Sunday, 10 June 2018

Apa Arti NFC Pada Handphone Android

Satu fitur smartphone yang jarang sekali diperhatikan namun sangat berguna adalah NFC atau near field communication. Fitur ini kalah populer dibandingkan dengan wifi, kamera dan bahkan bluetooth dikarenakan jarang digunakan, apalagi oleh mereka yang memang tidak mengetahui seperti apa maksud NFC di Android tersebut dan gunanya untuk apa. Padahal, kehadiran NFC di handphone terutama Android bisa memberikan berbagai macam manfaat besar yang bisa mempermudah aktivitas sehari-hari kita.

Apakah NFC Penting di Android? Jawabannya adalah sangat penting terutama bagi kamu pengguna uang elektronik seperti Tcash, Mandiri Ecash dan BNI Tap Cash. Kenapa? Karena dengan menggunakan fitur NFC ini, kamu bisa dengan mudah cek saldo yang tersisa di kartu uang elektronik tersebut. Seperti kita ketahui, saat ini penggunaan uang elektronik sedang trend digunakan diberbagai macam transaksi seperti pembayaran jalan tol sampai transaksi lainya, dengan adanya NFC kamu membantu kamu mempermudah mengatur keuangan di kartu uang elektronik tersebut.
Apa Arti NFC Pada Handphone Android
Untuk kamu yang baru membeli sebuah handphone Android yang dilengkapi dengan fitur NFC tidak ada salahnya untuk mengetahui cara menggunakan NFC di Android agar bisa memanfaatkan fitur ini dengan maksimal dalam aktivitas sehari-hari kamu. Tak hanya di bidang keuangan, NFC juga bisa dimanfaatkan di berbagai bidang lainnya yang tujuan utamanya untuk mempercepat akses seperti dengan NFC Tag bahkan seperti halnya Wifi atau Bluetooth NFC juga bisa digunakan untuk proses transfer data dengan sesama pengguna NFC lainnya.
Tak jauh berbeda dengan Wifi, sebuah fitur NFC di handphone Android hanya digunakan apabila di hp tersebut memang adalah hardware NFC-nya. Bila dalam spesifikasi smartphone yang kamu beli tidak dilengkapi dengan fitur NFC, maka nantinya kamu tidak akan bisa menambahkan fitur NFC menggunakan software apapun terkecuali menggunakan NFC portable seperti yang digunakan di NFC Tcash Tap.

Namun tentu saja, menggunakan NFC portable ini dari sisi fitur tidak selengkap dengan NFC bawaan default handphone Android karena biasanya NFC portable ini hanya bisa digunakan untuk aplikasi yang memang diperuntukan khusus di NFC tersebut. Berbeda dengan NFC bawaan sebuah handphone, yang mampu digunakan untuk berbagai macam aktivitas tak terbatas hanya untuk transaksi keuangan saja.

Jadi, bila kamu saat ini mulai beralih menggunakan yang elektronik seperti Tcash atau Mandiri E-cash sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk membeli sebuah smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur near-field communication atau NFC, agar nantinya kamu bisa lebih memaksimalkan dalam penggunaan uang elektronik tersebut.


Baca Juga di Bawah Ini:


EmoticonEmoticon