Sunday, 8 July 2018

Lengkap Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing - Cloud Computing (komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan).

Sederhananya adalah Cloud Computing merupakan cara suatu komputer bekerja sama dengan layanan internet untuk melakukan aktifitas yang berhubungan dengan data. Yang nantinya data dari komputer akan disimpan kedalam internet.

Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing
Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing

Karena berhubungan dengan internet, tentu Cloud Computing memiliki kekurangan dan kelebihan dalam penggunaannya. Berikut adalah Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing :

Kelebihan Cloud Computing
  1. Mudah mengakses, Semua orang dapat mengakses suatu data atau mendapat informasi dengan mudah. Kemudahan mengakses jika sesorang mempunyai koneksi internet.
  2. Fleksibilitas, Seseorang yang menggunakan Cloud computing dapat menyimpan informasi dengan mudah dan dapat mengaksesnya kembali menggunakan koneksi internet, sehingga tidak memerlukan tempat penyimpanan seperti harddisk.
  3. Penghematan adalah kelebihan lain dari cloud computing, khususnya bagi perusahaan-perusahaan besar. Dengan adanya sistem komputasi awan memungkinkan perusahaan untuk mengurangi infrastruktur komputer yang memerlukan biaya pengadaan dan perawatan cukup besar, hal ini juga berarti staf IT yang diperlukan tidak terlalu banyak, dan staf IT yang ada tidak terlalu berurusan dengan update, konfigurasi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan komputasi. Dengan adanya cloud computing, kita juga tidak dihadapkan dengan beban biaya untuk membayar lisensi atas software-software yang kita instal dan kita gunakan, karena semua software sudah bisa digunakan  melalui cloud computing.
  4. Bisa menghemat waktu sehingga perusahaan bisa langsung fokus ke profit dan berkembang dengan cepat.
  5. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah karena sistem pribadi/perusahaan yang tersambung dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.
  6. Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.
  7. Mengubah CAPEX Menjadi OPEX, CAPEX = Capital Expenditure (pengeluaran modal), sedangkan OPEX = Operational Expenditure (pengeluaran modal). Seperti kelebihan sebelumnya, ini masih seputar masalah keuangan. Jadi dengan menggunakan teknologi cloud computer ini, kita tidak harus melakukan pengeluaran modal, sebaliknya kita hanya melakukan pengeluaran operational.
  8. Lentur dan Mudah Dikembangkan, Sesuai dengan salah 1 karakter cloud computing yaitu “Rapid Elasticity”, maka ini juga merupakan salah 1 kelebihan cloud computing. Jadi customer bisa dengan mudah menaikkan atau menurunkan resource yang dipakai, dan ini akan mempengaruhi cost yang mereka keluarkan.
  9. Fokus pada bisnis bukan pada TI, Dengan mempercayakan semua pengelolaan seputar IT pada cloud service provider, maka kita akan lebih focus pada bisnis kita bukan pada pengelolaan IT nya.


Kekurangan Cloud Computing

  1. Harus ada koneksi internet, untuk menggunkana layanan clod computing, kita harus memiliki koneksi internet, jika tidak ada maka anda tidak dapat mengaksesnya.
  2. Keamanan dan kerahasiaan, Dengan menggunakan sistem cloud computing berarti kita mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan data-data kepada perusahaan penyedia server cloud computing
  3. Kualitas server cloud computing adalah salah satu pertimbangan terpenting sebelum kita memutuskan untuk menyediakan jasa penyedia server coud computing. Bukan tidak mungkin kita akan dirugikan ketik server tempat dimana kita menyimpan file atau akses program sewaktu-waktu akan down atau berperforma buruk, alih-alih kita semakin dimudahkan dengan komputasi awan justru kita malah dirugikan karena kualitas server yang buruk.
  4. Komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban. Dan juga perusahaan yang menyewa layanan dari cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya. Jadi, semua tergantung dari kondisi vendor/penyedia layanan cloud computing. Jika server vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan mengalami kerugian besar.
  5. compliance, yang mengacu pada resiko adanya penyimpangan level compliance dari provider terhadap regulasi yang diterapkan oleh user,
  6. data ownership mengacu pada resiko kehilangan kepemilikan data begitu data disimpan dalam cloud,
  7. data mobility, yang mengacu pada kemungkinan share data antar cloud service dan cara memperoleh kembali data jika suatu saat user melakukan proses terminasi terhadap layanan cloud Computing.  






Yang Mungkin Kamu Cari:


EmoticonEmoticon