ketika akan membeli laptop.
Biasanya kita akan mempertimbangkan kualitas kinerja laptop dari beberapa hal seperti processor, VGA dan RAM, namun bagi para desainer grafis, photo editor, video editor, dan sebagainya tentu akan lebih mempertimbangkan VGA yang berkualitas.
Lalu, bagaimana jika ternyata VGA pada laptop yang kita memiliki tidak bekerja secara optimal karena drivernya masih belum terinstall atau belum terupdate. Mengecek VGA laptop akan berguna dalam mencari driver yang sesuai, berikut adalah Cara Cek VGA Laptop :
Konten

Cara Cek VGA Laptop

1. Melihat Stiker Yang Ada di Laptop

Laptop biasanya memiliki stiker di bagian tertentu yang menunjukkan spesifikasi lengkap dari laptop tersebut, seperti ukuran RAM, Hard Disk, dimensi Layar LCD atau LED, processor, dan informasi yang lainnya termasuk juga VGA. Namun jika stiker laptop tidak menampilkan spesifikasi VGA, atau mungkin stikernya sudah rusak dan lepas sehingga informasi spesifikasi VGA tidak bisa dilihat. Maka kita akan menggunakan cara yang lain, yaitu melihatnya pada BIOS

2. Cek Cek VGA Laptop di BIOS

BIOS atau Basic Input Output System adalah salah satu memory di PC yang bersifat read-only atau hanya dapat dibaca saja. Didalamnya ada berbagai macam informasi, salah satunya yaitu spesifikasi yang ada di PC laptop. Di BIOS kita bisa melihat spesifikasi dari VGA, tapi spesifikasi yang ditampilkan di BIOS ini terbatas.

3. Cek VGA di Device Manager

Device Manager adalah perangkat lunak bawaan Windows untuk mengelola perangkat keras di PC laptop. Di Device Manager tersebut kita bisa melihat informasi spesifikasi laptop termasuk juga VGA.

4. Cek VGA di DirectX Diagnostic Tool

DirectX Diagnostic Tool adalah software bawaan windows yang dapat menampilkan informasi tentang DirectX dan Driver yang terinstall di PC laptop. Untuk membuka software ini caranya yaitu buka RUN dengan menekan tombol Windows + R, kemudian tulis dxdiag dan tekan ENTER, klik Yes jika muncul jendela windows.

5. Cek VGA Menggunakan Software CPU-Z

Software ini adalah software yang populer untuk menampilkan informasi secara rinci tentang perangkat keras utama di laptop, seperti Motherboard, Chipset, BIOS, Processor, Memory, dan juga VGA.



Baca Yang Anda Butuhkan:

Post a Comment for "5 Cara Cek VGA Laptop Dengan Mudah"