Cara Mengatasi Brightness yang Tidak Berfungsi Windows 10 / 8 / 7

Cara Mengatasi Brightness yang Tidak Berfungsi Windows 10 / 8 / 7 -  Ada hal yang membingungkan yang sempat saya alami setelah menginstall windows di laptop saya. Jadi waktu itu saya ingin menurunkan tingkat kecerahan layar (brightness) karena kalau terlalu terang cukup mengganggu mata saat dipakai, prosedur yang mudah ini malah menjadi sulit karena adanya masalah berhubungan dengan driver dan saya tidak pernah menduga sebelumnya.
Biasanya untuk mengetur kecerahan kita bisa menggunakan langkah-langkah berikut : pergi ke control panel » Hardware and sound » Power Options » lalu kita atur screen brightness, ke kiri untuk meredupkan sedangkan ke kanan untuk mencerahkan layar pada laptop. Namum langkah tersebut tidak berhasil meredupkan / mencerahkan layar atau bisa dibilang tidak berfungsi. Lalu apa yang membuatnya tidak berfungsi?

Sebelum melangkah lebih jauh, kita coba dulu fitur Windows Mobility Center. Untuk windows 7 silahkan tekan tombol windows + X sedangkan untuk windows 8/10 tekan windows + X » lalu pilih Mobility Center. Dalam jendela yang muncul akan ada beberapa opsi salah satunya adalah untuk mengatur Brightness. Silahkan atur pada Brightness sesuai keinginan. Ini bertujuan jika tidak ingin repot – repot mencoba mengatasi masalah brightness di Windows untuk disesuaikan.
Cara Mengatasi Brightness yang Tidak Berfungsi Windows 10 / 8 / 7
Sudah mengatur kecerahan tapi belum juga berhasil. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
Cara Mengatasi Brightness yang Tidak Berfungsi Windows 10 / 8 / 7
Update driver software Online (recommended windows 8/10)
  • Pertama tekan tombol windows + R untuk membuka RUN.
  • Setelah RUN terbuka masukan devmgmt.msc lalu tekan enter
  • Setelah jendela device manager terbuka selanjutnya klik tanda plus Display Adapter.
  • Di dalamnya akan terdapat driver video card.
  • Berikutnya, klik kanan pada driver tersebut lalu pilih Update Driver Software.
  • Selanjutnya pilih Search automatically for updated driver software
  • Windows 10 secara otomatis men-download dan menginstal driver video card yang diperlukan melalui koneksi interne.
  •  Setelah driver berhasil diinstal , kamu akan melihat pesan pemberitahuan.
  • Restart komputer dan coba atur brightness kembali.
Install ulang driver graphic card 
Tidak selamanya driver VGA komputer ini bisa digunakan seterusnya, terkadang tanpa kita sadari driver tersebut mengalami kerusakan atau korup. Untuk itu, dengan menginstall ulang driver mungkin dapat mengatasi masalah tersebut. Saran saya, download driver baru melalui situs resmi laptop yang sobat gunakan misalnya ACER ya ke situs resmi ACER. Begitupun dengan merek laptop lainnya seperti Lenovo, dell, ASUS, HP, TOSHIBA, dll. Untuk menemukan situs resminya cukup mudah yaitu dengan memasukan merek laptop ke dalam pencarian google.
Atau kalau tidak mau repot-repot cari driver bisa menggunakan driver pack versi terbaru, tapi masalahnya driver pack ini memiliki ukuran yang sangat besar sehingga koneksi internet yang sobat gunakan harus ekstra cepat jika tidak mau menunggu lama. Tapi saya lebih menggunakan driver pack karena tidak hanya driver VGA saja yang bisa diinstall melainkan juga driver pada hardware lainnya. Jadi setiap kali saya install ulang tidak perlu susah payah mencari dan mendownload driver.



Mungkin Yang Anda Cari:

Post a Comment for "Cara Mengatasi Brightness yang Tidak Berfungsi Windows 10 / 8 / 7"