Sunday, 20 May 2018

Cara Mengambil Banyak Gambar Dari Dokumen Ms Word

Terkadang untuk kepentingan tertentu kita harus mengambil foto atau gambar yang ada dalam sebuah dokumen di Microsoft word. Mungkin terdengar sebagai suatu hal yang sepele, tapi untuk mendapatkan gambar dari file ms word biasanya memakan banyak waktu jika dilakukan satu persatu.

Untuk mengambil gambar dari dokumen, banyak cara dapat dilakukan. Bagaimana dengan anda? Mungkin anda menyalin kemudian menempel gambar tersebut ke clipboard menggunakan Ms paint, Adobe Photoshop, Photoscape, atau aplikasi foto editor lainnya? Cara tersebut bisa digunakan, tapi tidak pas jika digunakan untuk mengambil banyak gambar dari sebuah dokumen berupa Microsoft word.
Copy paste gambar di ms word akan membuat anda bekerja berulang-ulang jika foto berjumlah banyak. Nah, ada tips menyimpan gambar di Microsoft word yang dapat anda lakukan tanpa aplikasi tertentu.
Jika menggunakan software, anda dapat menggunakan 7-zip. Caranya dengan klik kanan pada file yang memuat gambar, gulir kursor pada 7-Zip kemudian pilih Extract to "Nama dokumen anda".
Setelah proses ekstract selesai, akan menghasilkan folder baru dengan nama file persis dengan judul dokumen anda.
Untuk mencari file jpg yang tersimpan, silahkan buka folder tadi. Double klik pada folder word kemudian silahkan buka media. File gambar terdapat di dalam folder media ini. Jika terdapat lebih dari satu file, maka akan memiliki nama yang urut.
Cara mengambil gambar yang lebih mudah adalah menggunakan format web page. Dengan cara ini kita tidak perlu menggunakan software ataupun aplikasi ekstraksi dokumen apapun.
Trik ambil gambar dari dokumen word

Caranya, cukup dengan menyimpan file microsoft word tersebut dengan format web page. Dengan cara ini, maka file-file gambar dengan ekstensi jpg ataupun Jpeg akan tersimpan secara otomatis dalam sebuah folder baru, tanpa copas satu persatu.

Cara Mengambil Banyak Gambar di Ms Word Dalam Sekali Langkah


  • Pertama, buka file dok yang memuat gambar-gambar yang akan diambil.
  • Klik pada office button (logo office di bagian pojok atas), kemudian sorot pada save as. Pada bagian kanan akan muncul opsi "Save a copy of the document". Di sana ada beberapa pilihan seperti word document (untuk menyimpan file dalam format default), word template (menyimpan dokumen untuk dapat digunakan sebagai template), format Pdf, dan other formats. Nah, silahkan pilih opsi terakhir.
  • Anda dapat menentukan dimana folder untuk menyimpan file berisi gambar tersebut.
  • Pada "Save as type" (kolom paling bawah), silahkan pilih web page.
  • Selanjutnya, klik save.
  • Anda dapat membuka file yang telah diekstrak termasuk gambar di dalamnya, di folder yang sudah anda tentukan tadi.
  • Akan ada sub folder berisi foto atau gambar yang sudah memiliki ekstensi jpg atau Jpeg.
  • Selesai. Silahkan ambil foto yang anda butuhkan. Untuk ukuran dan kualitas gambar tidak mengalami perubahan.

Nah, itulah cara mengambil banyak gambar dari dokumen ms word dalam sekali langkah. Masih bingung untuk menerapkan langkah-langkah di atas? Tulis saja komentar anda di kolom yang sudah disediakan di bawah ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar Microsoft word.




Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon