Sunday, 20 May 2018

2 Cara Mengatur Posisi Tanda Tangan Di Microsoft Word

Tanda tangan menjadi sesuatu yang penting dalam sebuah proposal ataupun surat-menyurat. Anda pun dapat membuat tulisan dengan Microsoft word, dimana tercantum tanda tangan di akhir tulisan tersebut. Masalah yang sering ditanyakan oleh pengguna, bagaimana cara mengatur posisi tanda tangan di Microsoft word?
Pada kesempatan ini, saya akan mengulas tentang cara mengatur letak tanda tangan yang sesuai dan bagus. Namun, sebelum membahas caranya, tidak salah untuk mengetahui apa sebenarnya fungsi tanda tangan pada sebuah proposal atau dokumen penting lainnya?
Tanda tangan berfungsi untuk pengesahan dari isi tulisan di dalam dokumen. Adanya tanda tangan menguatkan kebenaran dari pernyataan yang disebutkan dalam surat atau proposal yang tertera di dalamnya. Tanpa tanda tangan, maka surat tidak memiliki identifikasi yang jelas.
Kolom tanda tangan biasanya disiapkan untuk pembubuhan atau peneraan tanda tangan ketua, pimpinan, atau orang yang bertanggung jawab terhadap isi surat tersebut.

Pembubuhan tanda tangan ternyata memiliki arti penting untuk absah tidaknya sebuah surat. Kembali kepada permasalahan terkait tanda tangan. Bagaimana mengatur posisi kolom tanda tangan pada dokumen menggunakan Microsoft word? Ada 2 cara yang dapat anda lakukan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Cara pertama
Untuk menambahkan tanda tangan ke dalam surat menggunakan Microsoft word, langkah pertama tentu saja anda harus menuliskan isi surat terlebih dahulu.
Setelah isi surat dibuat, selanjutnya buatlah kolom tanda tangan. Tulis nama ketua, atau orang yang ada sangkut pautnya dengan surat tersebut.
Misalnya saja:
Tertanda tangan di bawah ini
Pembuat proposal

Om Mukidi, Mpd
Tanda tangan Mukidi ini harus ditaruh di sebelah kanan paling bawah. Pasalnya, bagaimana supaya kolom tanda tangan terletak pada posisi yang tepat?
Caranya, buatlah satu tabel pada lembar kerja atau dokumen yang anda buat. Silahkan pilih insert - table - kemudian pilih 1 table. Lihat contoh seperti di bawah ini:
Masukkan tabel dalam lembar kerja microsoft word

Setelah kolom baru dibuat, pindahkan tulisan tertanda tangan oleh mukidi ke dalam table tadi. Caranya, potong (cut) kemudian tempel (paste) ke dalam kolom kosong tadi.
2 Cara Menaruh Tanda Tangan Di Microsoft Word

Setelah tulisan (teks) berada dalam table, anda dapat menghilangkan garis luar (outline table) dengan memilih no border. Caranya, klik menu page Layout - page border - pilih no border. Anda dapat mengatur posisi tanda tangan, sehingga letaknya tepat.



Cara keduaMengatur posisi tanda tangan pada Microsoft word dapat juga dilakukan dengan mengeser batas margin. Ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:
Langkah pertama sama dengan cara di atas, buatlah isi surat termasuk teks pada kolom tanda tangan. Blok pada teks yang mencantumkan nama penanda tangan dan tulisan di atasnya. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh di bawah ini:
Geser (drag) pada margin berwarna biru ke kanan, sehingga posisi tanda tangan terletak pada area yang tepat.


Sampai di sini, anda berhasil dalam mengatur posisi tanda tangan menggunakan Microsoft word. Sangat mudah, bukan? Anda dapat membandingkan hasil dari kedua cara tersebut. Sebenarnya sama saja, bedanya pada langkah-langkahnya. Jadi, tergantung kepada anda menilai cara mana yang paling sederhana.
Nah, itulah cara mengatur posisi tanda tangan yang tepat di lembar kerja. Silahkan pilih salah satu cara yang paling mudah menurut anda. Semoga tutorial sederhana ini membantu anda yang sedang belajar Microsoft office. Bagikan artikel ini supaya orang lain juga dapat menerapkan cara yang telah dibahas. Selamat belajar menggunakan Microsoft office sampai mahir. 



Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon