Sunday, 25 November 2018

5 Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek (Pengalaman Pribadi)

Blogiseng.web.id - Bincang android kali ini ingin membahas mengenai kekurangan dari ponsel xiaomi redmi note 4 terutama yang menggunakan chipset meditek. Hp merk xiaomi boleh dibilang hp jenis keluaran baru yang digadang-gadang mirip dengan iphone, bahkan merk ponsel yang satu ini dijuluki sebagai iphone dari negeri tirai bambu, secara desain dan juga fitur memang hp ini penuh dengan inovasi mirip sekali dengan iphpne dari apple, sedikit berbeda dengan merk hp kebanyakan baik itu dari sisi desain maupun User UI (User interface), berdasarkan informasi merk hp yang satu ini mampu menguasai tingkat penjualan di negeri tiongkok, bahkan kabarnya mampu mengalahkan saingan terberatnya yaitu samsung.
Di indonesia sendiri merk ponsel xiaomi sudah sangat banyak penggemarnya, promosi dari mulut-ke mulut membuat ponsel yang satu ini menjadi populer sehingga sampai saat ini xiaomi di indonesia sudah memiliki nama, tapi sayangnya karena adanya aturan pemerintah mengenai TKDN (TIngkat kandungan dalam negeri) banyak sekali ponsel xiaomi yang masuk melalui jalur tidak resmi bahkan, sangat banyak sekali ponsel xiaomi yang berbedar di indonesia memiliki versi rom yang sudah dimodifikasi, sehingga performa xiaomi kadang tidak sesempurna seperti yang dibayangkan.
Kekurangan dan kelebihan xiaomi redmi note 4 pro mediatek / qualcomm snap dragon
Berhubung saya sendiri adalah penggemar xiaomi dan belum lama membeli hp xiaomi redmi note 4 3/46 dengan chipset mediatek, di artikel kali ini saya khusus akan membahas mengenai kekurangan dari hp xiaomi remi note 4 ini berdasarkan pengalaman pribadi ketika menggunakan merk hp ini. semoga kekurangan yang terdapat di hp xiaomi ini bisa menjadi pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk membelinya.
Dengan adanya kekurangan ini saya pribadi tidak menyesal, karena kekurangan-kekurangan yang selama ini saya temukan di hp xiaomi redmi note 4 semuanya bisa di atasi, jadi untuk anda yang terlanjur membelinya tidak perlu menyesal, tinggal cari saja solusi setiap permasalahan yang ada, banyak sekali yang share untuk solusinya.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek (Pengalaman Pribadi)

Kekurangan yang saya temukan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi ketika menggunakan versi xiaomi redmi note 4 mediatek, beberapa kekurangan yang saya temukan selama menggunakan merk xiaomi versi ini adalah sebagai berikut:

1. Camera Lag dan sangat lemot setiap kali dibuka.

Permasalahan yang pertama yang saya temukan dari ponsel xiaomi redmi note 4 adalah, ada pada kameranya, setiap kali membuka kamera, kamera sangat lambat sekali, bahkan terkadang membuat hp hang, sehingga saya sendiri tidak jarang untuk melakukan restart, kabarnya lag yang terjadi pada kamera diakibatkan Sistem masih terdapat bug. bahkan kamera lag ini terjadi juga di versi xiaomi-xiaomi sebelumnya.

Namun kamera lag bisa saya atasi dengan melakukan modifikasi setelan atau setting, jika anda pengguna ponsel xiaomi redmi note 4 pro mediatek dan anda mengalami hal serupa, maka solusinya bisa baca di artikel ini, solusi tersebut mampu membuat kamera dan juga perekam video berjalan normal. semoga saja bisa juga mengatasi permasalahan hp xiaomi anda.
 
 
 

2. Pemutar Video bawaan xiaomi Ngelag, lemot dan terkadang membuat ponsel menjadi Hang

Permasalah kedua yang saya temukan adalah, permasalahan pada pemutar video bawaan xiaomi, saya baru sadar bahwa ada permasalahan di pemutar video setelah 2 minggu menggunakan hp xiaomi tersebut, ketika ingin menonton video hasil dari rekaman ternyata video tidak berjalan dengan mulus, suara menjadi berisik dan video ngelag, dan ternyata ini memang permasalahan umum yang banyak sekali dikeluhkan oleh pengguna xiaomi lainnya, bahkan kabarnya ini adalah bug dari sistem xiaomi, permasalahan ini menyebabkan film, youtube, video lag ketika ditonton.

Tapi kabar baiknya untuk permasalahan pemutar video ini saya punya alternatif lain, yaitu dengan cara menggunakan mx player pro, kemudian mengaktifkan setingan Dekoder perangkat keras yang terdapat di aplikasi MX Player tersebut, dengan cara ini pemutar bawaan video dari xiaomi pun ikut menjadi normal.

Silahkan anda download MX player Pro terbaru, kemudian setelah diinstal, silahkan akifkan, masuk ke menu seting > decoder lalu centang pilihan Gunakan dekoder HW +, silahkan centang semua pilihannya. silahkan anda tonton video anda menggunakan aplikasi ini.

Setelah anda menonton video dengan MX player, maka selanjutnya anda bisa memutar video lainya menggunakan pemutar video bawaan dari xiaomi. cara ini biasanya mempengaruhi pemutar video bawaan dari xiaomi redmi note 4 yang tadinya lag menjadi normal. silahkan anda coba sendiri. di hp xiaomi saya cara ini bekerja dengan baik.
Jika anda mau anda juga bisa mengganti ROM xiaomi dengan  versi terbaru, cara ini sudah banyak yang membuktikan dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang terdapat pada ponsel xiaomi redmi note 4 mediatek maupun qualcomm snap dragon, namun sedikit repot
 

3. Hp Xiaomi redmi note 4 mediatek Cepat panas dan sound berisik

Memang chipset mediatek terkenal dapat mempengaruhi temperatur dari ponsel itu sendiri, chipset yang satu ini sangat mudah membuat suhu ponsel menjadi panas, namun pengalaman pribadi, suhu tidaklah terlalu panas, dan suhu cepat juga dingin.Selint suhu cepat panas, suara terkadang berisik tersendat-sendat ketika hp digunakan untuk bermain game atau memainkan musik mp3, ini memang tidak terlalu sering namun kadang-kadang kualitas sound seperti itu, dan sepertinya cepat sekali membuat temperatur hp naik


4. Pengisian daya Lama. pengisian Cepat masalah ada di charger

Permasalahan ini saya rasakan dari awal hp saya gunakan, saya kurang tau pasti apakah ini normal atau tidak , karena ketika melakukan pengisian daya ketika hp dalam keadaan hidup, isi daya saya rasakan terbilang sangat lama, bahkan bisa lebih dari 4 jam.

Solusinya agar daya cepat penuh adalah melakukan charging dalam keadaan mati, saya sudah mencobanya sendiri, dan cukup cepat dalam mengisi daya hp xiami redmi note 4.Pengisian lama karena saya menggunakan charger hp xiaomi bukan bawaan, berhubung ketika baru digunkan colokan hp beda, namun setelah beli cangkokan pengisian kurag lebih memakan waktu 1.setengah jam


5. Sistem Terkadang menjadi Lemot

Yang terakhir permaslaahan yang saya temukan dari ponsel xiomi redmi note 4 mediatek adalah, performa sistem terkadang menjadi lemot (tidak terlalu lemot sih...tapi sangat terasa lambatnya), apalagi ketika temperatur hp memanas karena sedang digunakan.

Solusi yang saya gunakan yang cukup membuat hp normal adalah dengan menginstal Grenify dan melakukan hibernasi untuk beberapa aplikasi yang aktif pada latar belakang, dengan cara ini permasalahan sistem lemot di hp saya sudah dapat teratasi, anda bisa mencobanya untuk hp anda.


Itulah beberapa kendala yang saya temukan pada hp xiaomi redmi note 4 milik saya, permasalahan yang ada bukanlah akhir dari segalanya, karena ternyata masih ada solusinya, yang penting kita mau mencarinya, Jika anda ingin membelinya pertimbangkan untuk memilih xiaomi yang menggunakan chipset qualcomm snap dragon, karena chipset itu lebih stabil dan sudah banyak dibuktikan.

Update:

Kabar terbau tentang permasalahan xiaomi redmi note 4, di atas saat ini semuanya sudah dapat diatasi dengan cara melakukan update  MIUI ke versi 8.2.1.0. Jika anda pengguna rom global xiaomi redmi note 4, silahkan periksa update terbaru via aplikasi updater bawaan xiaomi dan silahkan lakukan update dan rasakan bedanya, di xiaomi redmi note 4 mediatek punya saya permasalahan diatas semuanya bisa diatasi.

Memiliki hp xiaomi saya rasakan seperti menggunakan linux di komputer, perlu pandai ngoprek dan mencari banyak referensi. semoga artikel diatas bermanfaat.


EmoticonEmoticon