Thursday, 18 October 2018

8 Solusi Ruang Penyimpanan Tidak Cukup Pada OPPO

blogiseng.web.id - Storage space running out oppo - Bagaimana cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup pada hp oppo ? Sebagai pengguna oppo smartphone tentu kita pernah mendapatkan suatu notifikasi sebagai pemberitahuan bahwa memori internal hp oppo penuh "storage space running out". Tentu kita akan binggung jika terjadi masalah penyimpanan sistem oppo penuh karena aplikasi yang di install pada handphone oppo tidaklah terlalu banyak. Selain itu bagaimana mungkin tidak cukup ruang pada perangkat smartphone oppo ketika akan menginstall aplikasi android, sebab kapasitas memori internal oppo smartphone yang kita miliki cukup besar yakni 4 GB.
 
Akan tetapi pada kenyataannya, kita sering mendapati notifikasi "tidak cukup ruang pada perangkat" atau "storage space running out" ketika hendak mengupgrade maupun mengunduh suatu aplikasi. Pada dasarnya yang menjadi penyebab hp android oppo tidak bisa menginstall aplikasi playstore tidak lain adalah karena ruang penyimpanan memori internal ponsel oppo hampir habis. Lalu adakah solusi untuk mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada oppo semua tipe seperti oppo r815 fine clover, oppo find 5 mini r827, oppo R831K, oppo joy 3, oppo mirro, oppo find 7. Memori internal hp oppo cepat penuh merupakan suatu hal yang wajar karena cecara default aplikasi android yang terinstall akan ditempatkan di memori internal yang seringkali hanya memiliki kapasitas cukup sempit.
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba berbagi tips mengatasi ruang penyimpanan hampir penuh di ponsel android oppo. Salah satu langkah untuk memperbaiki internal memori hp oppo yang penuh adalah dengan memindahkan aplikasi ke sd card (kartu memori). Namun jarang pengguna oppo smartphone yang mengetahuinya dan pada hp oppo smartphone terbaru seperti oppo find 7 tidak terdapat pilihan penyimpanan kartu sd pada pengaturannya. Mari langsung saja kita mulai pembahasan mengenai cara mengatasi internal memori ponsel oppo cepat penuh secara lengkap dibawah ini.
cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup pada oppo
Di bawah ini adalah beberapa solusi untuk memperbaiki masalah "tidak cukup ruang pada perangkat" yang terjadi pada hp oppo smartphone ketika akan menginstall aplikasi. Kita harus segera mengatasi masalah tersebut sebab memori internal hp android penuh dapat mengakibatkan smartphone android menjadi lemot. Selain itu dapat menjadikan galeri hp android tidak merespon ketika kita akan melihat foto, bahkan terkadang menjadikan foto di dalam galeri kadang muncul kadang hilang. Ikuti langkah - langkah berikut untuk mengatasi masalah memori internal penuh, diantaranya :

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada smartphone android oppo


1. Seting agar aplikasi tersimpan di kartu memori secara otomatis
cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup pada oppo

Bagi pengguna ponsel android dengan os android 4.0 kitkat keatas, untuk memindahkan aplikasi ke kartu sd sekarang ini dapat dilakukan tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Berikut cara memindahkan aplikasi ke sd card untuk mengatasi ruang penyimpanan oppo tidak cukup, caranya adalah :
  1. Siapkan memori eksternal Kartu SD berkapasitas yang cukup.
  2. Silakan masuk pada menu "Setelan"
  3. Cari pilihan menu "Penyimpanan"
  4. Kemudian lokasi pemasangan yang disukai >> lalu atur ke "Kartu SD"

2.  Pindah aplikasi dari memori internal ke kartu sd
cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup pada oppo

Dengan cara pertama diatas setiap aplikasi baru yang di install akan langsung otomatis ditempatkan ke memori eksternal Kartu SD. Akan tetapi aplikasi yang masih tersimpan di memori internal perlu kita pindahkan ke kartu memori agar ruang penyimpananhp oppo tidak penuh. Lakukan dengan cara berikut :
  1. Pertama - tama masuk pada menu "setelan" 
  2. Setelah itu "Kelola Aplikasi"
  3. Kemudian arahkan ke tab "Diistall"
  4. Cari aplikasi yang akan dipindahkan (misal : Camera360)
  5. Lalu pilih "Pindah ke SD"

3. Hapus semua tumbnailCara mengatasi memori internal yang tiba - tiba penuh sehingga kita tidak bisa mengunduh aplikasi lewat playstore salah satunya dengan menghapus tumbnail yang ada pada perangkat oppo smartphone yang kita miliki. Pada dasarnya tumbnail berisi semacam cache / pintasan kecil yang berguna mempercepat sistem untuk mencari file yang akan kita buka. Cuma akan lain ceritanya jika tumbnail ini jadi banyak sekali, sehingga justru malah memakan memori atau RAM itu sendiri. Salah satunya cirinya file ini berukuran 1 sampai 40 kb atau terdapat tanda “tanya” bila di buka di file manager.

4. Hapus aplikasi yang tidak penting
Walaupun kita sudah memindahkan aplikasi ke kartu memori namun pada dasarnya sistem aplikasi masih berada di internal memori. Meskipun jumlahnya tidak banyak, akan tetapi tidak menutup kemungkinan dapat menjadi salah satu penyebab munculnya keterangan “tidak cukup ruang pada perangkat”. Oleh karena itu ada baiknya jika kita menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan.

5. Pindahkan File Hiburan Seperti Foto, Music, Video.
Sepertinya adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua pengguna untuk selalu menyimpan berbagai file media hiburan di microSD. Contohnya saja pada Oppo F1s yang memiliki keunggulan pada kamera untuk selfie, ukuran file dari setiap foto pasti cukup besar bisa sampai 5MB perfotonya. Untuk itu atur agar setiap kita mengambil foto langsung tersimpan ke kartu memori. Begitu pun dengan aplikasi lainnya.

6. Unduh aplikasi dari apps store lain bawaan Oppo, bukan Google Play StorePerlu untuk kita ketahui bahwa hp android Oppo memiliki kesepakatan tertentu dengan Google yang isinya di perangkatnya harus menyediakan space yang cukup untuk dapat menerima update aplikasi langsung secara otomatis. Maka dari itu jika kita mengunduh dari apps store pihak ketiga, kesepakatan terkait memori ponsel ini tidak berlaku. Akan tetapi kekurangan jika kita mengunduh dari aplikasi ketiga yaitu aplikasi yang disediakan tidak selengkap seperti yang ada di Play Store.

7.  Factory Reset.
Langkah terakhir sebagai cara mengatasi tidak cukup ruang pada ponsel android Oppo dapat kita lakukan jika memang smartphone tersebut mengalami error adalah dengan factory reset. Factory reset akan memperbaiki semua sistem agar kembali ke pengaturan awal. Namun sebelum kita melakukan langkah ini sebaiknya kita backup semua data yang ada agar nantinya mudah untuk restore data setelah factory reset ini.

8. Tips memunculkan menu penyimpanan kartu sd di oppo find 7.
  1. Pertama - tama kita upgrade terlebih dahulu os terbaru hp android 5.0 lollipop di find 7 yang kita miliki tersebut. Untuk mendapatkan firmware oppo find 7 dapat kita peroleh dengan melakukan pencarian di google.
  2. Setelah kita melakukan upgrade firmware oppo find 7 langkah selanjutnya masuk pada menu pengaturan >> baterai dan penyimpanan >> lokasi penyimpanan >> penyimpanan kartu sd.
Demikian langkah - langkah untuk mengatasi memori internal tidak mencukupi di hp oppo smartphone ketika akan menginstal aplikasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga cara diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon