Friday, 15 June 2018

Cara mengatasi operating system not found pada windows 7/8/10

Cara mengatasi operating system not found pada windows 7/8/10 - Ketika sistem operasi hilang atau sistem operasi tidak ditemukan terjadi pada PC/laptop anda, maka tidak mungkin untuk PC/laptop melakukan booting atau memulai sistem Windows dan tentu saja kita tidak bisa masuk ke desktop windows.
Saat terjadi kesalahan tersebut akan tampil layar hitam (blank screen) dengan pesan kesalahan "Missing operating system .." atau "Operating System not found ..". Menghadapi masalah ini, Anda tidak akan mendapatkan akses ke Windows 10/8/7. Nah,lalu bagaimana cara untuk memperbaikinya?
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas kemungkinan yang menjadi penyebabnya dan cara mengatasinya.  Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.
 Berikut ini beberapa penyebab sistem operasi tidak ditemukan / error
  • Sistem / BIOS tidak mendeteksi hardisk instalasi Windows / disk.
  • Kegagalan sistem hard disk drive karena kerusakan fisik.
  • Windows Master Boot Record disk rusak 
  • Pengaturan BIOS yang salah / tidak benar
  • File booting Windows di partisi sistem tidak lagi aktif.
Setelah mengetahui 5 alasan utama utama yang menyebabkan sistem operasi tidak ditemukan di Windows, Anda dapat mencoba untuk mengetahui penyebab OS Windowsanda tidak ditemukan dan kemudian menemukan solusi untuk memperbaiki masalahnya.
Cara mengatasi operating system not found lewat BIOS

Solusi pertama :  Periksa apakah hard drive terdeteksi oleh BIOS.
  • Silahkan anda masuk BIOS, caranya tekan F12/F10 saat booting.
  • Silahkan cara IDE Primary Master, IDE Primary Slave, IDE Secondary Master dan periksa apakah  terdeteksi atau tidak.
  • Jika tidak ada disk yang ditampilkan atau ditampilkan sebagai None , itu berarti BIOS tidak mendeteksi drive dan Anda dapat memilih None to Auto. Hal ini bisa mengatasi kesalahan OS tidak ditemukan.
Jika informasi sistem disk ditampilkan, berarti BIOS dapat mendeteksi hard drive dan silahkan lanjut ke langkah berikutnya.Solusi 2 : masih sama melalui BIOS, tapi kali ini kita akan  mengubah pengaturan BIOS ke pengaturan default.

Cara mengatasi operating system not found pada windows 7/8/10
 Pengaturan yang tidak benar atau pengaturan BIOS yang salah juga dapat menyebabkan sistem operasi tidak ditemukan di PC/laptop Anda. Anda bisa mencoba mengatur BIOS ke pengaturan default untuk mengatasi masalah sistem operasi yang tidak ditemukan.
  • Restart PC dan masuk ke BIOS
  • Atur BIOS menjadi default , silahkan pilih Load Optimal Defaults (biasanya terdapat pada menu exit)    T
  • ekan F10 untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS.
Jika metode ini tidak berhasil, kemungkinan terjadi kerusakan pada disk MBR. Untuk memperbaikinya silahkan gunakan software EaseUS Partition Master.
Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. semoga dapat menjadi solusi yang dapat mengatasi masalah pada pc/laptop anda. Jika tidak berhasil atau ada yang ingin disampaikan, silahkan melalui kolom komentar yang tersedia.



Baca Juga di Bawah Ini:


EmoticonEmoticon