Cara Convert Harddisk MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data



GPT (GUID Partition Table) merupakan  Standart layout tabel partisi pada hardisk yang menggunakan Global Unique Identifier. Tekonologi komputer saat ini sudah banyak beralih menggunakan GPT, di karenakan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan MBR.
Sedangkan MBR (Master Boot Record) merupakan sejenis boot sektor yang tersimpan pada hard disk drive atau perangkat penyimpanan lain yang berisi kode komputer yang diperlukan untuk memulai proses booting. boot master dibuat saat hard drive dipartisi, namun tidak terletak di dalam partisi. Ini berarti media penyimpanan yang tidak dipartisi, seperti disket, tidak berisi catatan boot master. boot master terletak di sektor pertama ruan penyimpanan.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian gpt dan mbr. Nah, sekarang sesuai dengan judul artikel kali ini saya akan membahas bagaimana  Cara Convert Harddisk dari MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data.  Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan seperti menggunakan Diskpart, Gptgen dan yang akan saya gunakan kali ini adalah AOMEI.
Kenapa saya menggunakan AOMEI dibandingkan dengan yang lain? karena untuk penggunaanya sendiri cukup mudah dan yang paling penting data tidak hilang, serta multifungsi tidak hanya convert MBR ke GPT namun bisa juga convert dari GPT ke MBR. Nah langsung saja kamu simak penjelasannya di bawah ini.
cara convert mbr ke gpt dengan aomei 
  1. Pertama-tama silahkan download AOMEI Partition Assistant Lite Edition versi premium, dikarenakan sekarang versi gratis dari AOMEI ini tidak mengizinkan konversi MBR menjadi GPT.
  2. Pilih disk yang hendak dikonversi.
  3.  Klik kanan disk dan pilih Convert to GPT / MBR Disk.
  4. Lakukan Konfirmasikan  dengan mengklik "OK" untuk melanjutkan.
  5. Klik tombol Apply pada toolbar untuk melakukan perubahan.
Cara Convert Harddisk MBR ke GPT Tanpa Kehilangan data


Baca Juga di Bawah Ini:

Post a Comment for "Cara Convert Harddisk MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data"