Thursday, 21 June 2018

Cara Jitu Jika Komputer tidak bisa masuk Windows

Kenapa  ngga bisa masuk Windows ? Kenapa gagal booting windows ya ?
Bingung kan kalo masalah ini terjadi pada anda, oke mari kita indentifikasi terlebih dahulu apa yang dapat menyebabkan masalah ini muncul..
Karena kalau kita tidak tahu akar masalahnya apa dan dimana, kita akan mengalami kesulitan untuk memcahkan masalah ini..
Dari beberapa sumber yang saya baca dan pengalaman saya juga, faktor atau penyebabnya saya simpulkan menjadi poin-poin berikut ini :
  1. System Operasi Windows ada file yang secara tidak sengaja terhapus.
  2. Ada Virus,Spyware atau Trojan yang ikutan loading ketika komputer start-up, atau activator windows yang tidak sesuai.
  3. Ada File(Driver) yang rusak dan ketika dibaca oleh Windows gagal.
  4. Ada kerusakan pada Hardware terutama pada Memory komputer atau Harddisk.
  5. System Operasi Windows rusak atau belum selesai diinstalasi.
  6. Kesalahan pada saat Windows Update.
  7. Ada setting BIOS yang disetting tidak benar atau baru dirubah.
  8. Salah mengedit komponen registri pada regedit.exe 
Metode 1 untuk anda coba :
1. Startup dengan menggunakan metode ’safe mode’ (tekan F5 ketika komputer pertama kali mau masuk ke Windows, lalu pilih ’safe mode’). Kalau komputer berhasil masuk ke Windows berarti ada ‘loading’ yang tidak bisa dibaca oleh Windows secara benar. Matikan ‘loading’ tersebut dengan menggunakan perintah ‘msconfig’ pada bagian startup (panggilnya di start > run > msconfig).
2. Kalau komputer tidak bisa masuk ke Windows, cara termudah adalah repair Windows. Caranya adalah masukkan CD instalasi Windows, terus ubah BIOS untuk startup lewat CD/DVD-ROM, setelah instalasi masuk ke bagian install Windows, pilihan opsi repair Windows. Kamu bisa menginstall ulang Windows ke folder baru atau menformat harddisk bila ternyata repair Windows gagal.
3. Pastikan dahulu kamu tidak ada mengubah setting BIOS sebelumnya, kalau ada kamu sebaiknya mengembalikannya seperti semula, kalau lupa sebaiknya pilih opsi ‘Loading BIOS default’.
Bila langkah-langkah di atas gagal semua, kemungkinan ada kerusakan pada hardware kamu. Kerusakan pada umumnya terletak pada memori dan harddisk. VGA dan mainboard mungkin juga bisa rusak, tapi kemungkinannya sangat kecil. (untuku[dot]com)
 Metode 2 untukanda coba:
Tidak hanya CD/DVD, jika anda mempunyai installer di flashdisk, itu juga bisa digunakan.Agar windows anda dapat berjalan dengan normal dan tidak looping terus dapat mengikuti cara berikut :
  1. Hidupkan komputer atau laptop anda.
  2. Pada saat muncul tampilan BIOS, tekan F12 atau F2 untuk merubah setting Booting. Tampilan BIOS contohnya adalah merk Processor dan Motherboard anda seperti ASUS,Toshiba,HP, dll.
  3. Masukkan CD/DVD Master Windows 7 / Vista / XP anda.
  4. Kemudian pada panel BIOS, pilih BIOS Configuration untuk mengubah First Boot menjadi ke CD/DVD. Sedangkan jika anda menggunakan flashdisk yang berisi OS Windows ubah First Boot menjadi USB.
  5. Ganti First Bootnya dari Harddisk ( SATA ), menjadi CD /DVD dengan cara tekan enter lalu pilih. Atau gunakan F5 untuk menurunkan posisinya.
  6. Setelah itu, tekan F10 untuk melakukan SAVE. Restart komputer anda, biasanya otomatis.
  7. Setelah di restart akan muncul tulisan ' Press Any Key From Boot to CD/DVD . . . Tekanlah tombol apapun pada keyboard anda, contoh tanda panah atas bawah kanan kiri.
  8. Maka akan masuk ke installer Windows, lalu pilih Repair Your Computer.
  9. Tunggu beberapa saat, karena komputer akan melakukan cek sistem terlebih dahulu. Click Next.
  10. Selanjutnya akan muncul jendela task yang memiliki 5 pilihan bagi anda. Anda dapat mencobanya satu persatu dari atas kecuali opsi Windows Memory Diagnostics.
    Note : Pilih Startup Repair jika Windows anda masih normal. Jika Anda pernah melakukan backup silahkan pilih System Restore. Jika anda pernah melakukan restore point image, pilih System Image Recovery. Jika tidak keduanya pilih opsi Command Prompt. 
    Untuk opsi terakhir yaitu menggunakan Command Prompt maka akan muncul kotak berwarna hitam seperti cmd / dos. Jangan takut terhadap tampilan ini, karena masalah diatas akan segera selesai.
    Ketik DIR C:
    Ini untuk memanggil semua data yang ada pada Local Disk C khususnya sistem agar dapat diakses dan diperbaiki.
  11. Ketiklah salah satu opsi di bawah ini, mulailah dari yang paling atas terlebih dahulu. Lalu tekan ENTER. Jadi ketiknya satu persatu tidak sekaligus.
    bootsect.exe/nt60 c:bootsect.exe/nt60 all
    bootrec /fixmbr
    bootrec /fixboot
    bootsect /nt60 all /force /mbr
    Jika anda telah menemukan tulisan 'The operation completed succesfully' silahkan restart komputer. Jangan menulis semua perintah eksekusi diatas.
    Contoh hasil pengembalian boot sector ke default :



Baca Yang Anda Butuhkan:


EmoticonEmoticon