Saturday, 6 October 2018

Google play store tidak dapat dibuka, ini 3 solusi yang bisa anda coba!

Blogiseng.web.id - Cara mengatasi google play store yang tidak dapat dibuka untuk semua ponsel android - Google play store di hampir semua smartphone dengan sistem operasi android pada umumnya merupakan sebuah aplikasi bawaan, jadi ketika ponsel  dalam kondisi baru dan pertama kalig digunakan, aplikasi google play store ini sudah ada, namun untuk beberapa merk hp dengan rom tertentu terkadang google play store juga harus diinstal sendiri.
Google play store adalah aplikasi buatan google yang berfungsi untuk mencari dan menginstal aplikasi berbasis android, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan update aplikasi android yang sudah terinstal, jika update sudah tersedia.
Tapi sayangnya walaupun aplikasi google play store sudah tersedia secara bawaan, untuk beberapa pengguna hp android ada saja yang mengalami permasalahan yang berkaitan dengan google play store ini, salah satu permasalahan yang paling umum dialami oleh beberapa pengguna andaroid adalah google palystore fi perangkat miliknya tidak bisa dibuka.
mengatasi google play store tidak bisa dibuka
Memang banyak permasalahan -permasalahan google play store, dan setiap permasalahan biasaya ada solusinya, permasalahan umumnya bisa terjadi karena ada pengaturan yang salah, karena akun google terhapus sehingga goole play store tidak aktif, google play store tidak bisa download, dan permasalahan lainnya.
Khusus untuk anda yang sedang mengalami permasalahan dengan google play store  yang tidak bisa dibuka, maka di artikel kali ini saya akan coba uraikan solusi untuk memperbaikinya.

Google play store tidak dapat dibuka, ini solusi bisa anda coba

Ada beberapa cara yang bisa anda untuk memperbaiki aplikasi google play store yang tidak bisa anda buka, beberapa solusi berikut bisa anda coba satu persatu.Oh ya beberapa cara ini bisa anda coba untuk semua merk hp android, baik oppo, samsung, xiaomi, asus zenfone, lenovo dan merk hp lainnya.
Berikit adalah cara-cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki aplikasi google play store yang tidak bisa di buka:

Cara ke #1 - Aktifkan zona tanggal dan waktu otomatis

Cara pertama yang dapat anda tempuh untuk memperbaiki google play store adalah dengan mengecek tanggal dan waktu di hp androd anda.
Cara mengecek konfirugasi tanggal dan waktu adalah sebagai berkut:
a. Masuk ke setelan / settings
b. Cari tanggal dan waktu, silahkan aktifkan tanggal dan waktu otomatis juga zona waktu otomatis, agar selalu menyesuaikan dengan waktu provider.
mengatasi google play store tidak bisa dibuka dengan cara seting zona tanggal dan waktu android
c. Jika sudah diperbaiki coba restart hp android anda, lalu silahkan coba buka aplikasi google play store
Untuk beberapa kasua cara ini dapat memperbaiki aplikasi google play store yang tidak bisa dibuka sehingga dapat berjalan dengan normal.
Jika cara ini tidak berhasil anda bisa mencoba cara kedua

Cara ke #2 : coba bersihkan data dan cache untuk aplikasi google play store

Jika cara pertama gagal dan masih belum bisa memperbaiki aplikasi google play store anda, anda bisa menempuh cara ini yaitu dengan mencoba memberisahkan data dan cache aplikasi google play store.
Untuk menghapus data dan cache, silahkan masuk ke bagian setelan / settings > System apps / aplikasi > pada halaman daftar aplikasi, pilih tab semua kategori / all, lalu cari google play store, kemudian silahkan paksa berhenti terlebih dahulu, baru kemudian menghapus cache dan data seperti pada gambar di bawah untuk Play Store dan Layanan Google Play.
hapus cache dan data google play store atasi play store tidak bisa dibuka
Silahkan restart hp android anda, lalu buka kembali aplikasi google play store, beberapa perangkat android dengan melakukan cara ini dapat memperbaiki aplikasi google play store yang tidak bisa dibuka.

Cara ke #3 - Perbaiki dengan google installer

Jika cara di atas ternyata masih belum bisa memperbaiki aplikasi google play store di perangkat android anda, maka alternatif lainya yang bisa anda coba adalah dengan menginstal kembali semua sistem yang berkaitan dengan google play store menggunakan aplikasi google instaler.
Terkadang penyebab kenapa google play store tidak bisa dibuka bisa disebabkan oleh adanya beberapa aplikasi pendukung yang corupt atau belum diinstal, seperti google play service dan lain sebagainya, oleh karena itu, untuk memastikan aplikasi-aplikasi tersebut terinstal, maka anda bisa melakukan instal ulang google play store melalui google instaler.
Langkah-langkah instal google instaler adalah sebagai berikut:
1.  Gunakan komputer atau hp android lain yang anda miliki
2.  kemudian cari dan download aplikasi google instaler.
3. Aktifkan unknown resource di hp android anda, agar hp dapat melakukan istal file apk yang bersumber dari luar google play store.
4. Pindahkan file google instaler ke hp android anda, simpan di memory internal, lalu silahkan jalankan instaler, pastikan semua aplikasi yang ditawarkan oleh google instaler anda instal seluruhnya.
Silahkan restart hp android anda, lalu coba jalankan aplikasi google play store, di beberapa merk hp xiaomi yang kebetulan memiliki masalah tidak bisa membuka aplikasi google play store cara ini berfungsi dengan baik dan dapat memperbaiki permasalahan di atas.
Itulah beberapa cara yang bisa anda tempuh ketika aplikasi google play store di perangkat xiaomi anda tidak bisa dibuka, semoga dengan mencoba salah satu cara di atas dapat memperbaiki aplikasi google play store di perangkat android anda sehingga dapat digunakan secara normal.


Backlink:


EmoticonEmoticon