Sunday, 20 May 2018

Cara Urutkan Daftar Nama Berdasar Abjad di Microsoft Word

Menyusun data secara urut berdasar abjad sering dilakukan untuk memudahkan kita dalam mencari nama dengan cepat. Langsung menuju huruf depan dari nama yang dimaksud, maka data pun ditemukan.
Terutama bagi anda yang hampir selalu berurusan dengan tugas yang berkaitan dengan direktori maupun daftar. Atau untuk kebutuhan lain, seperti untuk mengurutkan daftar nama yang diinput secara acak. Absensi pada umumnya dibuat berdasar nama depan, untuk itulah kita harus membuatnya secara urut.
Data yang tersusun secara acak hanya akan menghabiskan waktu anda, ketika anda ingin melakukan proses pencarian. Microsoft word sebagai pengolah kata menyediakan fitur untuk memudahkan tugas anda. Fungsi ascending dan descending sangat membantu dalam membuat data yang urut.

Cara mengurutkan data di ms word tidaklah jauh bedanya dibandingkan microsoft office excell. Nah, untuk mengurutkan data berdasarkan alfabet dengan cepat di microsoft word, terapkan langkah-langkah di bawah ini:Cara pertama
Cara ini dapat diterapkan pada Microsoft Word 2007, 2010, dan 2013
  1. Buka dokumen berisi daftar kata atau nama yang akan diurutkan. Pastikan tiap baris berisi satu nama saja.
  2. Sorot atau blok daftar nama tersebut. Jika dokumen hanya terdiri dari daftar kata, tidak ada kata lainnya. Maka anda tidak perlu memblok daftar tersebut.
  3. Pastikan anda berada di menu home. Pada grup paragraph, klik ikon AZ bertanda panah ke bawah (tombol sort). Kotak dialog "Sort text" secara otomatis akan muncul.
  4. Ada 2 pilihan, yaitu Ascending atau Descending. Ascending merupakan fungsi untuk mengurutkan daftar berdasar abjad dari awal. Sedangkan Descending akan mengurutkan daftar dari alphabet akhir (kebalikan dari descending).

Cara Urutkan Daftar Nama Berdasar Abjad di Microsoft Word

Keterangan tambahanAnda juga dapat menyusun urutan berdasar nama belakang. Pada dialog sort text, klik tombol options. Pada sort options, pilih other pada “Separate fields by”, kemudian tekan spasi pada keyboard di komputer. Tekan Ok, untuk mengonfirmasi sort options. Pada menu sort by, tekan Ok untuk menutupnya.
Cara kedua
Cara ini hanya berlaku bagi anda yang masih menggunakan Microsoft Word 2003 atau sebelumnya.
  1. Buka dokumen yang akan diedit, sehingga daftar nama menjadi urut. Anda juga dapat menyalin daftar acak dan menempel pada lembar kerja baru.
  2. Sorot pada daftar nama saja, kecuali dokumen hanya berisi daftar nama tanpa tulisan lain.
  3. Pilih menu table, kemudian klik pada sort. Maka dialog sort text akan terbuka.
  4. Urutan default adalah berdasar paragraf. Pilih descending, jika anda ingin mengurutkan daftar nama dimulai dari abjad paling belakang.
  5. Untuk membuat urutan berdasar nama belakang, klik pada tombol options pada dialog Sort Text. Pilih other dan isi dengan spasi pada bagian "Separate fields by". Konfirmasi dengan klik ok dan pilih word 2 di menu Sort By. Terakhir, klik Ok untuk membuat daftar nama menjadi urut.

Terkadang untuk melihat semua opsi pada sebuah menu di Microsoft word, kita harus meng-klik tanda panah.
Ms Word dapat digunakan untuk mengurutkan daftar kata berdasar alphabet, kemudian anda dapat menyalin dan menempel di program pengolah kata yang lain.



Mungkin Yang Anda Cari:



EmoticonEmoticon