Saturday, 6 October 2018

Mengenal apa itu TWRP/ CWM Recovery di HP android (xiaomi)

Blogiseng.web.id - Sering ngoprek hp android atau mencoba ingin menjadi opreker android anda pasti setidaknya akan mengenal istilah  TWRP atau mungkin saja CWM, TWPR dan CWM ini sebenarnya dari sisi fungsi keduanya sama, merupakan tool recovery atau tool pemulihan perangkat android yang dapat digunakan untuk beberapa keperluan, untuk backup, melakukan flashing, reset dan lain sebagainya.
Di beberapa merk hp android memang di dalamnya ada yang sudah dilengkapi dengan mode recovery seperti di hp xiaomi  salah satunya, namun tidak semua hp xiami memiliki fitur recovery di dalamnya, beberapa diantaranya ada juga yang tidak ada tool recovery,  tool recovery ini sebagai salah satu alternatif yang bisa digunakan oleh pengguna ketika mereka ingin memulihkan dan memodifikasi sistem android di hp tersebut ketika hp mengalami trouble.
mengenal recovery twrp / cwm di hp dengan sistem operasi android

Di beberapa versi xiaomi tool rcovery memang sudah disediakan sebagai fitur bawaan, tapi kabarnya tool recovery yang sudah disediakan oleh xiaomi kurang user friendly bahkan secara bawaan masih menggunakan bahasa cina. oleh karena itu banyak pengguna yang mencoba melakukan customisasi recovery (mengganti recovery bawaan).
Sistem recovery yang saat ini paling banyak dipilih untuk diinstal di perangkat xiaomi adalah TWRP/CWM Recovery, kedua tool tersebut adalah tool recovery gratis namun memiliki fitur yang sangat lengkap serta mudah sekali dalam penggunaannya.
 Lantas apa itu TWRP? dan apa itu CWM ?

Mengenal apa itu TWRP/ CWM Recovery di HP xaomi

Untuk memahami lebih jauh tetang TWRP dan CWM recovery maka di artikel kali ini saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu TWRP dan apa itu CWM:

TWRP Recovery

TWRP merupakan kepanjangan dari Team win recovery project, sebuah tool atau software gratis yang dapat diinstal di perangkat android  yang fungsinya untuk digunakan sebagai tool yang dapat membantu pemulihan perangkan android.
Tampilan twrp recovery
Sekali lagi tidak semua perangkat android dilengkapi tool recovery, agar hp anda memiliki fitur recovery maka salah satu yang bisa anda gunakan adalah twrp recovery,  namun sebelum bisa digunakan tool ini harus diinstal di perangkat android anda melalui flashing recovery.
Dengan memasang TWRP di perangkat androi, maka ketika pengguna masuk ke mode Recovery, anda akan melihat tampilan mode TWRP yang siap untuk dioperasikan dengan mudah, dan kabarnya saat ini TWRP sudah mendukung touch screen.

CWM Recovery

CWM recovery sebenarnya merupakan kepanjangan dari Clockwordmod, yang secara fungsi dan kegunaan tidak jauh berbeda dengan TWRP keduanya sama-sama sebagai tool recovery.
Tapi kabarnya CWM dari sisi tampilan sangat mirip tampilan Recovery bawaan sistem android, bahkan CWM ini ternyata merupakan tool recovery hasil modifikasi Recovery bawaan android sehingga dari sisi tampilan tidak jauh berbeda dengan fitur recovery bawan android, namun CWM fiturnya jauh lebih lengkap.
Dari sisi kemudahan pengoperasian, jika dibandingkan dengan TWRP memang lebih user friendly TWRP, karenaTWRP sudah support touch screen, sedangkan CWM pengoperasiannya masih  menggunakan Navigasi tombol-tombol perangkat hp.

Apa sih Sebenarnya fungsi Fitur Recovery ini dan kenapa memilih TWRP / CWM?

Keberadaan fitur recovery ini jelas sangat membantu pengguna terutama ketika pengguna berurusan dengan recoery atau pemulihan yang berkaitan dengan perangkat lunak sistem android.
Alasan pengguna lebih memilih untuk memasang dan menggunakan recovery bawaan adalah sebagai berikut: 

1. TWRP atau CWM recovery lebih user friendly

Alasan pertama kenapa banyak pengguna yang memilih TWRP dan CWM dari pada recovery bawaan sistem android adalah karena TWRP / CWM fiurnya lebih lengkap serta lebih mudah digunakan.
 

2. Pengguna dapat Melakukan backup dan restore sistem android dengan mudah.

Melalui recovery anda dapat dengan mudah melakukan backup dan restore sistem android perangkat anda, dengan melakukan backup sistem, jika dikemudian hari perangkat android anda secara software mengalami kerusakan maka anda dapat memulihkannya dengan melakukan restore sistem. untuk urusan ini peran recovery sangat prakis.
 

3. Melakukan flashing rom

Flashing atau instal ulang memang terkadang diperlukan untuk memodifikasi rom, salah satu tool alternatif yang dapat digunakan untuk instal ulang rom atau flashing rom adalah melalui recovery, cukup mudah dan cepa

4. Wipe Sistem

Wipe atau hapus dapat digunakan untuk melakukan factory reset sehingga sistem kembali ke pengaturan awal, walaupun di beberapa perangkat android sudah menyediakan aplikasi untuk memfasilitasi melakukan factory reset, factory reset juga bisa dilakukan melalui tool recovery.
 

Bagaimana cara menggunakan Recovery TWRP/ CWM di HP xiaomi

Jika anda pemula mungkin anda akan sedikit bertanya penggunaannya bagaimana, sebelum menggunakan TWRP/CWM, recovery di hp xiaomi  anda harus sudah di custom dengan cara flash recovery (instal recovery) dengan cara-cara khusus.Setelah Custum recovery  TWRP/CWM terpasang, maka untuk menggunakan recovery tersebut anda harus masuk ke mode recovery di hp xiaomi anda.
Seperti yang pernah saya jelaskan di arikel sebelumnya mengenai 3 cara masuk dan keluar TWRP recovery, untuk masuk ke mode recovery di ponsel xiaomi salah satunya adalah dengan menekan tombol volume + dan Tombol Power secara bersamaan dalam beberapa detik  ketika hp dalam keadaan mati.
dengan menekan tombol tersebut, anda akan masuk ke tamplan mode recovery dan anda bisa langsung mengoperasikan tool recovery tersebut.
Demkian artikel yang dapat saya sajikan terkait recovery di sistem operasi android, dengan membaca artikel di atas setidaknya anda bisa mendapakatkan tambahan informasi tentang apa itu TWRP/ CWM Recovery di HP xaomi dan kenapa diperlukan. semoga bermanfaat


Backlink:


EmoticonEmoticon