Monday, 11 June 2018

Contoh Pidato Malam Bulan Suci Ramadhan

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.



PIDATO MALAM BULAN SUCI RAMADHAN

Asalam’ualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hadirin yang berbahagia,
Pada malam yang penuh kebahagiaan ini marilah kita memenjatkan puji syukur kehadrat hAllah SWT. Atas karuni, semogalah atas rahmat dan hidayah-Nya hingga pada detik ini kita bisa hadir pada acara ini kehadirananya kita malam ini meraih rido dari Nya. Aminen ya robbal alamin.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad Saw.dimana beliaulah yang telah menda’wahkan ajaran agama islam manusia mengaetahui akan yang di larang dan yang di perintahkannya semoga kita ini tergolong umatnya yang setia terhadap ajarannya.



Hadirin sekalian yang di mulyakan Alloh.
puasa ramadhan adalah merupakan ibadah yang wajib hukumnya,bagi orang-orang yang beriman,dan tidaklh wajib bagi orang yang berhalangan ataupun ada sebab dan di larang oleh agama.

Sedang haid dan masih banyak lagi contoh yang lain,karena singkatnya waktu pada saat ini tidak kami sebutkan semuanya tentang contoh-contoh tersebut.Dan insya Alloh pada saat yang lain akan kami sampaikan secara lengkap.


Baiklah saudara-saudara sekalian yang berbahagia.
Kita semua hendaknya mengetahui akan tujuannya puasa ramadhan yang tinggal beerapa hari lagi kita akan mengerjakannya.

Adapun mengenai tujuan puasa Ramadhan adalah agar menjadikan pribadi yang melaksanakan itu menjadi manusia yang ebrbakyi kepada Alloh SWT.Untuk mengatahui lebih jelas akan wajibnya berpuasa ramadhan dantujuan dari berpuasa ramadhan itu adalah marilah kita simak akan pirman Alloh pada surat Al-Baqarah,tepatnya ayat 183,yang artinya:


Hai orang-orang yang beriman,diwajibkan atas kamu mengerjakan puasa sebagai mana telah diwajibkan atas orang-orang yang terdahulu,agar (dengan mengerjaka puasa itu)kami menjadi orng yang bebrbakti.


Hadirin sekalian yag saya hormati.
Di samping itu sangatlah penting kita mengetahui akan hikmah itu sendiri,yakni sebagai bebrikut:

  1. sebagai tanda terimakasih kepada Allloh,karena seluruh ibadah mengandung dan bukti rasa syukur kepada Alloh.
  2. sebagai didikan terhadap kepercayaan.
  3. sebagai didikan atas rasa kasih sayang kepada fakir miskin.
  4. sebagai penjaga kesehatan.
Demikianlah hikmah puasa,dan sebagai penutup dari uraian pidato malam ini marilah kiita perhatikan hadist Qudsi,yaitu yang artinya:Puasa itu adalah semata-mata untuk-Ku (Alloh),dan Akulah (Alloh) yang akan memberikan pahalanya.Akhirnya kita memanjatkan do’a semoga kita diberi kekuatannya untuk menjalankannya hingga sebulan penuh dan semogalah amalan yang telah kita kerjakan kita diterima oleh Alloh SWT.Amien ya rabbal alamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullohi wabarakaatuh. 







Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon