Tuesday, 12 June 2018

Mengenal Jenis Rom Xiaomi yang beredar di Pasaran Indonesia

Untuk masalah ROM di hp xiaomi selain rom resmi terdapat juga xiaomi dengan rom palsu, salah satu penyebabnya karena xiomi yang beredar di pasaran indonesia tidak semua didatangkan lewat jalur resmi, sebagian ada yang didatangkan lewat jalur tidak resmi / black market, entah untuk tujuan menghindari pajak atau karena xiaomi yang diapasarkan tidak memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dan lain sebagainya.

Hadirnya xiaomi yang datang lewat jalur tidak resmi membuat rom hp xiaomi banyak dimodifikasi oleh distributor nakal untuk mencari keuntungan, sehingga tidak jarang sistem xiaomi yang beredar di pasaran indonesia memiliki bermacam-macam rom, ada rom original dan rom abal-abal hasil modifikasi.
Untuk anda penggemar gadget yang memutuskan untuk membeli hp xiaomi pengetahuan tentang jenis rom xiaomi harus benar-benar anda pahami, karena jika tidak anda bisa saja mendapatkan xiaomi dengan rom yang tidak original yang memiliki banyak sekali kendala.

Mengenal Jenis-jenis Rom Xiaomi yang beredar di Pasaran Indonesia

Ada beberapa jenis rom xiaomi yang beredar di pasaran indonesia, yang dapat dikategorikan sebagai berikut:

A. ROM Xiaomi Resmi / Original

Jenis rom xiaomi yang pertama adalah rom official atau rom resmi dari xiaomi, rom jenis ini merupakan rom original dari xiaomi dan sangat recomended untuk dimiliki.
Jadi untuk anda yang memutuskan ingin membeli hp xiaomi, pastikan hp xiaomi anda selain memiliki garansi resmi juga memiliki rom resmi, karena xiaomi dengan rom resmi performanya akan sangat maksimal dan terjamin.
Rom Resmi xiaomi terdiri dari beberapa jenis diantaranya:

1. Rom Cina Official
Rom official cina merupakan salah satu rom resmi dari xiaomi, rom jenis ini banyak disematkan pada perangkat xiaomi yang dipasarkan di negara cina.
Ciri-ciri xiaomi dengan Rom Official Cina resmi adalah sebagai berikut:
a. Hanya terdapat pilihan bahasa cina dan inggris.
b. Umunya di dalamnya belum terinstal google play store dan belum terpasang aplikasi standar google lainnya, sebagai ganti hanya menyediakan mi store.
c. Pada info kode miui versi / versi miui di halaman pengaturan mengandung 3 titik dan terdapat kode CN.
Jadi untuk anda pengguna hp xiaomi yang di pengaturannya hanya ada pilihan bahasa Cina dan Inggris saja, kemungkinan besar hp xiaomi anda menggunakan ROM Cina.

2. Rom Global Official
Jenis rom xiaomi original ke 2 adalah xiaomi dengan Rom global official, xiaomi jenis ini merupakan xiaomi dengan rom resmi yang diperuntukan untuk pasaran dunia, xiaomi dengan rom global official sangat direkomendasikan untuk anda pilih untuk pengguna indonesia.
Ciri-ciri rom global official adalah sebagai berikut:
a. Pada pengaturan bahasa terdapat pilihan seluruh bahasa dunia termasuk indonesia.
b. Umumnya di dalamnya sudah terinstal aplikasi google play store dan aplikasi standar dari google lainnya untuk perangkat android.
c. Pada info kode miui versi / versi miui di halaman pengaturan mengandung 3 titik.

3. ROM Cina Developer
Jenis Rom xiaomi resmi ke 3 adalah rom cina developer, sama halnya dengan rom cina official, namun rom jenis ini diperuntukan untuk pengujian sistem xiaomi untuk tujuan pengembangan sistem xiaomi.
Ciri-ciri xiaomi dengan rom cina developer tidak jauh berbeda dengan rom cina official, sebagai berikut:
a. Hanya terdapat pilihan bahasa cina dan inggris.
b. Umunya di dalamnya belum terinstal google play store dan belum terpasang aplikasi standar google lainnya, sebagai ganti hanya menyediakan mistore.
c. Pada info kode miui versi / versi miui terdapat tulisan BETA
d. Mendapatkan jadwal update aplikasi dan jadwal update sistem miui lebih cepat jika dibandingkan dengan rom cina official atau rom global official.

4. ROM Global Developer
Jenis rom resmi xiaomi yang ke 4 adalah rom global developer, rom jenis tidak jauh berbeda dengan rom global official dan ada bahasa indonesianya,  namun rom jenis ini diperuntukan untuk tujuan pegujian untuk pengembangan sistem xiaomi, rom jenis ini bisa menjadi salah satu pilihan anda.
Ciri rom Global Developer pun tidak jauh berbeda dengan rom global official sebagai berikut:
a. Pada pengaturan bahasa terdapat pilihan seluruh bahasa dunia termasuk indonesia.
b. Umumnya di dalamnya sudah terinstal aplikasi google play store dan aplikasi standar dari google lainnya untuk perangkat android.
c. Pada info kode miui versi / versi miui di halaman pengaturan terdapat tulisan BETA
d. Mendapatkan jadwal update aplikasi dan jadwal update sistem miui lebih cepat jika dibandingkan dengan rom cina official mupun rom global official.

B. Rom Xiaomi Palsu / Abal-abal

Rom xiaomi kategori ke dua adalah rom xiaomi palsu atau rom abal-abal, rom jenis ini sering juga disebut seagai rom kutukan, ya mungkin karena banyak sekali kendala di dalamnya.

Xiaomi dengan Rom jenis ini sebenarnya awalnya merupakan xiaomi yang memiliki ROM resmi, namun karena rom mengalami modifikasi oleh pihak distributor membuat rom jenis ini menjadi rom yang banyak sekali memiliki kekurangan sehingga tidak original lagi.

Rom xiaomi palsu terkadang selain dimodifikasi juga ada yang diinjek kode iklan untuk tujuan mendapatkan keuntungan bagi pihak distributor.

Namun tidak semua rom distributor diinjek kode iklan ada juga yang performanya  seperti xiaomi rom resmi pada umumnya, namun sistem xiaomi sudah mengalami beberapa modifikasi.

ROM xiaomi jenis ini sebaiknya dihindari untuk dimiliki, karena di dalamnya kebanyakan memiliki banyak bug dan kelemahan lainnya.

Adapun ciri-ciri rom xiaomi palsu adalah sebagai berikut:

a. Pada kode versi miui di halaman penagaturan > about mengandung 4 titik.

b. Di kode miui mengandung kode CN (ini sebenarnya ciri rom cina), namun dipengaturan bahasa ada pilihan bahasa indonosia.

c. Ketika perangkat xiaomi sedang digunakan, terkadang bermunculan iklan tiba-tiba tanpa dikehendaki.

d. Perangkat tidak bisa melakukan update MIUI melalui aplikasi Updater bawaan xiaomi.


Apakah xiaomi dengan rom abal-abal bisa diganti / di upgrade menjadi rom resmi ?

Tentu saja bisa, Jika diinginkan untuk anda yang terlanjur memiliki xiaomi rom palsu dengan ciri-ciri di atas sebenarnya bisa mengganti rom xiaomi tersebut dengan ROM global official resmi dari xiaomi melalui flashing.

Anda bisa mendapatkan rom original xiaomi di situs mi.com/download, anda bisa memilih rom xiaomi yang paling baru direlese sesuai dengan versi xiaomi yang anda gunakan.


ROM Xiaomi yang paling cocok untuk pengguna indonesia ?

Dari sekian banyaknya jenis rom xiaomi yang beredar di pasaran indonesia, kira-kira rom jenis apa yang paling cocok untuk pengguna indonesia ?

Dari macam-macam rom xiaomi yang ada seperti yang dijelaskan di atas, tentu saja perangkat xiaomi terbaik dan harus dimiliki adalah xiaomi dengan rom resmi / official.

Namun rom xiaomi yang paling cocok adalah xiaomi dengan rom global official, karena di dalamnya sudah tersedia pilihan bahasa dunia termasuk indonesia, selain itu di dalamnya sudah terinstal aplikasi google play store dan aplikasi standar google lainnya untuk perangkat mobile. sehingga pengguna tidak perlu repot-repot menginstalnya satu persatu.


Apakah rom xiaomi saya asli atau palsu bagaimana membedakanny ?

Sebenarnya jika anda sudah tau ciri-cirinya anda akan lebih mudah membedakan perangkat xiaomi asli atau palsu.

Selain ciri-ciri di atas, anda bisa mengenali xiaomi asli atau palsu melalui kode di miui version / versi MIUI di pengaturan perangkat xiaomi anda.





Baca Juga di Bawah Ini:


EmoticonEmoticon