Sunday, 20 May 2018

Cara Pintar Menulis Huruf Arab dan Harakatnya di Ms Word

Mengetik tulisan dalam bahasa arab pada Microsoft word, mungkinkah? Mengingat huruf Arabic tidak terdapat pada keyboard komputer ataupun laptop anda. Selain itu, penulisan dalam bahas arab dimulai dari kanan. Eits, jangan pesimis dulu! Anda dapat saja menulis menggunakan teks arab di ms word, asalkan tahu caranya.
Tutorial menulis huruf Arab ini berlaku untuk microsoft word 2003, 2007 dan 2013. Tidak masalah, bagi anda yang menggunakan XP, Windows 7, ataupun vista. Kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menulis arab beserta harakat menggunakan ms word.
Pertama, unduh Font Board Arabic (Font keyboard Arabic ASDF Eastern). Ukuran file: 293 Kb. Silahkan Googling, banyak tersedia gratis di sana.
Sebenarnya sampai di sini, anda sudah dapat menulis huruf arab pada lembar kerja baru di ms word. Tapi tanpa font keyboard, susunan huruf tidaklah sesuai. Misalnya anda mengetik huruf A, maka yang muncul adalah huruf ش. Dengan menggunakan keyboard Arabic ASDF Eastern, susunan akan sesuai seperti huruf A=ا, K = كَ , M = م dan seterusnya.
Kedua, install font board Arabic di laptop atau komputer anda. Jangan restart, saat ada konfirmasi setelah pemasangan font board.
Ketiga, setting keyboard masukan bahasa
Setting keyboard ini berlaku untuk windows 7, sedangkan bagi anda pengguna XP atau windows 8 silahkan menyesuaikan. Caranya tidak jauh berbeda.
Klik tombol start, control panel, kemudian pilih "Change keyboard or other input methods".
Selanjutnya, klik Change Keyboard lalu Add. Gulir pointer ke bawah dan pilih Arabic. Beri ceklish pada box Arabic ASDF Eastern, kemudian klik Ok.
Klik pada tab language bar, kemudian pilih Docket in the taskbar, Show text labels, dan Apply . Akhiri dengan klik Ok.
Atur bahasa keyboard pada taskbar di pojok kanan paling bawah, pastikan bahasa arab yang terpilih.
Anda dapat melihat panduan pada On Screen keyboard. Start, All program, Accessories, Ease of acces, kemudian On Screen keyboard.
Menggunakan Tombol Shortcut keyboard untuk mengetikkan harakat arab.
Untuk menambahkan harakat, ketik huruf arab yang dimaksud. Penambahan harus dilakukan satu persatu pada huruf tersebut. Berikut ini shortcut untuk membubuhkan harakat pada huruf arab:
Shift+Y = alif maksura and Shift+F = Farsi yeh.
Alt (kanan) +Ctrl+A = Fathah

Alt (kanan) +Ctrl+U = Dammah
Alt (kanan) +Ctrl+I = Kasrah
Alt (kanan) +Ctrl+S = Tasydid
Alt (kanan) +Ctrl+O = Sukun 
Alt (kanan) +Ctrl+ Q = Fathah tan
Alt (kanan) +Ctrl+ W = Dammah tan
Alt (kanan) +Ctrl+ E = Kasrah tan
Alt (kanan) +Ctrl+ T = Tatweel
Berikut ini tanda baca arab lainnya :
Alt (kanan) +Ctrl+/ = Tanda tanya versi inggris

Alt (kanan) +Ctrl+\ = Backslash

Alt (kanan) +Ctrl+, = Koma versi inggirs

Alt (kanan) +Ctrl+; = Ikon Smile inggris

Shift+N = Tanda strip pendek

Shift+6 = Tanda koma versi arab

Shift+M = Tanda strip panjang

Shift+W = Single quote kanan

Shift+Q =  Single quote kiri

Shift+R = Double quote kanan

Shift+E = Double quote kiri
Nah, demikianlah cara menulis arab bersama harakat-nya menggunakan Microsoft word. Selamat mencoba merangkan huruf-huruf Arabic sehingga membentuk tulisan arab menggunakan pengolah kata yang menjadi andalan anda, ms word. Makin sering anda menggunakan font Arabic, makin mahir tentunya.



Mungkin Yang Anda Cari:



EmoticonEmoticon