Teknik Belajar Pidato Di Hadapan Umum | Tata Cara Pidato Yang Baik dan Benar


Teknik Belajar Pidato Di Hadapan Umum - Kali ini saya akan berbagi tips cara belajar berpidato dengan mudah yang saya peroleh dari berbagai sumber sengaja sudah kami rangkum untuk memudahkan anda belajar berpidato. Berikut tipsnya:
  1. Berbicara di hadapan banyak orang merupakan SEBUAH KETRAMPILAN. Seperti naik sepeda, maka ketrampilan ini bisa dilatih. dan yakinlah kamu juga bisa melakukannya (lihat tulisan saya cara mudah menjadi percaya diri)
  2. Mulailah dengan berdiri di depan kaca di sebuah ruangan. Usahakan kacanya cukup gede sehingga separuh tubuh kamu terlihat. Kemudian mulailah berkata-kata dan tunjukkan ekspresi penuh intonasi sesuai dengan tema pidato. Cara ini membantu kamu supaya mentalnya kuat.
  3. Setelah lancar berbagi dengan bayangan sendiri, tahap latihan selanjutnya ialah berbicara di depan orang lain. Mintalah bantuan adik/ kakak/ teman dekat supaya mau menyimak ide-ide yang akan kita sampaikan.
  4. Hal yang mudah adalah kalau kamu bisa mengajar ngaji anak-anak TPA masjid sekitar, ini akan membantu kamu untuk lancar di depan umum. Tunjukkan kamu bisa memberikan sebuah nasehat kepada adik yunior kamu. Suatu saat Kamu mampu berbicara di depan orang asing yang banyak. Bagaimana selanjutnya?
  5. Saatnya telah tiba... eng ing eng, Kamu akan membuat pidato penting di depan orang banyak. Kamu akan berjalan kedepan podium sendiri, dan siap-siap membuka mulut Anda. Bagaimana? Apakah sudah kamu persiapkan matang-matang pidato kamu? Jangan sampai mempermalukan diri sendiri loh dengan menampakkan kebodohan dihadapan orang lain kawan. Sebelum maju ke podium seyogya kamu persiapkan hal-hal di bawah ini:
  6. Menulis isi pidato. Tulislah catatan-catatan kecil tentang apa yang ingin kamu sertakan dalam pidato. Buat sub-sub untuk alur pidato kamu. Dan catat hal-hal penting yang tidak bisa kamu ingat/hafal. Biasanya dalam kasus ketika ceramah, cobalah mencatat dalil-dalil yang dirasa perlu disampaikan.
  7. Tinjau ulang isi pidato Anda. Jika kamu sudah mencatat per sub dari tema pidato hendaklah diulang-ulang membacanya dan memahami. Kalaupun hendak membaca naskah, usahakan menyesuaikan intonasi suara yang pas pada kalimat2 tertentu.
  8. Pastikan untuk berlatih di rumah jika kamu termasuk orang yg gugup. Jadilah diri sendiri. Jangan membuat sesuatu diluar kemampuan Anda.
  9. Atur nafas dengan baik. Ini akan sedikit mengurangi rasa gugup yang ada
  10. Ketika mulai berpidato gunakan suara asli kamu, dan jangan dibuat-buat, dan jangan tergesa-gesa.




Mungkin Yang Kamu Cari:

Post a Comment for "Teknik Belajar Pidato Di Hadapan Umum | Tata Cara Pidato Yang Baik dan Benar"