Mengatasi Lag / Hang Pada pemutar Video Bawaan Xiaomi

Blogiseng.web.id - Seperti yang pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya mengenai 5 kelemahan dari hp xiaomi redmi note 4, salah satu kelemahan yang saya pernah alami adalah pemutar video lag atau lemot ketika pemutar video bawaan digunakan baik untuk menonton film, youtube, video dan keperluan lainnya, bahkan terkadang  permasalahan ini bisa membuat perangkat xiaomi hang total, tidak bisa diclick sama sekali, sehingga sering sekali membuat hp terpaksa harus di restart ulang.
Kabarnya masalah lag yang sering terjadi ketika memutar video penyebabnya adalah adanya bug sistem xiaomi itu sendiri, sehingga solusi yang banyak ditawarkan oleh para pengguna xiaomi lainnya adalah melakukan upgrade rom ke versi developer cina, dan dengan cara ini kabarnya bisa mengatasi permasalahan pada pemutar video, bahkan permasalahan lainnya juga dapat diatasi.
mengatasi masalah lag pada pemutar video xiaomi
Sayangnya melakukan update rom jelas tidak mudah, perlu proses yang tidak sebentar bahkan penuh resiko, sehingga saya pribadi belum pernah mencoba untuk melakukan update ROM, setelah mencari beberapa referensi akhirnya saya menemukan cara khusus untuk mengatas hang atau ngelag pada pemutar video xiaomi tanpa harus melakukan flashing atau menginstal rom xiaomi baru. dan dengan cara ini sudah saya buktikan bisa membuat pemutar video bawaan xiaomi menjadi normal.

Mengatasi Lag / Hang Pada pemutar Video Bawaan Xiaomi

Konon kabarnya kasus ngelag atau hang pada pemutar video xiaomi dialami juga oleh pengguna xiaomi versi lainnya, jika anda kebetulan mengalami permasalahan ini, maka disini saya akan coba uraikan bagaimana cara mengatasinya.

Cara ini saya buktikan sendiri pada hp xiaomi saya yaitu xiaomi redmi note 4 3/64 mediatek, semoga dengan cara ini bisa mengatasi permasalahan serupa yang terjadi pada perangkat hp xiaomi anda. 

Berikut adalah langkah-langkah mengatasi lag atau lemot pada pemutar bawaan xiaomi:
 
 
 

1. Cari dan instal MX-Player Pro

MX Player sebenarnya pemutar video buatan pihak ke 3, yang cukup ampuh dan memiliki fitur yang lumayan lengkap. Tugas anda sekarang adalah silahkan anda carai MX Player PRO.apk,  MX Player pro sebenarnya berbayar, namun anda bisa cari googling saja di internet ada banyak sekali yang sudah menyajikan download mx player yang sudah pro.Kenapa harus yang versi mx player pro, karena yang pro didalamnya terdapat fitur atau pengaturan khusus yang dapat membantu mengatasi permasalahan pada pemutar video xiaomi.
Jika sudah anda temukan dan sudah anda download, langkah selanjutnya silahkan anda instalkan pada perangkat hp xiaomi anda.

2. Aktifkan Dekoder perangkat keras pada MX Player Pro.

Setelah anda instal, silahkan buka MX player, jika muncul pesan "riwayat pembelian tidak ditemukan...." matikan dulu data seluler/wifi pada xiaomi anda, lalu aktifkan ulang mx player pro.Untuk mengaktifkan dekoder perangkat keras, maka silahkan anda klik titik tiga di pojok kanan atas halaman mx player, lalu pada menu yang muncul pilih menu Pengaturan > kemudian pilih menu Decoder, dan ceklis item-item Dekoder perangkat keras, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:



Mengatasi Lag atau hang pada pemutar video xiaomi


3. Tonton Video / Film (.MV4, AVI atau MKP) menggunakan MX Player
Silahkan anda tonton video atau film berdurasi panjang dengan MX player menggunakan pengaturan di atas. setelah menonton video dengan MX player, untuk video selanjutnya anda bisa menonton video dengan menggunakan pemutar video bawaan xiaomi.Setelah langkah-langkah  di atas anda coba, ingat jangan pernah menonton video menggunakan vlc android dan video dengan format  file-file video H.264, karena bisa merusak GPU perangkat anda.
Jangan heran, karena cara di atas sekaligus akan mampu membuat pemutar video bawaan xiaomi anda akan berjaan normal untuk menonton video selanjutnya, ini pernah saya alami dan setelah melakukan pengaturan video dan menonton video menggunakan MX player, dapat membuat pemutar video bawaan xiaomi menjadi berjalan normal ketika digunakan.
Jadi selanjutnya anda akan dapat memutar video dengan pemutar bawaan xiaomi dengan lancar, lag akan hilang dan video dapat diputar dengan normal.
Cara di atas saya alami sendiri dan benar-benar berhasil membuat pemutar bawaan xiaomi saya menjadi baik, mungkin bisa juga mengatasi permasalahan serupa yang anda alami, jika video anda masih memiliki kendala setelah melakukan cara di atas, maka anda bisa menggunakan MX player pro itu sendiri.

UPDATE:

Untuk anda yang masih mengalami permasalahan dengan pemutar video bawaan xiaomi yang sering ngelag alias lemot baik ketika digunakan menonton film bahkan ketika menonton youtube, silahkan anda lakukan update MIUI yang sudah tersedia via OTA (On the air).Untuk pengguna xiaomi redmi note dengan rom global atau cina yang bisa melakukan update OTA silahkan lakukan update MIUI ke versi 8.2.1.0, menggunakan aplikasi updater bawaan xiaomi.
Baca juga: mengenal rom xiaomi
Namun jika OTA tidak jalan silahkan lakukan update secara manual, caranya silahkan cari di internet banyak yang sudah share.
Pengalaman saya baru-baru ini terutama yang mengunakan xaomi redmi note 4 rom global official, setelah melakukan update , 4G masih tetap jalan, lag kamera dan pemutar video hilang, lag pada suara yang sebelumnya sering tersendat-sendar noise alias berisik ketika memutar music mp3 maupun bermain game sekarang sudah hilang, cara ini juga sekaligus dapa mengatasi lang just a sec... pada halaman home, silahkan dicoba.

Post a Comment for "Mengatasi Lag / Hang Pada pemutar Video Bawaan Xiaomi"