Sunday, 20 May 2018

Cara Print Berwarna Hitam-Putih di Microsoft Word

Tidak semua dokumen harus dicetak dengan warna – warni. Untuk kepentingan tertentu, kita justru diharuskan mencetak dokumen dengan tinta warna hitam saja. Sebenarnya situasi seperti ini malahan menguntungkan bagi kita. Nah, kok? Tentu saja, tinta warna hitam sangat jarang digunakan. Itulah kenapa warna hitam selalu tersisa banyak, di saat warna lain sudah habis tak tersisa!
Tinta berwarna harganya relatif lebih mahal dibandingkan tinta hitam. Dengan mencetak lembar kerja selalu menggunakan tinta warna, pastinya akan berdampak borosnya biaya yang kita keluarkan.
Itung punya itung, harga tinta berwarna lebih tinggi daripada harga kertas yang digunakan untuk mencetak. Bagi para mahasiswa tentunya sangat mengerti masalah ini. Biaya yang harus mereka keluarkan untuk membuat tugas kuliah, makalah, dan skripsi. Ah, alangkah banyaknya. Mengingat dana yang harus dikeluarkan untuk keperluan lain, seperti biaya sewa kos, uang makan, uang jajan, dsb.
Solusi untuk menekan biaya pengeluaran salah satunya dengan mencetak dokumen menggunakan warna hitam putih. Dengan cara ini setidaknya anda dapat mencegah pembengkakan dana yang harus dikeluarkan tiap bulannya.

Baiklah, saya anggap anda sudah cukup mengerti dengan alasan kenapa harus mencetak tulisan menggunakan warna hitam saja. Jadi, bagaimana langkah – langkahnya?Untuk beberapa merk printer, kita tidak perlu mengubah pengaturan bawaan. Langkah – langkahnya mudah saja, ikuti seperti berikut ini:
  1. Pertama, buka lembar kerja ms word yang telah dibuat dan akan dicetak.
  2. Selanjutnya, tekan Ctrl + P pada keyboard anda. Di sana anda dapat melihat settingan printer.
  3. Anda dapat mengubah setelan pada opsi yang disediakan, seperti ukuran kertas, jumlah salinan, dan warna print. Jadi anda dapat memilih hitam putih.

Sedangkan pada printer Canon ada sedikit perbedaaan, untuk mendapatkan cetakan dalam warna hitam putih. Langkah – langkah pengaturannya seperti berikut ini:

  1. Pertama buka printer properties.
  2. Klik pada tab Main, beri centang pada Grayscale printing untuk mencetak dokumen dalam warna hitam - putih.
  3. Selanjutnya, pilih Ok.

Cetak hitam putih menggunakan Printer

Nah, itulah cara mencetak dokumen dengan warna hitam putih di Microsoft word. Mungkin untuk tiap jenis printer yang digunakan akan terdapat sedikit perbedaan dalam pengaturannya. Namun, pada dasarnya sama saja.
Selalu ada opsi yang dapat anda pilih, seperti grayscale ataupun black and white. Pilihlah opsi ini, untuk mendapatkan cetakan berwarna hitam putih. Jika tidak ditemukan, mungkin namanya sedikit beda. Tapi anda dapat memprediksi bahwa maksudnya adalah opsi hitam putih.

Setelah pilihan telh ditentukan, jangan lupa untuk klik Ok dan print.
Jika setting benar, maka printer akan mencetak dokumen dengan warna hitam putih. Jika cetakan masih berwarna – warna, silahkan cek lagi setelan pada menu printing.


Mungkin Yang Anda Cari:



EmoticonEmoticon