Thursday, 14 June 2018

Cara Setting dan menggunakan VPN gratisan di HP Android tanpa root

VPN atau virtual private network sebenarnya adalah teknologi jaringan yang menyediakan koneksi aman untuk mengakses jaringan publik seperti internet atau wi-fi atau jaringan pribadi yang dimiliki oleh perusahaan penyedia layanan internet.
Oh ya untuk konek ke vpn anda bisa menggunakan kartu apapun seperti telkomsel, axis, xl, im3, yang penting memiliki quota.
Awalnya VPN banyak digunakan oleh pemerintah dan juga organisasi militer agar ketika mereka mengakses jaringan publik, data sensitif yang mereka miliki tidak mudah untuk dilacak dan diketahui, namun seiring dengan perkembangannya kini VPN banyak juga digunakan secara pribadi dengan tujuan yang hampir sama, yakni untuk melindungi data privasi pengguna ketika mengakses jaringan internet.

Bagaimana cara kerja VPN ?

Cara kerja vpn sebenarnya cukup sederhana, umumnya ketika pengguna mengakses jaringan publik seperti internet, jika tanpa vpn pengguna akan terhubung ke ISP (Internet service provider), lalu ISP akan menghubungkan koneksi anda dengan server internet yang anda akses.
Namun ketika pengguna menggunakan vpn maka vpn akan membuat tunel atau terowongan yang aman antara komputer dengan server yang anda akses. sekaligus VPN akan menyembunyikan alamat IP address asli, lokasi pengguna sebenarnya dan akan menenkripsi data anda secara aman.

Cara Setting dan menggunakan VPN di HP Android tanpa root

Setidaknya dengan uraian di atas anda memahami apa itu VPN, lantas bagaimana cara seting VPN di hp android ?.
Kita ketahui bersama bahwa seiring dengan perkembangan teknologi perangkat mobile, kini perangkat hp atau smartphone salah satunya smartphone dengan sistem operasi android, bukan hanya diperuntukan hanya untuk menelepon dan kirim sms saja, namun bisa juga digunakan untuk mengakses internet.
Bahkan kini fitur pengaturan internet di hp android sudah bisa menggunakan VPN, sehingga jika diinginkan pengguna bisa menggunakan vpn di hp android miliknya untuk mengakses jaringan internet agar lebih aman.
Langkah-langkah seting vpn adalah sebagai berikut:

1. Dapatkan data vpn server address list.

Untuk anda yang ingin menggunakan vpn di hp android anda secara gratis, maka langkah pertama anda harus mengetahui daftar data VPN Server address list gratisan, data server address list akan dimasukan ke pengaturan VPN di hp android anda.
Ada banyak sekali daftar VPN Server beberapa server vpn gratisan yang bisa digunakan diataranya adalah sebagai berikut:
  • de233.vpnbook.com (Negara jerman)
  • ca1.vpnbook.com (canada)
  • us1.vpnbook.com (US1)
  • us2.vpnbook.com(US2)
  • euro214.vpnbook.com (Eropa)
Atau silahkan cari data server vpn lainnya di google

Untuk seting vpn di hp android, anda bisa menggunakan salah data vpn server di atas .

2. Dapatkan username dan password vpn free

Setelah anda mengetahui vpn server, selanjutnya anda harus mencari username dan pssword vpn gratisan yang anda inginkan.

Untuk mendapatkan username dan password dari vpn server gratisan di atas, maka anda bisa mengunjungi situs vpnbook.com/freepvn cari user dan password untuk VPN yang menggunakan PPTP (Point to point tunneling protocol)

Anda akan melihat tampilan berikut ini:


Di bagian paling bawah anda akan melihat daftar server vpn yang bisa anda gunakan beserta username dan juga passwordnya, silahkan catat server vpn yang ingin anda gunakan juga username dan passwordnya.

3. Setting VPN di hp android anda

Selanjutnya setelah anda mendapatkan data server VPN dan juga user beserta passwordnya, selanjutnya kita setting VPN di hp android anda, agar anda bisa menggunakan VPN ketika mengakses internet.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Disini saya menggunakan hp xiaomi, untuk hp merk lainnya caranya tidak jauh berbeda sebagai berikut:

a. Masuk ke menu settings / setelan

b. Pada group NETWORK, Pilih menu more.. / lainnya..

c. pilih menu PVN
Biasanya jika belum pernah diseting maka halamannya akan kosong, pada halaman pengaturan VPN silahkan tekan tombol + / add untuk menambahkan data profile VPN baru.

d. Pada dialog input VPN silahkan masukan data berikut:
  • Name: Masukan nama vpn anda, misal: VPN Gratis
  • Type: pilih PPTP atau (Point to Point tunneling protocol), ini karena data vpn gratisan di atas memiliki type PPTP.
  • Centang opsi PPP Encryption (MPPE)
  • User, masukan user yang sudah kita peroleh di tahap 2 di atas, misal : vpnbook
  • Password, masukan juga password yang sudah kita catat pada tahap 2 di atas, misal: 7r9k76ku.
  • Server address, masukan nama pvn server sesuai dengan data yang diperoleh pada tahap 2 di atas. misal : us1.vpnbook.com (dengan memilih vpn server ini, maka geografis anda akan teridentifikasi  dari amerika, silahkan pilih vpn server lainnya yang tersedia, sesuaikan saja dengan keinginan anda)

Jika sudah selesai, maka selanjutnya tekan tombol OK di pojok kanan atas.

4. Aktifkan VPN Anda

Agar hp android anda ketika mengakses internet menggunakan VPN, maka anda harus mengakifkan VPN yang sudah anda seting di tahap 3 di atas.
Langkah-langkah untuk mengaktifkan vpn di hp android anda adalah sebagai berikut:
a. Masuk menu settings
b. pada group NETWORK pilih menu More.../lainnya...
c. pilih menu VPN
di halaman vpn anda akan melihat nama VPN yang sudah anda buat, contoh di atas namanya (VPN Gratis), silahkan tap 1 kali lalu aktifkan opsi VPN.
Tunggu VPN melakukan koneksi sampai berhasil dengan muncul tulisan Connected.


Kenapa VPN saya tidak terhubung / tidak mau konek ke internet?

Jika tidak terhubung kemungkinan password yang digunakan sudah kadaluarsa, silahkan kembali ke halaman https://www.vpnbook.com/freevpn, lalu dapatkan password kembali.
Pastikan juga anda memiliki quota internet.
Terkadang juga vpn tidak bisa mengakses internet, kemungkinan data server vpn sudah tidak work, anda bisa mencari data vpn gratisan lainnya yang tersedia di internet, silahkan gunakan mensin pencari google untuk mendapatkan data vpn,
Gunakan pencarian google seperti:
  • VPN Gratis unlimited
  • server vpn gratis tercepat
  • vpn luar negeri gratis
  • dll.




Baca Juga di Bawah Ini:


EmoticonEmoticon