Saturday, 6 October 2018

Cara mengetahui HP android apakah sudah support 4G LTE atau belum !

Blogiseng.web.id - Sebenarnya untuk mengetahui sebuah hp atau smartphone apakah sudah mendukung jaringan 4G lte atau belum gampang sekali, terutama untuk hp yang anda beli sendiri dalam kondisi baru, anda bisa melihat spesifikasinya langsung untuk produk yang dimaksud, situs yang menurut saya paling bagus untuk melihat spesifikasi smartphone secara lengkap dan detail adalah gmsarena.com.
Di situs tersebut selama anda tau merk dan versi dari perangkat android yang anda gunakan, maka anda akan bisa dengan mudah mengetahui apakah perangkat anda support jaringan 4G lte atau belum.
Tapi khusus untuk anda yang kebetulan membeli perangkat dalam kondisi bekas. serta anda tidak tau presis versi hp yang anda beli tersebut, maka  mungkin saja anda akan sedikit kesulitan mengetahui apakah hp android tersebut sudah support layanan 4G atau belum, karena memang di sistem operasi android sendiri tidak tersedia aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi suport tidaknya jaringan 4G pada sebuah perangkat.
Mengetahui jaringan 4G di hp android
Tapi walaupun begitu, ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui apakah hp android yang kita miliki sudah support 4G atau belum, mungkin belum banyak orang yang tau termasuk juga anda.
Oleh karena itu di artikel kali ini saya akan coba jelaskan secara singkat bagaimana cara mengetahui sebuah smartphone apakah sudah mendukung jaringan 4G atau belum, cara ini bisa anda gunakan untuk merk hp android apapun, walaupun anda sendiri tidak tau merk ponsel atau versi dari hp yang anda gunakan.

Cara mengetahui HP apakah sudah mendukung 4G LTE atau belum !

Mungkin di beberapa merk hp caranya sedikit berbeda namun, fasilitas yang dapat digunakan untuk melihat apakah hp android yang anda gunakan sudah mendukung 4g atau belum, pasti ada, cuma berbeda penempatan saja.
Untuk melihat suport tidaknya hp terhadap jaringan 4g langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Aktifkan hp android anda.
2. Masuk ke halaman settings / setelan / pengaturan
3. Anda bisa mengeceknya dengan cara di bawah ini:
Untuk HP Asus:
Di halaman pengaturan / settings  pilih menu Lainnya... / Others... > Jaringan seluler  > lalu klik Jenis jaringan yang dipilih, anda akan melihat beberapa pilihan seperti gambar di bawah ini:
jika pada pilihan yang muncul terdapat pilihan 2G/3G/4G itu berarti hp asus zenfone anda sudah support 4G.
Cara di atas bisa sekaligus bisa juga anda gunakan untuk memilih layanan jaringan 4G yang tidak aktif di hp zenfone anda. cara lainya agar zenfone bisa terhubung jaringan 4g bisa di baca di artikel berikut:
Cara mengaktifkan 4G yang hilang di hp asus zenfone 

Untuk Smartphone Xiaomi
Di halaman settings / pengaturan , pilih menu SIM Cards & Mobile Networks > Pilih kartu yang digunakan > lalu di halaman selanjutnya klik opsi Prefered Network type,  maka anda akan masuh ke halaman daftar tipe jaringan seperti gambar di bawah ini:
Melihat jaringan 4G di hp xiaomi

Silahkan dilihat, jika di hp xiaomi anda terdapat opsi Prefer LTE seperti gambar di atas, itu artinya hp android xiaomi anda sudah support 4G.
Untuk beberapa Merk hp kemungkinan besar caranya sedikit berbeda tapi fasilitas untuk pengecekan di atas untuk ponsel android pasti ada, namun hanya beda penempatan saja. cara saja yang ada hubungannya dengan jaringan seluler atau mobile network.
Cara di atas memang cukup bisa kita gunakan untuk mendeteksi layanan 4G di hp android, karea jika opsi 4G lte tidak ada sudah dapat dipastikan hp tersebut tidak akan bisa mengakses jaringan 4G walaupun di beberapa merk hp seperti xiaomi walaupun hp sudah 4G ada juga yang belum memiliki pilihan 4G, jika kasusnya seperti itu kemungkinan besar jaringan 4G di hape yang anda gunakan dikunci.
Itulah artikel sederhana tentang bagaimana cara Cara mengetahui HP apakah sudah mendukung 4G LTE atau belum !, semoga bermanfaat.

Backlink:


EmoticonEmoticon