Saturday, 6 October 2018

Cara Menonaktifkan Aplikasi android yang berjalan di latar belakang

Blogiseng.web.id - Ada banyak sekali aplikasi android yang yang bisa kita instal dan kita jalankan di hp android yang kita miliki, sebagian aplikasi hanya berjalan dan memakan memory dan suberdaya ketika dibuka atau digunakan, namun sebagian aplikasi ada yang berjalan secara otomatis di latar belakang.
Aplikasi yang secara otomatis berjalan di latar belakang / background, biasanya membutuhkan sumberdaya memory dan baterai, sehingga jika banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang maka biasanya sumber daya hp akan mudah sekali terkuras, baterai cepat habis dan hp menjadi lola alias lemot / loading.
Banyak sekali aplikasi yang memang dibuat untuk berjalan di latar belakang, beberapa aplikasi yang secara bawaan dapat berjalan dilatar belakang misalnya seperti aplikasi email, aplikasi media sosial seperti facebook, line, twitter, dan lain sebagainya. Aplikasi tersebut memang sengaja didesain untuk berjalan di latar belakang karena untuk memberikan informasi terbaru terhadap pengguna.
force stop aplikasi background
Jika banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka suber daya hp pun akan semakin cepat terkuras, oleh karena itu untuk Mengatasi cepat habisnya sumber daya hp, dan agar hp dapat berjalan dengan cepat maka salah satu caranya yaitu membatasi aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang, dengan cara menghentikan aplikasi tersebut secara manual.
Sebagian aplikasi yang berjalan di latar belakang memang ada yang memberikan pengaturan untuk penonaktifan, namun banyak juga yang tidak menyediakan pengaturan tersebut, sehingga untuk sebagian pengguna ada yang belum tau cara menonaktifkan aplikasi android tersebut.Sebenarnya ada beberapa cara untuk menonaktifkan aplikasi android yang berjalan di latar belakang, sayangnya masih banyak pengguna yang belum tau caranya, saya akan uraikan di artikel kali ini yang bisa anda coba.
Berikut beberapa cara yang dapat anda coba untuk menonaktifkan aplikasi android yang berjalan dilatar belakang agar berhenti.

1. Matikan Sinkronisasi hp android anda.

Ada banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang guna terus-menerus melakukan sinkronisasi, salah satunya adalah aplikasi email.
Agar aplikasi tersebut tidak berjalan di latar belakang, maka salah satu caranya adalah mematikan sinkronisasi, dengan mematikan sinkronisasi maka proses latar belakang aplikasi tersebut akan terhenti.
Tapi sayangnya jika sinkronisasi dimatikan maka anda tidak akan lagi mendapatkan notifikasi secara otomatis, notifikasi hanya dapat anda lihat dengan cara membuka aplikasi tersebut dan merefreshnya.
Jika aplikasi tersebut dianggap tidak terlalu penting untuk berjalan di latar belakang, maka anda bisa memilih cara ini.

2. Lakukan Petuntupan Pakasa (Force stop)

Ini sangat ampuh untuk menghentikan atau menonaktifkan aplikasi yang berjalan dilatar belakang namun tidak menyediakan pengaturan untuk menonaktifkannya.Agar aplikasi tersebut terhenti dan tidak lagi berjalan di latar belakan, maka anda bisa menghentikan paksa aplikasi tersebut.
Langkah-langkah untuk menghentkan paksa aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:
a. Masuk ke halaman settings / setelan
b. Pilih menu Apps / instaled apps.
c. Lalu klik pada aplikasi yang berjalan di latar belakang (seperti facebook, line, BBM, twitter dan aplikasi lainnya) yang ingin anda hentikan background tasknya.
d. Pada halaman info aplikasi, silahkan anda cari tombol Force close atau hentikan paksa, dengan menekan tombol tersebut aplikasi yang bersangkutan akan berhenti dan menjadi non-aktif secara penuh.
Demikian mengenai 2 cara Cara Menonaktifkan Aplikasi android yang berjalan di latar belakang, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon