Saturday, 9 June 2018

Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato



Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato dengan Menggunakan Metode Kolaborasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan atau disingkat KTSP, yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi sekolah/ daerah, karakteristik sekolah/ daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan karakteristik peserta didik. KTSP merupakan upaya untuk menyempurnakan kurikulum agar lebih familiar dengan guru, karena mereka banyak dilibatkan dan diharapkan memiliki tanggung jawab yang memadai.

Definisi KTSP dalam Mulyasa (2008:12) adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan yang sudah siap dan mampu mengembangkannya dengan memperhatikan Undang-Undang No. 12 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36.

Secara umum tujuan diterapkannya KTSP menurut Mulyasa (2008:22) yaitu untuk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum.

Pembelajaran keterampilan berbahasa pada dasarnya merupakan upaya meningkatkan kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam pelaksanaannya, keempat keterampilan itu harus mendapatkan kedudukan pembelajaran yang seimbang dalam konteks yang dialami. Mengingat fungsi utama bahasa sebagai alat komunikasi, maka proses pembelajaran berbahasa itu harus diarahkan pada tercapainya keterampilan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tertulis, baik secara pemahaman maupun penggunaan.

Di samping keterampilan berbahasa, pengajaran bahasa Indonesia juga meliputi pembelajaran sastra. Pembelajaran sastra memiliki dua macam yaitu sebagai bahan pembelajaran di satu sisi dan sebagai sarana peningkatan kemampuan berbahasa di sisi lain, perbandingan bobot dan sastra sebaiknya seimbang dan dapat disajikan secara terpadu. Menulis teks pidato adalah salah satu kegiatan berbahasa yang dilakukan dalam komunikasi tertulis. Pembelajaran menulis teks pidato merupakan kegiatan dari pembelajaran berbahasa. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di dalam bahasa lisan maupun tulisan.

Sehubungan dengan hal di atas, kedudukan pembelajaran menulis teks pidato dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), terdapat dalam aspek kemampuan berbahasa, pada keterampilan menulis, dengan standar kompetensinya: mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato.






Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon