Tuesday, 12 June 2018

Mengatasi Tidak bisa install aplikasi android (apk) yang didownload di luar google playstore

Untuk pengguna smartphone berbasis android dapat dengan mudah mendownload dan meng-install aplikasi tambahan di hp android miliknya melalui google playstore.
Google playstore sendiri merupakan aplikasi android resmi yang disediakan oleh perusahaan google yang menyediakan ratusan juta aplikasi-aplikasi android dengan berbagai macam genre, baik gratis atau berbayar.Aplikasi yang bersumber dari google playstore merupakan aplikasi yang sudah difilter dan dimonitor oleh google sehingga, sehngga aplikasi google playstore aplikasi yang diizinkan oleh perangkat karena sangat terjamin bebas dari terinfeksi perangkat lunak berbahaya seperti virus mallware, dan aplikasi berbahaya lainnya.

Walaupun download aplikasi dari google playstore sangat mudah serta mampu menyediakan hampir seluruh aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna, terkadang ada saja pengguna yang ingin menginstal aplikasi android (file apk) yang didownload dari luar google playstore.
Entah itu karena palikasi tersebut belum direlease digoogle play store sehingga belum tersedia di playstore, atau karena pengguna tidak bisa menginstal aplikasi dari google playstore dengan alasan tidak bisa menginstal dari google play store karena memory penuh, sehingga banyak pengguna yang memilih menginstal aplikasi dari luar google play store.
Sebenarnya tidak masalah jika kita bisa menjamin aplikasi yang kita download dari luar google play store merupakan aplikasi yang bersih terbebas dari virus.

Namun sayangnya menginstal aplikasi dari luar google play store umumnya akan ditolak oleh sistem android dengan pesan. "Untuk keamanan ponsel anda di seting untuk tidak bisa memasang aplikasi yang bukan dari google play / For security, yout phone is set to block installation of application not obtained to google play".
Pesan tersebut sebanarnya normal, artinya pengaturan hp android anda secara bawaan memang di seting untuk menolak memasang (install) aplikasi android yang didownload dari luar google play store (dari sumber tak dikenal). alasannya adalah keamanan untuk sistem android anda, karena aplikasi yang diperoleh dari luar google play store bisa saja sudah disusupi program jahat.
Untuk anda yang menalami hal di atas tidak bisa memasang aplikasi yang anda download dari luar google play store sebaiknya jangan kecewa dulu dan jangan dulu hapus aplikasi tersebut, karena jika diinginkan sebenarnya anda masih bisa memasang aplikasi tersebut,
Caranya anda harus mengaktifkan pengaturan khusus  yaitu sumber tak dikenal, agar tidak melakukan blokir terhadap pemasangan aplikasi yang di download dari luar google play store.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke settings / pengaturan / setelan
2.  Cari menu Security / pengaman
Di beberapa merk hp android mungkin lokasinya ada pengaturan tambahan / additional settings > privacy
3. Cari opsi setting administrasi perangkat .
di halaman administrasi perangkat coba cari sumber tdk diketahui / sumber tak dikenal lalu aktifkan.

Untuk pengguna HP Xiaomi 

Untuk pengguna HP Xiaomi terutama hp xiaomi dengan miui 9, untuk mengaktifkan sumber tak dikenal agar bisa menginstal file apk android ari luar google play store langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke halaman settings / setelan
2. Pilih additional settings... / setelan tambahan...
3. Pilih menu privacy
4. Di halaman privacy, pastikan opsi sumber tak dikenal / unknown resource dalam keadaan aktif.
Setelah melakukan pengaturan tersebut,silahkan coba install kembali aplikasi  (file apk) yang tidak bisa di install sebelumnya, jika pengaturan benar dan tidak ada masalah lainnya maka aplikasi pun akan bisa diinstal dengan normal.

Kenapa di hp saya masih saja tidak bisa menginstal aplikasi dari luar google play?

Jika di hp android anda setelah melakukan pengaturan di atas masih saja tidak bisa juga di install kemungkinan aplikasi yang didownload tidak support dengan sistem android yang anda gunakan saat ini.
Atau penyebab lainnya mungkin saja kapasitas penyimpanan internal di hp android anda tidak memadai silahkan anda periksa kembali.
Oh ya, cara ini juga bisa anda terapkan buat anda yang ingin memasang aplikasi seperti bbm android atau aplikasi lainnya yang di download dari luar playstore
Perlu diperhatikan, setelah selesai melakukan install atau aplikasi telah terpasang, saya menyarankan anda untuk kembali nonaktif kembali fitur install aplikasi dari sumber tidak di ketahui.
Tujuannya agar anda mendapatkan peringatan ketika menginstal aplikasi yang mungkin di dalamnya terpasang program jahat. sehingga anda bisa berfikir 2 kali untuk memasangnya.




Baca Juga di Bawah Ini:


EmoticonEmoticon