Monday, 11 June 2018

Contoh Pidato Sambutan Pada Hari Raya Idul Fitri




Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

CONTOH PIDATO SAMBUTAN PADA HARI RAYA IDUL FITRI

Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarakaatuh.
Para jamaah yang di mulyakan Alloh.
Pada suasan padi yang begitu cerah ini,marilah kita bersyukur kepada Alloh SWT.atas karunia dan rahmat-Nya hangga kita saat yeng fitri ini masih dalam keadaan sehat wal afiat.Dan marilah kita membaca takbir dan tahmid saat-saat yang penuh kesucian ini.Dan bagi kita sebagai hamba Alloh yang beriman,kini telah selesai menunaikan ibadah puasa ramadhan selama sebulan penuh.Dan sekarang tibalah waktunya merayakan kemenangan itu,yaitu merayakan hari raya fitri.Dan hari ini adalah merupakan hari kemenangan,kebahagiaan bagi umat islam di seluruh dunia,setelah berpuasa ramadhan,dengan mengejakan ibadah tersebut berarti kta telah terdidik pada ketaatan dan penuh kedisiplinan.Dan selama bulan ramadhan kita telah di uji dan di latih,baik secara jasmani ataupun rahani.Sebagai hamba Alloh yang beriman kita hendaknya berupaya senantiasa agar jangan sampai menjadi orang yang murtad.Untuk mengetahui lebih jelas marilah kita simak pirman Alloh berikut ini,yaitu:

Hai orang-orang yang beriman,baranng siapa yang murtad dan menyeleweng dari agamanya.Tuhan akan mendatangkan dan mengganti dengan kaum yang d cintainya dan merekapun cinta kepada tuhan,yang bersikap lemah lembut terhadap orang-orang yang ingkar.Mereka berjuang di jalan Alloh,dan tidak takut memperoleh penghinaan.Demikianlan karu nia tuhan,di anugrahkan kepada orang-orang yang di kehendaki-Nya.Dan Alloh itu Pelapang dan Maha Mengetahui.-

Para jama’ah yang berbahagia.
Demikianlah pirman Alloh yang berkaitan dengan lulusnya ujian yang di berikan kepada kita selama kita mendapat kenikmatan,bersyukur ataukah kufur,kalau kita bersyukur dengan nikmat yang telah diberikannya tadi maka,kita akan menggunakannya untuk beribadah. Dan manakalah kita dengan nikmat yang selama ini kita terima maka kita gunakan untuk hal-hal yang sia-sia yang tidak bermanfaat, maka kita tergolong yang kufur nikmat.
Akhirnya demikian uraian pidato ini, semoga bermanfaat. 

Akhirul kalam, Wassalamu’alikun warahmatullahi wabaraakatuh.



Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon