Friday, 5 October 2018

Cara Menampilkan Nama kontak di whatsapp (WA) yang tidak muncul?

Blogiseng.web.id - Cara Menampilkan Nama kontak di whatsapp (WA) yang tidak muncul? - Whatsapp atau sering juga disebut WA adalah aplikasi messengger (Chating) yang sangat populer belakangan ini, hampir semua pengguna hp android dan iPhone menggunakan whatsapp untuk saling bertukar pesan, aplikasi whatsapp banyak dipilih karena penggunaanya cukup mudah dan terintegrasi langsung dengan nomor HP.
Jadi ketika nomor hp seseorang tersimpan di kontak no telepon kita, dan orang tersebut sudah menginstal whatsapp  di hp miliknya  , maka secara otomatis kita akan bisa berkomunikasi dengan orang tersebut melalui whatsapp, selain bisa berkomunikasi langsung kita juga bisa menambahkan orang tersebut di group whatsapp yang kita buat melalui nomor kontaknya.
Umumnya Nama kontak whatsapp akan muncul menggunakan nama yang tersimpan di kontak hp kita untuk nomor tersebut, jika nomor hp tidak tersimpan, maka ketika nomor tersebut menghubungi kita via pesan, maka yang akan tampil hanya nomor saja tanpa nama.
Ada satu permasalahan terkait nomor kontak whatsapp ini, banyak pengguna whatsapp mengalami permasalahan nama tidak tampil di daftar kontak whatsapp dan hanya tampil nomor hp saja, padahal nomor hp pengguna whatsapp tersebut sudah tersimpan di hp milik kita dan sudah kita kasih nama.

Tentu saja terkadang permasalahan tersebut cukup menjengkelkan, karena ketika ada pesan masuk dari nomor tersebut, baik di group maupun pesan pribadi, kita tidak mengetahui pesan tersebut berasal dari siapa, karena yang tampil hanya nomor hp nya saja tanpa nama.
Untuk anda yang mengalami Nama kontak whatsapp / wa tidak tampil di aplikasi whatsapp padahal nomor kontak tersebut sudah tersimpan dengan baik di hp kita, maka kemungkinan ada permasalahan yang terdapat di hp android anda.
Di artikel kali ini saya akan coba uraikan bagaimana cara mengatasi nomor kontak whatsapp yang tidak tampil namanya. semoga dengan artikel ini anda bisa memperbaiki whatsapp anda.
Untuk anda yang kebetulan mengalami masalahan nama kontak whatsapp tidak muncul di daftar teman whatsapp anda, padahal nomor hp teman-teman whatsapp anda sudah tersimpan di daftar kontak hp android yang kita miliki maka anda bisa mengatasinya dengan langkah-langkah berikut:

1. Pastikan Nomor HP yang dimaksud sudah tersimpan di hp android kita,

Yang pertama, silahkan pastikan kontak whatsapp yang tidak muncul namanya, nomor hpnya sudah tersimpan di kontak kita.

2. Pastikan Nomor HP yang dimaksud tidak terblokir.

Yang kedua pastikan bahwa nomor hp yang dimaksud yang tidak muncul namanya di whatsapp tidak masuk ke kotak blogkir di hp kita.Untuk memeriksa daftar blokir beberapa merk hp kemungkinan penyajiannya bermacam-macam, untuk anda pengguna hp xiaomi bisa cek daftar blokir di hp xiaomi melalui menu scurity / keamanan > daftar blokir, silahkan hapus nomor hp dari daftar blokir.
Nomor HP yang terblokir tidak akan muncul namanya di daftar kontak whatsapp. jadi pastikan tidak ada nomor hp yang terblokir di hp android anda.'

3. Periksa daftar blokir WhatsApp

Selain nomor hp terblokir di daftar kontak di hp kita, juga penyebabnya bisa jadi nomor tersebut masuk ke daftar blokir kontak aplikasi whatsapp.
Silahkan periksa daftar blokir kontak aplikasi whatsapp dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Buka aplikasi WhatsApp kemudian pilih tombol menu garis tiga di pojok kanan atas
  • Pilih opsi Settings / setelan > Account / Akun, kemudian pilih opsi Privacy / Privasi
  • Dalam halaman Privacy, silahkan pilih opsi  Blocked Contact /  Kontak terblokir di bagian Messaging / perpesanan
  • Jika menunjukkan None berarti tidak terdapat kontak yang terblokir, namun jika menunjukan angka berarti ada kontak terblokir dengan jumlah tersebut, Jika terdapat kontak yang terblokir, buka menu Blocked Contact tersebut, kemudian unblock daftar kontak dengan memilih kontak yang diinginkan.

Dengan menghapus kontak yang terbelokir di aplikas whatsapp maka nama kontak tersebut akan muncul di daftar kontak whatsapp.

4. Pastikan Whatsapp diizinkan untuk mengakses Kontak

Secara bawaan ketika whatsapp diinstal mak otomatis whatsapp akan mengaktifkan mode permission untuk mengakses kontak, tapi mungkin saja karena di otak-atik atau karena ada hal-hal lainnya mode permission whatsapp untuk mengakses kontak telepon hp android yang kita miliki jadi nonaktif.

Jika nonaktif maka umumnya whatsapp tidak akan bisa mengakses kontak dan nama kontak dari nomor hp yang sudah tersimpan di hp kita tidak akan muncul di aplikasi whatsapp.

Untuk Mengatur preferensi izin akses whatsapp terhadap kontak telepon, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp android anda

2. Buka menu settings / setelan

3. Pada halaman setelan pilih menu Apps / instaled Apps

4. Pada halaman instaled apps cari dan pilih aplikasi whatsapp

5. Kemudian pilih opsi Perizinan Apl / Permission

Di halaman perizinan apl / permission, pastikan Opsi Contact dalam keadaan aktif.
perizinan whatsapp
Dengan mengaktifkan kontak pada perizinan aplikasi whatsapp, itu artinya pengguna mengizinkan whatsapp mengakses kontak, sehingga daftar kontak pengguna whatsapp akan muncul secara otomatis di whatsapp.

5. Clear Cache & Data aplikasi whatsapp

Jika ke 4 cara di atas masih belum bisa menampilkan nama kontak di daftar nama kontak whatsapp, maka satu lagi yang bisa anda lakukan adalah melakukan clear cache dan data aplikasi whatsapp kemudian merestartnya.Untuk melakukan clear cache anda data aplikasi whatsapp langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Aktifkan hp android anda

2. Buka menu settings / setelan

3. Pada halaman setelan pilih menu Apps / instaled Apps

4. Pada halaman instaled apps cari dan pilih aplikasi whatsapp

5. Kemudian pada halaman info aplikasi silahkan tekan tombol clear cache / hapus data6. Restart hp android anda.
Dengan langkah ini beberapa pengguna bisa mengatasi permasalahan nama kontak tidak tampil di aplikasi whatsapp.


EmoticonEmoticon