Saturday, 6 October 2018

Mengatasi tidak bisa instal aplikasi di hp android karena memory penuh

Blogiseng.web.id - Mengatasi tidak bisa instal aplikasi di hp android karena memory penuh - Tersedianya Beragam aplikasi android yang bisa kita instal di perngkat android, terkadang membuat si pengguna tanpa kontrol menginstal berbagai aplikasi di perangkat android miliknya, sehingga hampir semua aplikasi yang dianggapnya menarik terpasang di hp android miliknya.
Sebenarnya tidak masalah sih, selama kita mengetahui kondisi perangkat, namun jika perangkat memiliki memory terbatas lantas terus dijejali dengan menginstal banyak aplikasi yang kegunaannya tidak terlalu penting, maka akan menyebabkan memory internal hp android anda penuh, sehingga anda akan kesulitan menginstal aplikasi android lainnya dengan alasan memory penuh.
Jika penyebab tidak bisa instal aplikasi disebabkan karena memory penuh, maka ada banyak alternatif yang bisa dicoba, tujuannya adalah mengosongkan memory hp android anda agar ruangnya cukup kosong digunakan untuk menginstal aplikasi lainnya.
Berdasarkan referensi yang diperoleh dari blog strukturkode mengenai solusi tidak cukup ruang di hp android, Alternatif yang bisa anda coba ketika anda tidak bisa menginstal aplikasi android di hp anda dengan alasan memory penuh diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Download aplikasi dari luar google play store lalu instal di hp anda

Jika anda tidak bisa instal aplikasi ketika anda memasangnya dari google play store dengan alasan memory penuh, maka salah satu alternatif yang cukup ampuh adalah mendapatkan aplikasi yang dimaksud dari luar google play store, anda bisa mencarinya di google,  lalu instal di hp android anda.Agar aplikasi dari luar google play store dapat anda instal, anda harus mengaktifkan opsi sumber tak dikenal di hp android anda, sehingga ketika aplikasi diinstal tidak akan dicekal.
Ini sering saya lakukan, terutama ketika update aplikasi dari google play store, update tidak bisa dilakukan karena memory penuh, padahal ketika dicek memory masih cukup banyak.

2. Bersihkan Cache dan Data google play store & Google play service

Alternatif kedua yang bisa anda coba adalah membersihkan cache dan data aplikasi google play store.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a. Masuk ke setelan / settings
b. Pilih menu apl / system apl atau instaled apl, dibeberapa merk hp mungkin menunya berbeda.
c. di halaman apl anda akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di hp android anda, silahkan cari aplikasi google play store store, lalu klik untuk menuju halaman info aplikasi.
Di halaman info aplikasi silahkan anda cari dan tekan tombol Bersihkan data & cache.
Dengan langkah yang sama, cari juga aplikasi play service, lalu lakukan juga bersihkan data & cache.

3. Pindahkan sebagian aplikasi ke SD Card

Alternatif ketiga yang bisa anda lakukan adalah memindahkan aplikasi yang terpasang di memory internal ke SDCard, sehingga kapasitas memory internal bisa lebih kosong.Langkah-langkah untuk memindahkan data/ aplikasi dari memory internal ke sd card adalah sebagai berikut:
a. Pastikan sd card sudah terpasang di hp android anda.
b. Buka pengaturan / settings
c. Pilih menu Instaled apps / apps/ atau manager aplikasi
d. Lalu cari aplikasi yang ingin anda pindahkan kemudian klik untuk menuju ke halaman info aplikasi yang bersangkutan
e. Kemudian tekan tombol Move to SD Card seperti terlihat di gambar di bawah ini:

Oh ya perlu diingat tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke SD Card, silahkan anda pilih aplikasi lainnya untuk dipindahkan ke sdcard. biasanya data dari aplikasi tersebut akan dipindahkan ke sd card sementara file sistemnya akan tetap di memory internal, namun walaupun begitu cukup bisa mengosongkan ruang memory internal perangkat android anda.

5. Hapus aplikasi yang tidak terlalu penting

Cara berikutnya agar anda bisa menginstal aplikasi yang anda inginkan sementara memory penuh adalah mencopot aplikasi yang anda anggap tidak terlalu penting. setelah dicopot silahkan lakukan instalasi ulang.

6. Factory reset

Ini mungkin langkah terakhir, jika langkah-langkah di atas masih tidak bisa memberikan solusi, silahkan coba factory reset kemungkinan di memory anda sudah terlalu penuh dengan sampah-sampah aplikasi yang tidak bisa dibersihkan.Semoga dengan langkah-langkah di atas anda bisa Mengatasi tidak bisa instal aplikasi di hp android karena memory penuh, selamat mencoba


EmoticonEmoticon