Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Booting Saat Dinyalakan


10 Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Booting Saat Dinyalakan - Booting adalah proses merestart ulang sistem komputer agar semua cara kerjanya lebih baik sebelum digunakan. Saat komputer dinyalakan, biasanya proses booting akan terjadi.

Tapi, pernah gak sih kalian ngerasain ketika menyalakan komputer tetapi komputer tidak mau masuk ke windows?, Komputer restart terus-menerus?, atau biasanya menampilkan layar hitam dengan berbagai tulisan yang menyatakan bahwa komputer mengalami masalah?. Padahal, komputer menyala tetapi tidak mau booting?

Nah, ketika sudah mengalami gejala-gejala kerusakan pada sistem komputer kita harus cepat memperbaikinya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Untuk mengetahui mengapa komputer tidak mau melakukan proses booting, silahkan simak penjelasan berikut ini.


Analisa Masalah :
Setelah ditekan tombol power, komputer hidup. indikator power-on juga terlihat nyala. tetapi setelah ditunggu sekian waktu, sistem operasi komputer tidak segera aktif, komputer terhenti pada pertengahan proses dan komputer tidak mau masuk ke tampilan windows.

Solusi :
Perhatikan dengan baik, apakah kondisi layar monitor gelap dan komputer membunyikan beep secara berulang-ulang. jika ya, berarti itu pertanda bahwa anda akan segera dapat mendeteksi kesalahan yang ada pada komputer anda. bunyi beep tersebut merupakan pertanda bahwa BIOS yang terpasang pada motherboard melakukan POST ketika komputer dinyalakan dan berhasil mendeteksi adanya kesalahan. dengarkan bagaimana bunyi beep yang terdengar pada speaker anda. contoh jika terdengar beep 1 kali panjang atau beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek.

Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Booting :

#1 Pastikan PSU yang terhubung dengan CPU terpasang dengan baik, karena jika tidak dipastikan terpasang dengan benar, bisa menyebabkan komputer tidak mau booting.

#2 Matikan komputer anda, matikan stabilizer, cabut semua kabelnya kemudian buka casingnya. bawa PC ke tempat yang terang atau sediakan senter untuk membantu anda melihat lebih jelas kedalamnya

#3 Jika yang terdeteksi adalah beep dengan tanda kerusakan memory, anda dapat melakukan pengecekan terhadap kartu memori apakah sudah tertancap dengan benar pada slotnya. karena ini sering kali menjadi penyebabnya. buka penguncinya, cabut kartu memorinya, tancapkan kembali dengan benar. jangan lupa untuk mengunci kembali slot tersebut. pastikan juga kartu memori anda dalam keadaan baik, tidak cacat dan tidak rusak.

#4 Jika yang terdeteksi adalah beep dengan tanda kerusakan VGA card, anda dapat memeriksa kembali posisi VGA card pada slot-nya apakah sudah terpasang dengan benar. jika perlu, buka dan pasang kembali card tersebut

#5 Sekaligus saja, pastika kartu-kartu dan kabel-kabel didalam PC tersambung dengan baik, dan tidak mengalami cacat atau bahkan putus sambungannya. prinsipnya, agar komputer berjalan baik, maka semua komponen harus berada dalam posisi yang benar dan dalam kondisi baik pula

#6 Sekaligus check bahwa motherboard anda tidak tergores. jalur-jalur tembaganya masih bagus dan tidak terpotong oleh sayatan benda tajam

#7 Jika anda yakin bahwa RAM dan VGA card sudah terpasang dengan benar, nyalakan kembali komputer tersebut

#8 Bila ternyata kasusnya masih sama, cobalah untuk menukar lokasi kartu memori atau VGA card ke slot yang lain. bisa juga slotnya yang rusak. kemudian lakukan test dengan menyalakan kembali komputer

#9 Pastikan Harddisk dalam kondisi baik, kerusakan pada harddisk atau harddisk yang tidak terpasang dengan baik komputer biasanya tidak mau booting. Lakukan pergantian harddisk jika memang menemukan masalah pada harddisk, atau jika harddisk terpasangnya kurang tepat segera perbaiki posisinya.

#10 kalau tidak selesai juga, konsultasikan ke teknisi servis komputer

Jika cara ke 10 diatas masih kurang bekerja, silahkan mencoba tips terakhir cara mengatasi komputer tidak mau booting berikut ini :

#11. Pada komputer, terdapat papan sirkuit bernama Motherboard. Lalu pada papan motherboard tersebut, ada yang namanya Baterai CMOS. Kejadian komputer tidak mau booting bisa disebabkan karena baterai CMOS ini. Coba buka baterai CMOS tersebut, lalu diamkan beberapa menit. Setelah itu pasang kembali.


Yang Mungkin Kamu Cari:

Post a Comment for "Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Booting Saat Dinyalakan"