#4 Cara menonaktifkan aplikasi Whatsapp (WA) di hp android tanpa root

Blogiseng.web.id - Cara menonaktifkan aplikasi Whatsapp (WA) di hp android tanpa root - Ada beberapa alasan kenapa pengguna ingin meng off kan atau menonaktifkan aplikasi whatsapp di hp android yang mereka gunakan, bisa karena terganggu dengan pesan-pesan yang terus berdatangan, hapenya berat atau karena si pengguna ingin menonaktifkannya untuk sementara pada saat-saat tertentu.
Sebenarnya jika mau mereka bisa menghapus aplikasi wa dari hp android miliknya, namun Pengguna banyak yang memilih untuk menonaktifkan sementara whatsapp dan tidak menghapusnya (uninstal), karena mereka masih perlu menggunkan aplikasi tersebut, berhubung aplikasi tersebut saat ini banyak digunakan sebagai media untuk berkomunikasi saling kirim pesan paling laris.
Kita tau bahwa ketika aplikasi whats app aktif maka setiap kali pesan masuk akan muncul notifikasi pemberitahuan kepada pengguna, karena aplikasi wa akan terus dalam keadaan standbay tersinkronisasi secara online, tentu saja jika terlalu banyak pesan masuk akan menguras memory dan sumber daya baterai, sehingga tidak heran jika hp cepat panas jika terus dalam keadaan on.
Cara menonaktifkan whatsapp (off) di hp android
Apapun alasanya, sebenarnya menonaktifkan aplikasi whatsapp (wa) sangatlah mudah, bisa menggunakan aplikasi pihak ke 3, bahkan bisa juga hanya dengan melakukan pengaturan khusus yang tersedia di hp android yang digunakan, dengan menonaktifkan aplikasi wa,  maka wa tidak akan bisa menerima pesan masuk walaupun data seluler dalam keadaan aktif.

Cara menonaktifkan aplikasi Whatsapp (WA) di hp Android

Untuk anda yang ingin menonaktifkan whats app untuk sementara, maka ada beberapa cara yang bisa anda gunakan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara ke #1. Nonaktifkan Data seluler pada aplikasi whatsapp

Di beberapa hp android sebenarnya sudah terseida opsi untuk menonaktifkan data seluler untuk aplikasi tertentu, sehingga aplikasi tersebut tidak lagi bisa menggunakan koneksi internet. untuk beberapa hp android caranya mungkin saja berbeda.

Di HP Xiaomi
Untuk menonaktifkan data seluler di hp xiaomi langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Pilih Menu Security / keamanan

b. Pilih data Usage

c. Silahkan cari aplikasi Whatsapp kemudian nonaktifkan Mobile dan Wifi jika diingainkan

Dengan cara di atas whatsapp tidak akan menerima sambungan internet, namun anda tetap dapat melihat pesan masuk ketika data selular untuk whatsapp diaktifkan kembali.

Untuk pengguna HP Oppo
Kalau pakai HP OPPO, anda bisa masuk ke menu settings /Setelan > SIM Ganda & Jaringan Seluler. Nah dari situ anda bisa menonaktifkan aplikasi yang anda inginkan termasuk aplikasi whatsapp.


Cara ke #2. Stop (Force close aplikasi whatsapp) jika diinginkan

Langkah satu yang dapat anda gunakan adalah menstop whatsapp yang anda gunakan, di hp android anda, caranya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke menu settings / setelan

b. Pilih menu instaled apps / apps / app terinstal

c. cari dan klik pada aplikasi whatsapp  kemudian tekan tombol Force stop

Cara di atas akan secara otomatis menghentikan whatsapp aktif sehingga tidak lagi berjalan di latar belakang.

Cara ke #3. Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Cara kedua yang bisa anda gunakan adalah menonaktifkan untuk setiap notifikasi whatsapp. cara ini cocok untuk anda yang ingin agar notifikasi whatsapp tidak muncul, dengan cara ini pesan whatsapp tetap masuk ketika anda membuka aplikasi wa tersebut.

Untuk melakukan cara ini mungkin di beberapa hp android caranya sedikit berbeda. 

Untuk pengguna  hp xiaomi
Untuk pengguna hp xiaomi untuk menonaktifkan sementara whatsapp langkahnya adalah sebagai berikut:


a. Buka menu settings/ setelan

b. Pilih menu Notification & bar status / notifikasi dan status bar

c. Pilih lagi menu App Nonification / Notifikasi aplikasi

d. Pada daftar aplikasi yang muncul Cari dan klik whatsapp lalu pastikan opsi show notification dalam keadaan nonaktif.

Saya ingin status saya kelihatan Offline oleh teman whatsapp saya?

Jika maksud anda menonaktifkan whatsapp ingin agar status anda tidak kelihatan sedang online oleh teman whatsapp anda, maka anda tidak perlu melakukan langkah-langkah di atas.

Untuk merubah status whatsapp anda agar seperti kelihatan offline, maka anda bisa baca artikel berikut ini:

Cara ke #4: Nonaktifkan Wahatsapp menggunakan aplikasi pihak ke 3.

Untuk anda yang tidak tersedia cara-cara di atas maka alternatif berikutnya untuk menonaktifkan aplikasi whatsapp pada hp android anda adalah dengan mengunakan aplikasi android pihak ke 3.Ada banyak cara aplikasi pihak ke 3 yang dapat anda gunakan, salah satunya yang cukup populer adalah aplikasi dengan nama Mobiwol.
Aplikasi tersebut bisa dijalankan di hp android anda tanpa perlu di root (tanpa root), funsinya adalah untuk  mengamankan koneksi online juga sekaligus dapat digunakan untuk menghentikan / off kan aplikasi sehingga tidak aktif.
Apapun aplikasinya bisa dinonaktifkan dengan Mobiwol ini seperti Aplikasi BBM, Line, WhatsApp, UC Browser, Facebook, dll.
Langkah-langkah menonaktifkan aplikasi dengan mobiwol adalah sebagai berikut:
a. Langkah pertama, silahkan download dan pasang aplikasi Mobiwol di hp android anda melalui Google Play Store.
b. Buka aplikasi tersebut, kemudian aktifkan fitur firewall yang ada pada bagian atas sendiri. Ubah dari OFF jadi ON.
c. Selanjutnya masuk pada opsi “Firewall Rules”, lalu cari aplikasi WhatsApp dengan mengetikkan kata kunci WhatsApp. Lalu double klik pada ikon WhatsApp tersebut.
d. Centang pada bagian “Restrict Background” supaya Aplikasi WhatsApp tidak berjalan dibelakang background.
Dengan melakukan hal tersebut maka aplikasi WhatsApp tidak akan bisa berjalan kembali.
Jika dikemudian hari anda ingin mengaktifkan kembali aplikasi whatsapp tersebut, dengan langkah yang sama silahkan hilangkan centang pada bagian “Restrict Background” tersebut.
Selesai.
Anda bisa memilih salah satu cara di atas sesuai dengan yang anda inginkan, dengan cara-cara di atas maka akan mampu membuat aplikasi whatsapp berhenti sementara, sehingga akan lebih menghemat memory meringankan proses hp android anda.
Demikian mengenai Cara menonaktifkan aplikasi Whatsapp (WA) di hp android (xiaomi, oppo, dll), semoga bermanfaat.

Post a Comment for "#4 Cara menonaktifkan aplikasi Whatsapp (WA) di hp android tanpa root"