Sunday, 14 October 2018

Kenali perbedaan garansi distributor vs resmi hp xiaomi sebelum membelinya

blogiseng.web.id -Salah satu yang harus dipertimbangkan sebelum membeli smartphone, baik itu smartphone xiaomi, asus zenfone, samsung, oppo dan merk hp lainny adalah garansi, garansi diperuntukan untuk melakukan claim jika terjadi kerusakan atau hal-hal yang tidak diinginkan terhadap produk yang dibeli.
Biasanya smartphone yang dijual di indonesia memiliki berbagai macam garansi, aga 3 garansi yang saat ini banyak dikenal yaitu, garansi resmi, garansi distributor dan garansi toko. Perbedaan ketiga garansi pada umumnya terletak pada mudah tidaknya layanan purna jual (after sales) ketika produk mengalami kerusakan, namun terkadang kualitas produk dan harga produk juga menentukan.
Di artikel kali ini saya akan coba uraikan perbedaan garansi resmi dan garansi distributor untuk smartphone xiaomi yang banyak beredar di pasar indonesia.
membedakan garansi resmi dan distributor xiaomi
Kita ketahui bersama bahwa produk dari xiaomi saat ini kabarnya menempati urutan kedua setelah samsung sebagai smartphone yang paling banyak dijual, ini karena xiaomi rata-rata memiliki spek yang tinggi dan harga yang cukup murah jika dibadingkan dengan merk hp lainnya dengan spesifikasi yang sama, apalagi karena inovasi dan desainnya yang unik, banyak yang menganggap xiaomi sebagai iphone dari negeri tirai bambu.
Atas dasar tersebut sepertinya banyak orang yang sangat berminat untuk memiliki hp xiaomi, karena walaupun murah xiaomi tidak lantas di cap sebagai hp murahan walaupun buatan cina, xiaomi mampu menjadi salah satu perangkat mobile yang dianggap cukup elegan dan layak untuk dimiliki.
Untuk anda yang berminat ingin membeli smartphone xiaomi, maka selain memilih jenis rom xiaomi terbaik, anda juga harus mampu mempertimbangkan garansi yang anda pilih, agar anda tidak merasa dirugikan setelah membelinya.
Untuk produk xiaomi ada 2 garansi yang banyak dikenal garansi distributor dan garansi resmi, tentunya kedua garansi tersebut memiliki perbedaan, dan ini biasanya sering membuat bingung pelanggan, mana yang harus dipilih apakah memilih garansi resmi atau distributor, oleh karena itu agar hati anda mantap menentukan garansi yang harus anda pilih, maka anda harus mengenali kedua perbedaan garansi tersebut.

Perbedaan garansi resmi vs garansi distributor HP xiaomi

Garansi adalah salah satu dari 2 hal yang harus difikirkan sebelum membeli hp xiaomi. Untuk menambah informasi anda tentang masalah garansi xiaomi, maka di artikel ini saya akan uraikan perbedaan antara garansi resmi dan distributor sebagai berikut:

1. Xiaomi Garansi Resmi

HP xiaomi dengan garansi resmi merupakan produk xiaomi yang dijual oleh distributor indonesia yang sudah ditunjuk langsung oleh perusahaan xiaomi untuk memasarkan produknya di indonesia, walaupun hp xiaomi berasal dari tiongkok, jika produk yang dijual melalui lewat distributor resmi, produk akan menyesuaikan dengan pasar indonesia, baik dari sisi hardware maupun software.


Baca Juga:

Trik Cepat Memindahkan file / data dari pesan WhatsApp ke Komputer PC atau laptop

 

Siapakah pemengang garansi resmi xiaomi di indonesia ?
Pemengang garansi resmi untuk xiaomi di pasar indoensia adalah Trikomsel (TAM) dan erajaya, jadi untuk anda yang ingin membeli hp xiaomi dan ingin mendapatkan produk garansi resmi pastikan bahwa garansi produk anda dari trikomsel (TAM) atau erajaya.
Garansi resmi adalah garansi yang paling baik jika dibandingkan dengan garansi distributor, jika anda ingin membeli hp xiaomi pastikan untuk memilih garansi resmi.
Apa utungnya memilih garansi resmi ?
Produk xiaomi dengan garansi resmi memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan garansi distributor, sebagai berikut:
  • Kualitas produk sangat terjamin, produk xiaomi garansi resmi benar-benar sangat diperhatikan dan sangat terjamin, walaupun harganya bisa saja sedikit mahal jika dibandingkan garansi distributor.
  • Klaim, layanan purna jual lebih mudah, Jika terjadi masalah pada produk maka anda bisa melakukan claim garansi di service center yang tersebar di beberapa kota, anda tidak perlu memperbaikinya ke distributor tempat anda membeli, dengan garansi resmi anda cukup mendatangi service center terdekat di kota anda.

2. Garansi distributor xiaomi

Selain garansi resmi xiaomi juga banyak dijual dengan garansi distirubitor, produk xiaomi dengan garansi distributor adalah produk xiaomi yang diimpor oleh distributor indonesia yang yang mendapatkan izin dari kementrian, namun tidak ditunjuk langsung oleh xiaomi.Kelemahan Garansi distributor 
Garansi biasanya sangat erat kaitannya dengan layanan purna jual, kelemahan dari garansi distributor adalah sebagai berikut:

a. Belum tentu kualitas produk sangat baik, namun tidak semua, jadi anda harus benar-benar hati-hati ketika memilih produk dari garansi distributor, silahkan tanyakan dengan seksama mengenai kualitas produk. tidak semua produk distributor jelek, Toh produk xiaomi yang saya miliki juga garansi distributor tapi produk OK-OK saja.

b. Anda juga harus siap dengan layanan purna jual, jika terjadi kerusakan pada produk, anda hanya bisa melakukan claim garansi hanya ke distributor yang bersangkutan, mungkin barang harus dikirim ke luar kota dimana distributor tersebut berada.
Jika tidak beruntung banyak yang dikecewakan, perbaikan berlarut-larut dan mungkin saja anda akan mendapatkan opsi lain yang cukup menyebalkan, misalnya harus diganti dengan produk lain dengan menambah uang, atau membeli produk dengan spek di bawahnya dengan harga yang murah. dll. harus dimaklumi karena itu resiko barang dengan garansi distributor.

Siapakah pemegang garansi distributor xiaomi di indonesia?
Ada beberapa perusahaan yang memegang garansi distributor ponsel yang beredar di pasaran indonesia termasuk untuk hp xiaomi beberapa diantaranya adalah :

a. Yang pertama adalah PT. GMT atau Global Media Teknologi
Beberapa nama lain yang mengatas namakan garansi GMT diantaranya adalah:

  • B-Cell atau City Cell atau Smile. 
  • Di beberapa toko Online, memakai nama Piramid Cell / Piramid Shop. 
Beberapa informasi yang saya dapatkan menyebutkan bahwa produk xiaomi dengan garansi di atas sangat tidak direkomendasikan. jadi pertimbangkan lagi untuk membeli produk jika garansinya adalah garansi tersebut, kecuali anda siap menanggung segala resikonya.
b. Yang kedua adalah WII atau Wisma Inkopad Indonesia
WII ini dulu dikenal sebagai koperasi INKOPAD milik TNI-AD lalu berdiri mandiri. Untuk kualitas, ponsel Xiaomi bergaransi WII atau WIN ini cukup bagus. kabarnya garansi dari WII atau WIN ini lebih bagus jika dibandingkan dengan garansi distributor GMT / Bcell / Smile

Apa garansi distributor xiaomi yang paling baik ?

Kita ketahui bahwa produk dengan garansi resmi TAM (trikomsel ) dan era jaya sangat sulit didapat, untuk anda yang ngebet banget ingin membeli produk xiaomi tidak salah juga memilih garansi distributor, namun anda tetap mesti hati-hati, terutama memperhatikan kualitas produk dan layanan purna jual.
Jika memilih garansi resmi pastikan bahwa garansi yang anda pilih pelayanannya sangat baik dan bertanggung jawab, anda bisa mencari testimoni dari pengguna, jika harus memilih pilih saja garansi distributor dari WII atau WIN.
walaupun mungkin ada saja yang pernah dibuat kecewa oleh pelayanan garansi distributor, itu resikonya.
Itulah perbedaan antara garansi resmi dan garansi distribotor xiaomi, semoga dengan informasi yang anda baca pada artikel di atas, anda bisa mempertimbangkan mana yang sebaiknya garansi yang harus anda pilih, sehingga anda tidak merasa dirugikan, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon