Saturday, 17 November 2018

Cara Mudah Mengembalikan File / data yang terhapus di hp android (video, musik/lagu/mp3, foto dan data penting lainnya)

Blogiseng.web.id - Cara Mudah Mengembalikan (Recovery) File, video, mp3, foto dan data penting yang terhapus di HP andorid -Kita ketahui bersama bahwa ponsel android saat ini sudah menjadi salah satu ponsel pintar terpopuler didunia, selain dapat digunakan untuk kebutuhan komunikasi serta multimedia hp android saat ini sudah dilengkapi dengan media penyimpanan yang siap digunakan layaknya sebuah  flash disk.
Di perangkat android saat ini ada 2 kategori penyimpanan yang bisa kita gunakan, yang pertama adalah penyimpanan internal atau disebut sebagai memory internal dan yang kedua adalah penyimpanan ekternal disebut sebagai memroy ekternal (berupa SD Card). Memory internal biasanya sudah build in dengan perangkat android dan sifatnya tidak portable alias tidak bisa dibongkar pasang, sedangkan memory ekternal sifatnya portable dan bisa kita bongkar pasang, biasanya berupa SD Card yang memiliki ukuran kapasitas bermacam-macam.
Mengembalikan data yang hilang di hp android

Penyimpanan yang terdapat pada ponsel android  sebenarnya berfungsi untuk menyimpan file-file aktifitas sistem, namun penyimpanan tersebut saat ini bisa juga digunakan untuk menyipan data lainnya seperti file gambar/foto yang diambil melalui perangkat kamera, file hasil rekaman video, file hasil rekaman suara, data yang dishare melalui media sosial seperti facebook, whats app, bbm dan data-data lainnya.

Selain digunakan oleh sistem android itu sendiri, perangkat penyimpanan tersebut juga bisa digunakan untuk menyimpan data-data  komputer lainnya, seperti data music, film video, dokumen microsoft word, dan data-data penting lainnya.
 

Data Yang terhapus di hp android masih memiliki kesempatan untuk dicari dan dikembalikan

Sama halnya dengan media penyimpanan falsh disk, media penyimpanan hp android juga rentan hilang, penyebabnya bisa karena terformat, melakukan factory reset (dikembalikan ke setelan pabrik, terkena virus atau terhapus tanpa disengaja, bahkan ada yang mengalami kehilangan data setelah hpnya di root.Permasalahan ini sering sekali dialami oleh banyak pengguna android, mereka kehilangan data seprti lagu / music / mp3, file video dan data lainnya yang dianggapnya sangat penting, sehingga banyak sekali diantara mereka menggunakan berbagai cara untuk berusaha untuk mengembalikan data android yang terhapus dan hilang dari perangkat penyimpanan android miliknya.
Perlu anda ketahui bahwa data android yang hilang baik karena terhapus maupun terformat, sebenarnya tidak terhapus 100% secara permanen, biasanya data tersebut masih meninggalkan jejak yang akan hilang dalam periode waktu tertentu, sehingga data yang terhapus memungkinkan untuk dikembalikan.
Untuk mengembalikan data yang sudah terlanjur dihapus sebenarnya  sangat sulit jika dilakukan secara manual, cara paling praktis dan mudah adalah dengan memanfaatkan tool pihak ketiga yang khusus dapat digunakan untuk mengambalikan data terhapus. tool -tool seperti itu biasanya dirancang untuk melakukan pencarian ke sistem penyimpanan android terdalam sehingga memungkinkan dapat mengangangkat data yang sudah terhapus.
Saat ini ada banyak sekali tool-tool pihak ke 3 yang bisa digunakan untuk mengembalikan data android yang terhapus ada yang support versi root dan ada juga yang tidak, kita bisa menggunakan tool-tool tersebut untuk mengembalikan data terhapus pada perangkat android yang kita gunakan, jika hp anda sudah diroot maka anda bisa menggunakan tool yang memang dikhususkan untuk di root, namun jika hp belum di root anda juga bisa menggunakan tool yang memang dikhususkan untuk hp yang belum di root.


Baca Juga:

9 keluhan pengguna hp xiaomi (all version / seri) yang sering dialami




Cara Mengembalikan File foto dan data yang terhapus di andorid

Saat ini ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan data penting yang terhapus di hp android, baik itu data kontek, foto, file, video, lagu, music mp3 rekaman dan data penting lainnya.Di artikel kali ini saya akan coba uraikan langkah-langkah bagaimana cara mengembalikan data berharga yang terhapus di perangkat android anda dengan menggunakan bantual tool pihak ke 3, saya akan menguraikan 2 cara yang pertama untuk perangkat android yang sudah di root dan yang kedua untuk perangkat android yang belum di root.
Yang anda butuhkan hanya perangkat android anda dan juga aplikasi android pihak ke 3 yang harus anda instal di perangkat android anda.

Untuk Android yang sudah di Root ini Cara mengembalikan file foto, video, data kontak dll yang terhapus

Khusus untuk hp yang sudah di root anda bisa menggunakan cara yang satu ini, cara ini cukup ampuh mengembalikan data penting pada hp android anda yang sudah terhapus.Untuk mengembalikan data yang terhapus pada perangkat android yang sudah terhapus untuk perangkat yang sudah di root caranya sangat mudah, karena saat ini ada banyak sekali aplikasi-aplikasi android yang khusus digunakan untuk melakukan recovery data yang terhapus namun khusus untuk perangkat yang sudah di root.
Jadi Jika perangkat anda sudah di root sebaiknya pilih cara ini untuk mengembalikan data hp android anda yang terhapus. tanpa perlu menggunakan komputer pc atau laptop, cukup menggunakan aplikasi android khusus yang sudah anda instal di perangkat android anda.
Untuk mengembalikan data terhapus pada perangkat android anda yang sudah di root, anda bisa coba salah satu aplikasi di bawah ini:

a. Disk Digger Undelete

Aplikasi ini tersedia dalam 2 versi, yaitu versi  gratis dan versi pro alias permium atau berbayar, perbedaannya jika gratis maka hanya bisa mencari file-file foto atau gambar dalam format PNG, JPG dan MP4, sedangkan untuk format lainnya hanya tersedia pada versi pro.Aplikasi ini penggunannya menggunakan akses root, cocok sekali anda gunakan untuk mencari dan mengembalikan data foto, gambar, video format mp4 yang sudah terhapus sebelumnya tanpa harus menggunakan perangkat komputer PC atau laptop.
Oleh karena itu Jika anda menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan data yang terhapus di penyimpanan ekternal/internal hp android anda, maka pastikan hp android anda sudah dalam keadaan di root.
Langkah-langkahnya mengembalikan data terhapus dengan aplikasi disk digger undeleted adalah sebagai berikut:
1. Download aplikasi disk digger di google play store, silahkan cari menggunakan kata kunci disk digger, atau klik disini
2. Instal apliksi tersebut pada perangkat android anda, lalu jalankan, jika meminta akses root, tekan saja izinkan.
3. Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih format file yang ingin anda cari dan recovery, silahkan anda ceklis saja pada format file yang dimaksud seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Mengembalikan data android yang terhapus dengan disk digger undeleted

4. Jika sudah silakan tekan tombol OK, apliksi disk digger akan mencari data-data yang dimaksud yang sudah terhapus sebelumnya.
5. Data gambar dan mp 4 yang ditemukan akan ditampilkan pada hasil pencarian, seperti gambar di bawah ini:

4. Klik pada gambar 3 titik lalu pada menu yang muncul pilih saja menu Save this file localy, lalu anda akan diminta untuk memilih lokasi penyimpanan, pilih dan tekan tombol OK, dengan demikian data recovery akan tersimpan kembali di perangkat android anda.
 
Sangat mudah bukan, silahkan anda coba sendiri, semoga berhasil.
 

2. Undeleter Recover File and Data

Aplikasi kedua yang dapat anda coba untuk mengembalikan data penting yang terhapus di hp android anda adalah menggunakan aplikasi undeleter recover file and data.Aplikasi ini adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan khusus untuk perangkat android yang sudah di root. seperti halnya aplikasi recovery lainya aplikasi ini juga dapat anda gunakan untuk mencari dan mengembalikan file foto gambar dan data lainnya yang terhapus di ponsel android anda.
Untuk menggunakan aplikasi ini langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Silahkan download dan instal apliksi undeleter recover file and data dari google play store.
b. Setelah diinstal silahkan aktifkan, jika Super user meminta akses root silahkan izinkan.
c. Nanti akan ditampilkan 2 pilihan menu recover file dan menu recover data:
Silahkan pilih Restore files jika anda ingin mengembalikan file-file yang sudah terhapus sebelumnya seperti video, film lagu, music, mp3 dan data penting lainnya. dan pilih restore data jika anda ingin mengembalikan data SMS yang terhapus.
d. Kemudian berikutnya silahkan anda pilih lokasi penyimpanan yang datanya ingin dikembalikan bisa memory internal maupun memory ekternal.
e. Di halaman selanjutnya akan ada 2 pilihan yaitu,  Journal Scan dan Deep Scan. Pilih jurnal scan untuk mode cepat data yang dihapus akan dicari untuk dikembalikan, dan pilih deep scan jika jurnal scan tidak membuahkan hasil, deep scan akan membuat aplikasi melakukan pencarian secara detail.
f. Silahkan lakukan scan, scan akan memakan waktu beberapa saat, jika data yang terhapus berhasil ditemukan, maka hasilnya akan ditampilkan

g. Silahkan klik gambar yang menurut anda penting dan harus dikembalikan. Semoga langkah-langkah diatas bisa membantu untuk mengembalikan file data yang terhapus secara permanen.
 

Mengembalikan data foto, video dll pada HP android yang belum di ROOT

Walaupun tidak semudah dan se praktis hp android yang sudah di root, untuk mengembalikan file, foto, video dan data penting lainnya di hp android yang belum di root kabarnya sedikit sukar. Jika anda mau lebih baik silahkan root dulu hp anda, lalu lakukan proses recovery data menggunakan cara-cara yang telah di uraikan di atas.Namun jika anda tidak mau mengambil resiko dan tidak mau ribet harus melakukan root dulu, anda bisa menggunakan aplikasi piriform recuva, sayangnya aplikasi ini bukan aplikasi berbasis android namun aplikasi berbasis window, jadi untuk mengembalikan data terhapus dengan sofware ini membutuhkan perangkat komputer PC atau laptop.
aplikasi desktop untuk mengembalikan data yang terhapus di android
Aplikasi ini cukup ampuh dan sering direkomendasikan oleh pengguna android berpengalaman karena kinerjanya yang sangat bagus dan rata-rata berhasil mengembalikan data/file yang terhapus.
Untuk mengambalikan file yang terhapus menggunakan piriform recovery langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan download dan instal software piriform recovery di komputer PC atau laptop anda.
2. Lalu hubungkan Android anda ke komputer PC melalui kabel USB atau Card reader.
3. Pastikan memori Android sudah terdeteksi, lalu buka aplikasi Recuva.
4. Lalu Pilih jenis file yang ingin anda kembalikan, pilih All files jika anda ingin mengembalikan semua jenis file yang ada di SD Card / memory internal hp anda.
5. Kemudian Pilih di drive mana lokasi file yang ingin dikembalikan. Pilih In a specific location jika ingin memilih lokasi memori. Pilih I'm Not Sure jika sobat lupa lokasi file yang ingin dikembalikan.
6. Setelah selesai silahkan centang pada Enable Deep Scan agar aplikasi melakukan pencarian secara detail kedalam sistem. kemudian silahkan klik start untuk memulai pencarian.
Jika file yang terhapus telah ditemukan oleh Recuva, maka tugas anda selanjutnya adalah centang pada file tersebut, kemudian klik kanan dan pilih menu Recover Checked. Lalu pilih di drive mana sobat akan menyimpan file tersebut, misalnya di photo, lalu klik OK.  File akan tersimpan di komputer, selanjutnya anda bisa melakukan copy paste file tersebut ke perangkat android anda.

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan file foto gambar, video dan data penting lainnya yang sudah terlanjur terhapus di hp android anda, perlu anda ketahui bahwa ada banyak sekali aplikasi android pihak ke 3 maupun aplikasi berbasis desktop yang bisa digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus, aplikasi yang diuraikan di atas diantaranya, anda bisa coba. semoga berhasil.


EmoticonEmoticon