6 Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri Paling Efektif

Seperti yang kita tahu komputer adalah sebuah alat yang digunakan tuk mengolah data. Dengan komputer pekerjaan yang sulit sekalipun seperti perhitungan manual akan sangat mudah dan cepat bila dikerjakan menggunakan komputer. Meski demikian, masalah atau error yang terjadi pada PC/Laptop ini sangat beragam yang disebabkan oleh kerusakan hardware maupun software.  Misalnya keruskan pada hardware seperti : Ram, Hardisk dan Vga bermasalah dan sofware seperti : virus, malware dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri

  1. Penyebab pertama adalah masalah pada Processor yang mengalami Overheat Akibat dari pemasangan yang kurang pas : cara mengatasinya, adalah mengecek ulang pemasangan beserta fan pendingin apakah terpasang dengan benar atau tidak. Oh iya, jika pasta termal mengering saya sarankan untuk mengolesi pasta termal pada permukaan chip. 
  2. Penyebab berikutnya adalah tidak stabilnya daya yang dialrikan oleh power supply : atasi dengan mengganti power supply yang rusak dengan power supply yang masih normal. Jika anda punya 2 pc anda dapat mencoba memasang power supply yang masih normal ke komputer yang bermasalah.
  3. RAM (Random Access Memory) yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab komputer sering restart sendiri. Anda bongkar komputer, kemudian lepas kartu memory RAM lalu bersihkan pin warna kuning menggunakan kapas atau penghapus karet.
  4. Bad sactor hardisk : masalah ini aka ditandai dengan layar bluescreen atau layar yang berwarna biru. Bad sactor merupakan sebuah tanda bahwa ada keruskan pada bagian tertentu yang tidak dapat berfungsi. dalam masalah ini anda dapat menggunakan  Tools Defragment Hardisk.
  5. VGA Card overheat : Sama seperti processor jika mengalami overheat maka dapat memicu komputer untuk melakukan restart sendiri cara mengatasinya silahkan anda mengeceknya apakah kabel terpasang dengan baik atau tidak dan jika terdapat banyak tebu yang menempel silahkan anda bersihkan.
  6.  Jika muncul sebuah pesan "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart" pada layar komputer anda. 
 Demikianlah penyebab komputer sering restart sendiri dan cara mengatasi. Jika ada petanyaan yang ingin disampaikan silahkan melalui komentar yang tersedia. Semoga bermanfaat.


Baca Yang Anda Butuhkan:

Post a Comment for "6 Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri Paling Efektif"