Cara Memperbaiki Kartu Sim (SIM CARD) Tidak Terbaca Pada HP Android

Kartu sim tidak terbaca pada hp - Bagaimana cara mengatasi kartu sim hp tidak terbacadi hp android? Tentu sebagai pengguna handphone mengenal akan beberapa jenis sim card pada sebuah smartphone mulai dari micro sim sampai dengan nano sim, namun pernahkah anda mengalami cara mengatasi sim card tidak terbaca secara tiba - tiba atau mendadak ketika sedang digunakan. Mungkin juga pada saat setelah kita mengganti sim card yang lama dengan kartu sim yang baru kemudian muncul keterangan sim card not inserted, undetected SIM atau mungkin SIM initialization failure. Lalu kenapa kartu sim tidak terbaca ? Jika hal tersebut terjadi pada diri kita maka sebaiknya perlu kita check terlebih dahulu mengapa SimCard tidak terdeteksi / tidak terbaca di ponsel maupun Tablet android milik kita. Kotor pada tempat kartu sim bisa menjadi penyebabnya akan tetapi dapat juga terdapat kerusakan pada tempat kartu sim, konektor sim card dan juga kerusakan dari simcard itu sendiri.
Tidak sedikit orang yang pernah mengalami masalah kartu sim tidak terdeteksi di ponsel android. Sebelum kita membahas lebih dalam tentang cara memperbaiki kartu sim yang rusak sehingga mengakibatkan sinyal handphone sering hilang, alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu kita mengetahui apa penyebab kartu sim tidak terbaca di hp ataupun tablet android. Banyak faktor yang membuat hp android tidak bisa mendeteksi kartu sim, contohnya saja seperti :
  • Terlalu sering mengganti kartu sim sehingga terjadi konsleting.
  • Serta aus pada konektor sehingga menyebabkan konektor tidak mampu membaca lagi chip dari kartu SIM tersebut.
Maka dari itu kita perlu lakukan pengecekan terlebih dahulu tentang masalah HP tidak membaca SIMCard sebelum kita memperbaiki kartu sim card tidak terbaca di hp android. Dengan harapan kita tidak salah langkah dari tidakan yang telah kita lakukan untuk mengembalikan sinyal yang hilang karena kartu sim tidak terbaca oleh smartphone android kita.


Setelah kita mengetahui penyebab dari kartu sim tidak terbaca di hp android anda, kali ini kami akan mencoba berbagi cara memperbaiki slot sim card yang rusak. Untuk itu mari kita simak tips dari kami karena berikut ini terdapat beberapa cara memperbaiki kartu sim tidak terbaca atau hp, smartphone maupun cara memperbaiki tempat kartu sim yang rusak.
hp tidak bisa mendeteksi kartu sim

Berikut ini adalah beberapa cara hp android tidak bisa mendeteksi kartu sim :


Cara pertama untuk mengatasi kartu sim hp tidak terbaca
  • Terlalu sering kita menggonta - ganti kartu sim ditambah lagi jika cara pemasangan sim card tergesa-gesa dapat mengakibatkan tata letak konektor rusak sehingga fungsi dari pembacaan kartu tidak bisa dipergunakan kembali. Maka dari itu alangkah lebih baiknya periksa dahulu tempat kartu sim pada hp android anda, jika konektor sim card ada yang bengkok maka posisikan kembali seperti konektor yang lain.
Dalam mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca di hp android memang perlu dikerjakan secara hati-hati karena jika anda terlalu kencang saat membersihkannya dapat mengakibatkan konektor bengkok.

Cara kedua untuk mengatasi kartu sim tidak terdeteksi di android
  • Akan tetapi jika konektor kartu sim masih terlihat bagus, ada kemungkinan kartu sim tidak terbaca di hp android bisa jadi karena hanya tertutup kotoran sehingga untuk mengatasinya cukup perlu dibersihkan pada tempat kartu simnya saja. Saran dari kami jika anda akan membersihkan konektor simcard sebaiknya menggunakan contact cleaner supaya kerak yang menempel pada konektor dapat terkelupas dan bersih sehingga tidak menghalangi lagi saat konektor bertemu dengan kartu SIM.
Cara ketiga untuk memperbaiki sinyal hp android hilang karena sim card tidak terlihat
  • Sebelum kita memperbaiki slot sim card yang rusak coba pasang kartu sim ke ponsel yang lain terlebih dahulu. Jika sim card tersebut dapat terbaca di handphone yang lain dan anda sudah membersihkan konektor, terdapat kemungkinan besar yang menyebabkan handphone tidak bisa mendeteksi kartu sim adalah rusak pada hardware atau bagian IC PA. Oleh karena itu jika anda tidak terbiasa untuk mengatasi masalah ini serta tidak mempunyai pengalaman dalam menyolder komponen hp maka sebaiknya pergi ke tukang service untuk memperbaikinya.

Demikian beberapa tips pengecheckan untuk mengatasi HP atau tablet yang tidak membaca kartu SIM. Meskipun artikel diatas hanya berisi tentang cara pengecheckan saja, setidaknya jika kita membawanya ke service center kita dapat memberi tahu sumber masalah sinyal hp sering hilang karena kartu sim tidak terdeteksi tersebut. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan banyak manfaat kepada kita semua, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Kartu Sim (SIM CARD) Tidak Terbaca Pada HP Android"