Monday, 11 June 2018

Contoh Pidato Peringatan Nuzulul Qur’an


Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


CONTOH PIDATO PERINGATAN NUZULUL QUR’AN

Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarakaatuh.
Hadirin yang di mulyakan Alloh.
Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Alloh SWT.Atas karunia-rahmat dan hidayah-Nya,hingga kita sekalian dapat berkumpul kembali pada saat pengajiarin ini yang dalam keadaan sehat wal afiat.Mudah-mudahan atas kehadiran kita alam ini meraih ridho dari-Nya.Amiin yarobbal alamiin.

Tak lupa sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad Saw.dimana beliaulah yang telah membimbinh umat manusia dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang dengan membawa misinya agama islam.Semoga kita ini tertolong umatnya yang setia.

Hadirin sekalian yang berbahagia.
Adalah Al-Qur’an yang merupakan mukjizat Nabi Muhammad Saw.yang terbasar dan di samping dia sebagai mukjizat juga merupakan bacaan umat manusia sekali gus pentunjuk dan pedoman hidup dunia dan akhirat.Barang siapa yang hidup di dunia au membaca dan mengamalkannya,maka baginya akan meraih petunjuk dan meraih pahala dari Alloh dekaligus meraih ketenangan.Oleh karenanya marilah kita selalu membiasakan diri membaca serta mau berupaya mengamalkan apa yang terdapa dalam Al-Qur’an itu hingga kita nantinya akan meraih berbagai macam kebahagiaan an ketenangan dalam hidup ,baik di dunia lebih-lebih di akhitar nanti.

Saudara ku sekalian yang berbahagia.
Dan bahkan dalam sebuah hadist nabi Saw.juga telah bersabda yang artinya:Al-Qur’an itu adalah merupakan penolongyang dapat memberikan pertolongan dan pembela yang dibenarkan.Dan barang siapa yang mengikiti Al-Qur’an,maka Al-Qur’an itu menunjukkan ke surga.Dan barang siapa yang meninggalkan Al-Qur’an maka Al-Qur’an itu menjerumuskan ke dalam neraka.

Saudaku sekalian yang berbahagia.
Demikain pula nabi Saw.dilain hadist juga bersabda:yaitu yang artinya :Banyak-banyaklah kamu membaca Al-Qur’an di dalam rumah-rumah kamu semua.Maka sessungguhnya rumah yang tidak pernah di tempati membaca Al-Qur’an hanya sedikit kebaikannya dan banyak kejahatannya,dan penghuninya merasa aempit dalam hidupnya.

Hadirin sekalian yang berbahagia.
Demikian pidato sambutan dari kami,kami kira cukup sampai di sini. Mudah-mudahan bisa kita fahami.Akhiru kalam.Wassalamu’alaikum warahmatullohi wabarakaatuh.





Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon